Ragam Pilihan Latihan Otot Pakai Dumbbell bagi Wanita

Dipublish tanggal: Jul 12, 2019 Update terakhir: Nov 10, 2020 Waktu baca: 2 menit
Ragam Pilihan Latihan Otot Pakai Dumbbell bagi Wanita

Tidak hanya pria, wanita juga membutuhkan latihan otot seperti dumbbell. Namun, jangan mengira tujuan latihan dumbbell ini hanya untuk membentuk otot menjadi kekar layaknya pria. 

Sebab, latihan otot menggunakan dumbbell juga berfungsi untuk membakar lemak tubuh lebih cepat. Disamping itu, latihan dumbbell merupakan bagian dari latihan kekuatan dan ketahanan tubuh. Dimana, wanita akan mendapatkan bentuk tubuh bagian atas yang kencang.

Iklan dari HonestDocs
Beli Rozgra - Sildenafil Citrate 100MG via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Rozgra sildenafil citrate 100mg

Dengan berlatih dumbbell, wanita juga akan mendapatkan tubuh yang indah tanpa mengurangi sisi feminimnya. Nah, sebelum membahas lebih lanjut mengenai gerakan dumbbell apa saja yang bisa dilakukan wanita, ketahui dulu beberapa keuntungan dari latihan ini.

  • Latihan dumbbell akan meningkatkan metabolisme tubuh. Hal ini dapat terjadi karena lemak pada tubuh terbakar lebih cepat dengan berlatih dumbbell. Lebih lanjut, seorang wanita yang rutin melakukan dumbbell akan mampu mengendalikan berat badannya secara lebih efektif.
  • Latihan dumbbell juga membantu meningkatkan densitas tulang sekaligus mengurangi risiko osteoporosis. Dengan demikian tulang wanita akan lebih kuat daripada yang tidak melakukan dumbbell.
  • Latihan dumbbell membantu meningkatkan penampilan fisik. Dumbell akan membentuk otot wanita jadi lebih kuat. Dengan demikian, lengan akan lebih berisi dan baju yang dikenakan juga lebih pas.
  • Latihan dumbbell akan menjaga kadar gula darah sekaligus tekanan darah lebih stabil. Maka, bagi Anda yang kebetulan memiliki kadar gula darah tinggi, jadwalkan untuk melakukan dumbbell.
  • Terakhir, latihan dumbbell akan membantu meningkatkan energi seseorang sehingga lebih kuat untuk menjalankan aktivitas sehari-hari.

Nah, setelah mengetahui banyaknya manfaat dari berlatih dumbbell bagi wanita, tidak ada salahnya untuk mulai mencobanya. Yang dibutuhkan hanyalah sepasang dumbbell serta bimbingan yang tepat dari seorang trainer. 

Di awal latihan, carilah beban dumbbell yang ringan seperti 1-1.5 kg. Kemudian, setelah mahir, secara bertahap bisa meningkatkan berat beban sesuai kemampuan. Berikut ini adalah beberapa macam latihan dumbell yang cocok bagi wanita.

Squat thruster

Sesuai namanya, maka gerakan ini menargetkan kekuatan otot seperti bahu, lengan, dan juga bokong. Untuk beban dumbbell, Anda bisa menggunakan salah satu tangan atau langsung keduanya.  

Caranya, genggamlah dumbbell di bawah dagu Anda menggunakan tangan kanan. Kepal tangan ke arah dada. Selanjutnya, tekuk kaki seperti saat squat. 

Usahakan posisi pantat lebih rendah dari lutut dan tahan hingga lima detik. Kemudian, dorong dumbbell ke atas hingga posisi bahu dan kaki lurus. Ulangi gerakan ini beberapa kali dan bergantian dengan tangan kiri.

Iklan dari HonestDocs
Beli Suplemen Fitness via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 25

Bisep Curl

Gerakan bisep curl ini menargetkan otot bisep atau lengan atas bagian depan supaya lebih kencang. Caranya,  berdirilah tegak dengan kedua kaki terbuka selebar bahu. 

Sedangkan tangan kanan memegang dumbbell. Tariklah telapak tangan ke arah bahu dengan menekuk siku, lalu luruskan kembali. Ulangi gerakan ini hingga 8-12 kali dan lakukanlah gerakan serupa pada lengan kiri.

Side Raise

Gerakan dumbbell bagi wanita lainnya yaitu side rise. Untuk melakukan latihan ini, diperlukan dua buah dumbbell dengan masing-masing dipegang oleh tangan kanan dan kiri. 

Cara melakukannya, berdirilah dengan tegak sambil menggenggam dumbell pada kedua tangan. Gantungkan tangan lurus ke bawah di kedua sisi badan sambil posisinya mengarah ke badan. 

Angkat kedua tangan lurus sejajar dengan bahu dengan posisi mengarah ke bawah. Kembalikan posisi tangan Anda menggantung pada kedua sisi tubuh. Ulangi gerakan ini hingga 8-12 kali.

4 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
A Workout to Shape Your Shoulders MedNews. Drugs.com. (https://www.drugs.com/news/workout-shape-your-shoulders-85852.html)
Upper Body Workout for Women: 10 Best Exercises . Healthline. (https://www.healthline.com/health/upper-body-workout-for-women)
Weight training: Do's and don'ts of proper technique. Mayo Clinic. (http://www.mayoclinic.com/health/weight-training/SM00028)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Artikel selanjutnya
Gatal-gatal Saat Latihan Fisik? Mungkin 4 Hal Penyebabnya
Gatal-gatal Saat Latihan Fisik? Mungkin 4 Hal Penyebabnya

Apa penyebabnya sehingga Anda sering merasakan gatal-gatal saat latihan fisik? Penting bagi Anda untuk mengetahui penyebabnya supaya mendapat penanganan yang tepat. Simak artikel di bawah ini untuk mengetahui penyebabnya.

Begini Cara Melakukan Olahraga CrossFit untuk Pemula
Begini Cara Melakukan Olahraga CrossFit untuk Pemula

Apabila sebelumnya kamu belum pernah melakukan olahraga ini, namun ingin mencobanya di rumah, ada lima latihan ketahanan tubuh untuk mendongkrak kinerja tubuhmu. Lima latihan ini bisa kamu lakukan satu persatu selama lima hari.

5 Gerakan Paling Efektif Untuk Membentuk Paha Bagian Dalam
5 Gerakan Paling Efektif Untuk Membentuk Paha Bagian Dalam

Lakukan semua gerakan-gerakan berikut sebanyak 3 set. Anda dapat melakukan latihan paha ini sebanyak tiga atau empat kali dalam seminggu. Atau, Anda juga dapat memilih beberapa gerakan latihan paha favorit Anda dan menambahkannya ke dalam rutinitas harian untuk latihan ekstra penguatan tubuh bagian bawah.

Buka di app