Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Olahraga dan Kebugaran

Ragam Pilihan Latihan Otot Pakai Dumbbell bagi Wanita

Update terakhir: OCT 21, 2019 Waktu baca: 2 menit
Telah dibaca 1.199.596 orang

Tidak hanya pria, wanita juga membutuhkan latihan otot seperti dumbbell. Namun, jangan mengira tujuan latihan dumbbell ini hanya untuk membentuk otot menjadi kekar layaknya pria

Sebab, latihan otot menggunakan dumbbell juga berfungsi untuk membakar lemak tubuh lebih cepat. Disamping itu, latihan dumbbell merupakan bagian dari latihan kekuatan dan ketahanan tubuh. Dimana, wanita akan mendapatkan bentuk tubuh bagian atas yang kencang.

Iklan dari HonestDocs
Beli Ericfil Tablet 100mg via HonestDocs

Obat ericfil diindikasikan untuk mengatasi masalah seksual pada pria, seperti disfungsi ereksi. Selain itu, obat ini dapat mengatasi hipertensi pulmonal. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Ericfil 100 mg 4s 1

Dengan berlatih dumbbell, wanita juga akan mendapatkan tubuh yang indah tanpa mengurangi sisi feminimnya. Nah, sebelum membahas lebih lanjut mengenai gerakan dumbbell apa saja yang bisa dilakukan wanita, ketahui dulu beberapa keuntungan dari latihan ini.

  • Latihan dumbbell akan meningkatkan metabolisme tubuh. Hal ini dapat terjadi karena lemak pada tubuh terbakar lebih cepat dengan berlatih dumbbell. Lebih lanjut, seorang wanita yang rutin melakukan dumbbell akan mampu mengendalikan berat badannya secara lebih efektif.
  • Latihan dumbbell juga membantu meningkatkan densitas tulang sekaligus mengurangi risiko osteoporosis. Dengan demikian tulang wanita akan lebih kuat daripada yang tidak melakukan dumbbell.
  • Latihan dumbbell membantu meningkatkan penampilan fisik. Dumbell akan membentuk otot wanita jadi lebih kuat. Dengan demikian, lengan akan lebih berisi dan baju yang dikenakan juga lebih pas.
  • Latihan dumbbell akan menjaga kadar gula darah sekaligus tekanan darah lebih stabil. Maka, bagi Anda yang kebetulan memiliki kadar gula darah tinggi, jadwalkan untuk melakukan dumbbell.
  • Terakhir, latihan dumbbell akan membantu meningkatkan energi seseorang sehingga lebih kuat untuk menjalankan aktivitas sehari-hari.

Nah, setelah mengetahui banyaknya manfaat dari berlatih dumbbell bagi wanita, tidak ada salahnya untuk mulai mencobanya. Yang dibutuhkan hanyalah sepasang dumbbell serta bimbingan yang tepat dari seorang trainer. 

Di awal latihan, carilah beban dumbbell yang ringan seperti 1-1.5 kg. Kemudian, setelah mahir, secara bertahap bisa meningkatkan berat beban sesuai kemampuan. Berikut ini adalah beberapa macam latihan dumbell yang cocok bagi wanita.

Squat thruster

Sesuai namanya, maka gerakan ini menargetkan kekuatan otot seperti bahu, lengan, dan juga bokong. Untuk beban dumbbell, Anda bisa menggunakan salah satu tangan atau langsung keduanya.  

Caranya, genggamlah dumbbell di bawah dagu Anda menggunakan tangan kanan. Kepal tangan ke arah dada. Selanjutnya, tekuk kaki seperti saat squat. 

Usahakan posisi pantat lebih rendah dari lutut dan tahan hingga lima detik. Kemudian, dorong dumbbell ke atas hingga posisi bahu dan kaki lurus. Ulangi gerakan ini beberapa kali dan bergantian dengan tangan kiri.

Iklan dari HonestDocs
Beli Ericfil Tablet 100mg via HonestDocs

Obat ericfil diindikasikan untuk mengatasi masalah seksual pada pria, seperti disfungsi ereksi. Selain itu, obat ini dapat mengatasi hipertensi pulmonal. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Ericfil 100 mg 4s 1

Bisep Curl

Gerakan bisep curl ini menargetkan otot bisep atau lengan atas bagian depan supaya lebih kencang. Caranya,  berdirilah tegak dengan kedua kaki terbuka selebar bahu. 

Sedangkan tangan kanan memegang dumbbell. Tariklah telapak tangan ke arah bahu dengan menekuk siku, lalu luruskan kembali. Ulangi gerakan ini hingga 8-12 kali dan lakukanlah gerakan serupa pada lengan kiri.

Side Raise

Gerakan dumbbell bagi wanita lainnya yaitu side rise. Untuk melakukan latihan ini, diperlukan dua buah dumbbell dengan masing-masing dipegang oleh tangan kanan dan kiri. 

Cara melakukannya, berdirilah dengan tegak sambil menggenggam dumbell pada kedua tangan. Gantungkan tangan lurus ke bawah di kedua sisi badan sambil posisinya mengarah ke badan. 

Angkat kedua tangan lurus sejajar dengan bahu dengan posisi mengarah ke bawah. Kembalikan posisi tangan Anda menggantung pada kedua sisi tubuh. Ulangi gerakan ini hingga 8-12 kali.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Artikel selanjutnya
5 Kesalahan Saat Nge-gym Membuat Workout Kurang Optimal
5 Kesalahan Saat Nge-gym Membuat Workout Kurang Optimal

Sayangnya tidak semua orang mendapatkan tujuan yang mereka inginkan meski sudah berlatih dalam waktu lama. Pola latihan yang salah bisa menjadi penyebab ketidakberhasilan tersebut.

Manakah Yang Lebih Efektif Dalam Menurunkan Berat Badan: Latihan Kekuatan Otot Atau Kardio?
Manakah Yang Lebih Efektif Dalam Menurunkan Berat Badan: Latihan Kekuatan Otot Atau Kardio?

Dua olahraga tersebut sama pentingnya bagi kesehatan tubuh. Tetapi apabila tujuannya untuk menurunkan berat badan, maka akan lebih baik jika Anda melakukan latihan kardio. Bukan karena latihan kekuatan otot tidak lebih baik, tetapi karena latihan kardio memiliki kecepatan yang berbeda dalam membakar kalori.