Suasana Hati Memburuk? Minumlah Segelas Air!

Dipublish tanggal: Feb 14, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
Suasana Hati Memburuk? Minumlah Segelas Air!

Galau dan suasana hati memburuk, sering kita alami. Entah itu karena pekerjaan, hubungan dengan pasangan atau hal-hal lain yang membuat Anda seketika galau. Biasanya kita akan mencari 'kegembiraan' dengan aktivitas yang menyenangkan. Bagi wanita, mungkin shopping dan ke salon adalah pilihannya. Sedangkan bagi pria, bermain games, melakukan hobi, atau berkumpul bersama teman-teman pria adalah cara yang dianggap efektif untuk mengusir mood yang buruk. 

Tapi tahukah Anda, tidak perlu melakukan hal-hal yang menguras kantong untuk mengembalikan suasana hati Anda. Cukup dengan minum segelas air. Mudah kan? Baru-baru ini sebuah penelitian membuktikan bahwa ternyata segelas air dapat meningkatkan kemampuan otak dan meningkatkan mood Anda. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Rozgra - Sildenafil Citrate 100MG via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Rozgra sildenafil citrate 100mg

Dalam dua studi terpisah, peneliti dari University of Connecticut mempelajari efek dari dehidrasi ringan pada pria dan wanita.

Saat dehidrasi, wanita mengalami sakit kepala, kelelahan, dan sulit untuk berkonsentrasi namun dehidrasi tingkat rendah tidak menghalangi kemampuan kognitif mereka. Sementara pria mengalami kesulitan dengan tugas-tugas mental, terutama yang melibatkan memori dan tugas yang menuntut perhatian terhadap detail. Secara keseluruhan, studi menyimpulkan bahwa perempuan lebih rentan terhadap dehidrasi, utamanya menyangkut mood,  dibandingkan pria. 

Akibat yang ditimbulkan dehidrasi ringan, terasa secara mental lebih dulu, baru kemudian secara fisik. 

Yang disebut dengan dehidrasi ringan adalah kondisi di mana tubuh kehilangan 1,5 persen dari jumlah total cairan normal di dalam tubuh. Masalahnya, menurut Lawrence E. Armstrong, PhD, salah satu penulis utama studi dan seorang profesor fisiologi di UConn Department od Kinesiology di Neag School Education, kita mungkin saja tidak merasa haus saat tubuh kehilangan satu hingga dua persen cairan. Meski demikian, efeknya akan terasa secara mental dan pikiran. Salah satunya adalah kemampuan berkonsentrasi jadi berkurang. 

Kedua studi juga menunjukkan bahwa dehidrasi ringan memiliki efek samping yang sama pada suasana hati. "Dehidrasi  ringan dapat terjadi selama kita melakukan kegiatan sehari-hari. Ini dapat membuat suasana hati menjadi buruk, terutama bagi perempuan, yang tampaknya lebih rentan terhadap efek dehidrasi ringan dibangkan pria," kata rekan penulis studi Harris Lieberman, PhD. 

Jadi, jika nanti Anda merasa gelisah, cemas dan mudah marah atau menjadi tidak produktif di kantor tanpa sebab yang jelas, cobalah untuk minum segelas air putih, alih-alih memilih kopi atau sepotong cokelat. Dehidrasi, sangat mungkin itulah pangkal masalahnya.

1 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Even Mild Dehydration May Cause Emotional, Physical Problems. WebMD. (https://www.webmd.com/women/news/20120120/even-mild-dehydration-may-cause-emotional-physical-problems)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app