ADELIA MARISTA SAFITRI, S.K.M
Ditulis oleh
ADELIA MARISTA SAFITRI, S.K.M
DR. KARTIKA MAYASARI
Ditinjau oleh
DR. KARTIKA MAYASARI

Sodium Benzoate: Manfaat, Dosis, & Efek Samping

Dipublish tanggal: Okt 22, 2020 Update terakhir: Okt 22, 2020 Waktu baca: 3 menit

Ringkasan

Buka

Tutup

  • Sodium benzoate adalah jenis pengawet yang terdiri dari gabungan asam benzoat dan natrium hidroksida untuk memperpanjang daya simpan produk;
  • Manfaat sodium benzoate adalah menghambat pertumbuhan bakteri, jamur, dan mikroba yang dapat memicu pembusukan makanan;
  • Untuk mengawetkan makanan dan minuman, FDA mengizinkan konsentrasi natrium benzoat sebanyak 0,1% per berat makanan maupun minuman.
  • Batas asupan harian yang dapat diterima (ADI) untuk natrium benzoat adalah 0-5 mg/kg berat badan;
  • Hindari konsumsi makanan mengandung sodium benzoate bersamaan dengan vitamin C karena berpotensi menimbulkan racun;
  • Klik untuk mendapatkan sodium benzoate atau produk konsumen lainnya ke rumah Anda di HDmall. *Gratis ongkir ke seluruh Indonesia & bisa COD.

Sodium benzoate adalah jenis pengawet yang terdiri dari gabungan asam benzoat dan natrium hidroksida. Zat ini sering ditambahkan ke dalam makanan kemasan, minuman soda, dan beberapa produk perawatan tubuh untuk memperpanjang umur simpan produk.

Sodium benzoate bekerja dengan menyeimbangkan kadar pH dalam makanan, sehingga tingkat keasamannya meningkat secara keseluruhan. Dengan menurunkan pH makanan, natrium benzoat akan menciptakan lingkungan di mana jamur tidak dapat tumbuh dan menyebar. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Mengenai Sodium Benzoate

Golongan

-

Kemasan

-

Kandungan

Sodium Benzoate

Manfaat Sodium Benzoate

Berbagai manfaat sodium benzoate adalah sebagai berikut:

1. Pengawet makanan

Sodium benzoate merupakan pengawet pertama yang diizinkan oleh FDA di Amerika Serikat (setara BPOM di Indonesia) untuk makanan. Zat ini secara umum dilaporkan aman digunakan selama mengikuti batas yang disarankan.

Fungsi sodium benzoate pada makanan adalah untuk menghambat pertumbuhan bakteri, jamur, dan mikroba lainnya yang dapat memicu pembusukan. Maka itulah, zat ini sangat efektif untuk melindungi makanan asam agar tidak cepat busuk. Contohnya pada acar, saus salad, kecap, soda, hingga jus lemon botolan.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

2. Pengawet obat

Tak hanya untuk makanan, manfaat sodium benzoate juga bisa digunakan sebagai pengawet pada beberapa jenis obat bebas maupun resep. Contohnya pada sediaan obat cair seperti sirup obat batuk.

Selain itu, natrium benzoat juga kerap digunakan sebagai pelumas dalam pembuatan pil dan tablet transparan halus. Hal inilah yang membuat pil maupun tablet cepat larut setelah Anda menelannya.

Dalam dunia medis, sodium benzoate dalam jumlah besar dapat diresepkan untuk mengobati peningkatkan kadar amonia dalam darah. Amonia adalah produk sampingan dari pemecahan protein. Nah, kadar amonia yang tinggi dalam darah perlu mendapatkan perhatian khusus karena mengindikasikan adanya gangguan dalam tubuh.

3. Pengawet perawatan tubuh

Beberapa produk kosmetik dan perawatan tubuh seperti sampo, tisu bayi, pasta gigi, dan obat kumur mengandung sodium benzoate. Fungsinya sama seperti pada makanan maupun obat, yaitu sebagai pengawet untuk memperpanjang daya simpan produk.

Efek samping Sodium Benzoate

Sama seperti obat pada umumnya, penggunaan sodium benzoate dapat menimbulkan efek samping. Akan tetapi, reaksinya bisa jadi berbeda-beda, tergantung dari dosis obat, usia, dan daya tahan tubuh masing-masing orang.

Natrium benzoat tidak disimpan dalam tubuh. Zat aditif ini akan dimetabolisme dan dikeluarkan lewat urin dalam waktu 24 jam setelah dikonsumsi. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Hindari konsumsi makanan mengandung sodium benzoate bersamaan dengan makanan mengandung vitamin C. Pasalnya, kombinasi kedua zat tersebut dapat membentuk benzene, senyawa karsinogen yang memicu berbagai jenis kanker.

Gabungan sodium benzoate dan vitamin C dapat muncul bersamaan dalam produk minuman seperti jus buah atau soda. Hati-hati, senyawa benzene dapat terbentuk ketika minuman yang mengandung kedua zat tersebut terkena panas atau cahaya.

Dosis Sodium Benzoate

Dosis sodium benzoate bisa jadi berbeda-beda pada setiap orang. Hal ini tergantung dari usia, jenis kelamin, tingkat keparahan penyakit, dan kebutuhan masing-masing orang.

Untuk mengawetkan makanan dan minuman, FDA mengizinkan konsentrasi natrium benzoat sebanyak 0,1% per berat makanan maupun minuman. Jika digunakan, zat ini harus tercantum dalam daftar kandungan makanan.

Sementara itu, WHO telah menetapkan batas asupan harian yang dapat diterima (ADI) untuk natrium benzoat adalah 0-5 mg/kg berat badan. Namun, beberapa orang mungkin lebih sensitif terhadap zat aditif ini. Oleh karena itu, sebaiknya konsultasikan lebih lanjut dengan dokter bila Anda mencurigai memiliki alergi terhadap natrium benzoat.

Interaksi Sodium Benzoate

Potensi interaksi obat terjadi ketika digunakan bersamaan dengan obat lain, sehingga dapat mengubah cara kerja obat. Sebagai akibatnya, obat tidak dapat bekerja dengan maksimal atau bahkan menimbulkan racun yang membahayakan tubuh.

Hindari makan makanan yang mengandung vitamin C secara bersamaan karena berpotensi menimbulkan racun dalam tubuh. Selain itu, penting juga untuk mengetahui obat apa saja yang sedang Anda konsumsi dan beri tahukan pada dokter. 

Perhatian

Hal-hal yang harus diperhatikan selama menggunakan sodium benzoate adalah sebagai berikut:

  • Beri tahukan dokter jika Anda memiliki riwayat alergi obat maupun penyakit tertentu;
  • Sampaikan pada dokter jika Anda sedang mengonsumsi obat, suplemen, maupun herbal apa pun;
  • Konsultasikan dulu dengan dokter sebelum menggunakan sodium benzoate saat hamil atau merencanakan kehamilan, maupun sedang menyusui.

Artikel terkait:


5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 75 Tahun 2013 Tentang Angka Kecukupan Gizi yang DIanjurkan Bagi Bangsa Indonesia.
Healthline. What is Sodium Benzoate? Everything You Need to Know. (https://www.healthline.com/nutrition/sodium-benzoate). 21 Januari 2019.
WHO. Benzoic Acid and Sodium Benzoate. (who.int/ipcs/publications/cicad/cicad26_rev_1.pdf). 2000.

Artikel ini hanya sebagai informasi obat, bukan anjuran medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter atau apoteker mengenai informasi akurat seputar obat.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp
Buka di app