ADELIA MARISTA SAFITRI, S.K.M
Ditulis oleh
ADELIA MARISTA SAFITRI, S.K.M
DR. KARTIKA MAYASARI
Ditinjau oleh
DR. KARTIKA MAYASARI

Sodium Lauryl Sulfate: Manfaat, Dosis, & Efek Samping

Dipublish tanggal: Des 18, 2020 Update terakhir: Jan 11, 2021 Waktu baca: 2 menit

Ringkasan

Buka

Tutup

  • Sodium lauryl sulfate atau SLS adalah surfaktan yang sering digunakan sebagai bahan pembersih dan pembentuk busa pada produk;
  • Manfaat SLS juga dapat membantu menghilangkan noda dan residu berminyak pada produk hingga menangkap minyak dan kotoran pada rambut (produk sampo);
  • Konsentrasi atau dosis SLS yang diperbolehkan adalah tidak lebih dari 1% SLS untuk setiap produk;
  • Efek samping SLS dapat menyebabkan iritasi kulit, terutama pada orang-orang yang kulitnya cenderung sensitif;
  • Konsultasikan dulu dengan dokter sebelum menggunakan SLS saat hamil atau merencanakan kehamilan, maupun sedang menyusui;
  • Klik untuk mendapatkan sodium lauryl sulfate atau produk konsumen lainnya ke rumah Anda di HDmall. *Gratis ongkos kirim ke seluruh Indonesia dan bisa COD.

Sodium lauryl sulfate atau SLS dikenal sebagai surfaktan yang sering digunakan sebagai bahan pembersih dan pembentuk busa pada banyak produk. Selain itu, SLS juga kerap digunakan sebagai bahan tambahan makanan, biasanya sebagai pengemulsi atau pengental. Zat ini dapat ditemukan dalam marshmallow dan minuman kering.

Mengenai Sodium Lauryl Sulfate

Golongan

-

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Kemasan

  • Produk perawatan, seperti krim cukur, lip balm, hand sanitizer, perawatan kuku, makeup remover, foundation, pembersih wajah, dan sabun tangan cair;
  • Produk perawatan rambut, seperti sampo, kondisioner, pewarna rambut, perawatan ketombe, dan gel penata rambut;
  • Produk perawatan gigi, seperti pasta gigi, pemutih gigi, dan obat kumur;
  • Produk untuk mandi, seperti minyak mandi, sabun mandi, dan bubble bath;
  • Krim dan losion, seperti krim antigatal, krim tangan (hand cream), masker wajah, dan tabir surya.

Kandungan

Sodium lauryl sulfate

Manfaat Sodium Lauryl Sulfate

Sodium lauryl sulfate atau SLS banyak digunakan sebagai surfaktan dalam produk pembersih, kosmetik, dan produk perawatan pribadi. Formula SLS adalah surfaktan anionik yang sangat efektif menghilangkan noda dan residu berminyak, contohnya noda makanan yang menempel di karpet.

Pada sampo, SLS berfungsi untuk menangkap minyak dan kotoran pada rambut sehingga mudah dibilas dengan air. Sementara pada pasta gigi, busa yang diciptakan dari SLS dapat membantu menghilangkan sisa-sisa makanan yang menempel pada gigi.

Efek samping Sodium Lauryl Sulfate

Sama seperti obat pada umumnya, penggunaan sodium lauryl sulfate dapat menimbulkan efek samping. Akan tetapi, reaksinya bisa jadi berbeda-beda, tergantung dari dosis obat, usia, dan daya tahan tubuh masing-masing orang.

Kandungan sodium lauryl sulfate pada kosmetik dan produk perawatan pribadi dinyatakan aman selama digunakan dalam waktu sebentar dan segera dibilas dari kulit, misalnya saat Anda memakai sampo dan sabun. Sebaiknya hindari terlalu lama membiarkan sodium lauryl sulfat di kulit karena dapat menyebabkan iritasi, terlebih pada orang-orang yang kulitnya sensitif.

Sempat beredar kabar bahwa SLS ini dapat menyebabkan kanker, iritasi kulit, dan gangguan kesehatan lainnya. Namun, informasi tersebut hanyalah mitos belaka.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Menurut sebagian besar penelitian, SLS adalah zat iritan tetapi bukan karsinogen. Studi menunjukkan tidak ada hubungan antara penggunaan SLS dan peningkatan risiko kanker.

Dosis Sodium Lauryl Sulfate

FDA di Amerika Serikat, badan yang setara dengan BPOM di Indonesia, menyatakan bahwa SLS aman seperti bahan tambahan makanan pada umumnya. Studi yang dimuat dalam International Journal of Toxicology menilai bahwa konsentrasi atau dosis SLS yang diperbolehkan adalah tidak lebih dari 1% SLS.

Pada kosmetik dan produk perawatan tubuh, studi menunjukkan bahwa zat ini juga tidak berbahaya selama digunakan hanya beberapa saat dan segera dibilas dari kulit. Contohnya pada penggunaan produk sabun dan sampo.

Interaksi Sodium Lauryl Sulfate

Potensi interaksi obat terjadi ketika digunakan bersamaan dengan obat lain, sehingga dapat mengubah cara kerja obat. Sebagai akibatnya, obat tidak dapat bekerja dengan maksimal atau bahkan menimbulkan racun yang membahayakan tubuh. Oleh sebab itu, penting untuk mengetahui obat apa saja yang sedang Anda konsumsi dan beri tahukan pada dokter.

Perhatian

Hal-hal yang harus diperhatikan selama menggunakan SLS adalah sebagai berikut:

  • Beri tahukan dokter jika Anda memiliki riwayat alergi obat maupun penyakit tertentu;
  • Sampaikan pada dokter jika Anda sedang mengonsumsi obat, suplemen, maupun herbal apa pun;
  • Konsultasikan dulu dengan dokter sebelum menggunakan SLS saat hamil atau merencanakan kehamilan, maupun sedang menyusui.

Artikel terkait:


4 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
International Journal of Toxicology. 7 Final Report on the Safety Assessment of Sodium Lauryl Sulfate and Ammonium Lauryl Sulfate. (https://journals.sagepub.com/doi/abs/10.3109/10915818309142005).
Healthline. What Is Sodium Lauryl Sulfate (SLS)? (https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/what-is-sodium-lauryl-sulfate). 27 Februari 2019.

Artikel ini hanya sebagai informasi obat, bukan anjuran medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter atau apoteker mengenai informasi akurat seputar obat.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp
Buka di app