Sceletium Tortuosum: Informasi Manfaat dan Cara Kerja

Dipublish tanggal: Jun 12, 2019 Update terakhir: Okt 26, 2020 Tinjau pada Jun 21, 2019 Waktu baca: 2 menit

Sceletium Tortuosum merupakan tanaman asal Afrika Selatan yang memiliki sejarah panjang sebagai obat tradisional oleh suku Afrika Selatan, yang biasa digunakan untuk meningkatkan suasana hati, menyebabkan relaksasi, mengatasi kecemasan, dan menciptakan euforia.

Secara tradisional, akar dan daun Sceletium Tortuosum difermentasi lalu dikunyah atau digunakan sebagai tembakau, rokok, serta dijadikan teh atau ekstrak tincture.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Anestesi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 22

Sceletium Tortuosum yang juga dikenal sebagai Kanna mengandung bahan kimia yang dianggap bekerja di otak dan dapat menyebabkan kantuk. Penggunaan Sceletium Tortuosum dalam meningkatkan suasana hati disebabkan oleh sejumlah alkaloid termasuk mesembrine, mesembrenol dan tortuosamine yang berinteraksi dengan reseptor dopamin dan serotonin otak.

Mengenai Soeletium Tortuosum

Golongan

Ramuan herbal

Kemasan

Teh, ekstrak tincture, kapsul, tablet

Kandungan

Mesembrine, mesembrenone, mesembrenol, tortuosamine

Manfaat Sceletium Tortuosum

Sceletium Tortuosum secara tradisional digunakan untuk mengurangi kecemasan, stress, dan depresi, meningkatkan suasana hati, aktivitas kognitif, memori, dan mental, mengurangi tekanan darah tinggi, menghilangkan rasa sakit, serta menjadi obat antidepresan alami.

Efek samping Sceletium Tortuosum

Hingga saat ini belum ada informasi terkait efek samping yang dapat ditimbulkan akibat penggunaan Sceletium Tortuosum. Tetapi terdapat beberapa efek samping yang mungkin saja terjadi, meliputi sakit kepala dan hilangnya nafsu makan.

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores pregnancy   breat feeding gold sku

Penggunaan Sceletium Tortuosum yang terlalu banyak juga dapat menimbulkan efek anestesi ringan pada mulut, menyebabkan keracunan dan euforia tetapi tidak sampai menyebabkan halusinogen.

Dosis Sceletium Tortuosum

Dosis penggunaan Sceletium Tortuosum yang diketahui pernah digunakan adalah:

  • Dosis 50 mg Sceletium Tortuosum untuk meningkatkan suasana hati, penurunan kecemasan, relaksasi
  • Dosis 100 mg Sceletium Tortuosum sebagai euforia dan empathogen yang menenangkan

Dosis penggunaan Sceletium Tortuosum akan bergantung pada beberapa faktor seperti usia, riwayat kesehatan, serta beberapa kondisi lainnya. Perlu diingat bahwa produk herbal tidak selalu aman, maka pastikan Anda mengikuti petunjuk pada label kemasan dan konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum menggunakan Sceletium Tortuosum.

Interaksi Sceletium Tortuosum

-

Perhatian

  • Hindari penggunaan Sceletium Tortuosum bagi ibu hamil dan menyusui
  • Tidak disarankan untuk mengonsumsi Sceletium Tortuosum bersamaan dengan obat antidepresan, obat penenang, hipnotik, dan ansiolitik

5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Smith, Carine. (2011). The effects of Sceletium tortuosum in an in vivo model of psychological stress. Journal of ethnopharmacology. 133. 31-6. 10.1016/j.jep.2010.08.058. ResearchGate. (https://www.researchgate.net/publication/46148303_The_effects_of_Sceletium_tortuosum_in_an_in_vivo_model_of_psychological_stress)
Gericke, Nigel & Viljoen, Alvaro. (2008). Sceletium-A review update. Journal of ethnopharmacology. 119. 653-63. 10.1016/j.jep.2008.07.043. ResearchGate. (https://www.researchgate.net/publication/23227379_Sceletium-A_review_update)
Sceletium Tortuosum Uses, Benefits & Dosage Herbal Database. Drugs.com. (https://www.drugs.com/npp/sceletium-tortuosum.html)

Artikel ini hanya sebagai informasi obat, bukan anjuran medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter atau apoteker mengenai informasi akurat seputar obat.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp
Buka di app