Serba-Serbi Implan Gigi

Dipublish tanggal: Feb 14, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 1 menit
Serba-Serbi Implan Gigi

Ringkasan

Buka

Tutup

  • Implan gigi adalah gigi palsu permanen yang digunakan untuk menggantikan gigi yang copot atau tanggal. Tujuan implan gigi untuk mengembalikan fungsi gigi
  • Jenis implan gigi ada 2, yaitu endosteal dan subperiosteal. Tetapi pemasangannya juga perlu disesuaikan dengan kondisi gigi dan berdasarkan anjuran dari dokter gigi
  • Efek samping dari pemasangan implan gigi juga dapat menyebabkan pendarahan di sekitar implan gigi, menimbulkan rasa sakit atau nyeri, hingga kerusakan saraf serta mati rasa

Implan gigi adalah akar gigi buatan atau gigi palsu permanen yang ditanamkan ke dalam rahang untuk menggantikan gigi yang tanggal dan berperan sebagai pengganti akar gigi yang hilang serta menahan gigi pengganti. 

Manfaat pemasangan implan gigi tentu saja untuk mengganti gigi yang telah tanggal secara permenen dan membantu mengembalikan fungsi gigi seperti semula. Selain itu, dengan pemasangan gigi implan juga dapat meningkatkan kepercayaan diri dan estetika gigi.

Iklan dari HonestDocs
Booking Klinik Implan Gigi via HonestDocs

Dapatkan diskon hingga 70% paket implan gigi hanya dari HonestDocs. Klik dan booking sekarang!

Ia d05 implan gigi

Baca juga: Pantangan Setelah Cabut Gigi yang Perlu Diperhatikan

Jenis-jenis implan gigi

Endosteal

Endosteal (di tulang) adalah jenis implan gigi yang paling umum. Setiap implan menahan satu atau lebih gigi palsu. Implan gigi ini menggantikan akar satu atau lebih gigi yang hilang untuk mendukung mahkota, jembatan gigi implan yang didukung gigi palsu. Implan gigi jenis ini umumnya digunakan sebagai alternatif untuk pasien dengan jembatan atau gigi palsu yang dapat dilepas.

Subperiosteal

Subperiosteal (pada tulang) adalah jenis implan gigi yang ditempatkan di atas rahang dengan menempatkan kerangka logam menonjol melalui gusi untuk menahan prostesis. Implan gigi subperiosteal digunakan untuk pasien yang tidak mampu untuk memakai gigi palsu konvensional dan yang memiliki tinggi tulang minimal.

Kandidat implan gigi

Kandidat yang ideal untuk pemasangan implan gigi adalah mereka yang memiliki kesehatan umum dan mulut yang baik, memiliki ukuran tulang rahang yang cukup dan tulang rahang yang cukup kuat untuk mendukung implan gigi.

Kandidat juga tidak boleh memiliki kondisi yang dapat mengganggu penyembuhan seperti dibaetes tidak terkontrol, atau sedang menjalani radiasi atau kemoterapi kanker. Karena pemasangan implan gigi juga dapat menimbulkan beberapa efek samping seperti:

  • pendarahan di sekitar implan gigi
  • menimbulkan rasa sakit atau nyeri 
  • memar pada wajah
  • kerusakan saraf serta mati rasa 

Mereka yang membutuhkan implan gigi adalah giginya tanggal namun tetap ingin memiliki penampilan dan kemampuan mengunyah yang baik.  

Baca juga: Ingin Pasang Gigi Palsu Permanen (Implan)? Waspadai Efek Sampingnya

Implan gigi dapat menjadi solusi permanen apabila yang bersangkutan tidak mungkin memakai gigi palsu yang bisa dibuka copot. Abnormalitas rahang misalnya bagian rahang hilang akibat kecelakaan, penyakit, atau cacat lahir seringkali bisa direkonstruksi dengan menggunakan implan gigi. 

13 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
What are dental implants? Types, procedures, and more. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/327515.php)
Endosteal Implant: Dental Implant Types and Procedures. Healthline. (https://www.healthline.com/health/endosteal-implant)
Dental Implants: Surgery, Advantages, Risks, and Insurance Questions. WebMD. (https://www.webmd.com/oral-health/guide/dental-implants)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app