GRACIA BELINDA
Ditulis oleh
GRACIA BELINDA
DR. KARTIKA MAYASARI
Ditinjau oleh
DR. KARTIKA MAYASARI

Protodioscin (Tribulus ​Terrestris​): Manfaat, Dosis, dan Efek Samping

Dipublish tanggal: Jan 15, 2021 Update terakhir: Jan 15, 2021 Waktu baca: 3 menit

Ringkasan

Buka

Tutup

  • Protodioscin (Tribulus terrestris) adalah senyawa saponin steroid yang biasanya diolah dalam bentuk suplemen bentuk kapsul atau bubuk
  • Protodioscin (Tribulus terrestris) dipercaya dapat membantu menurunkan kadar gula darah dan kolesterol serta meningkatkan fungsi seksual dan libido
  • Dosis umum Protodioscin (Tribulus terrestris) untuk masalah disfungsi ereksi adalah 250 mg, diminum 3 kali sehari selama 3 bulan (dikonsumsi setelah makan)
  • Salah satu obat yang tidak boleh dikonsumsi bersamaan dengan Protodioscin atau Tribulus terrestris adalah obat diabetes
  • Klik untuk mendapatkan protodioscin (tribulus terrestris) atau asupan gizi & nutrisi lainnya ke rumah Anda di HDmall. *Gratis ongkir ke seluruh Indonesia & bisa COD

Protodioscin atau yang biasa dikenal dengan Tribulus terrestris adalah senyawa saponin steroid yang diolah dalam bentuk suplemen. Protodioscin berasal dari tanaman Ayurveda, di mana bagian buah dan akar tanaman dipercaya dapat meningkatkan kejantanan pria dan vitalitas secara umum.

Protodioscin (Tribulus terrestris) juga diperkirakan dapat membantu menjaga kesehatan kardiovaskular dan urogenital, menurunkan kadar gula darah dan kolesterol, mempengaruhi kadar hormon, meningkatkan fungsi seksual dan libido, meningkatkan kesuburan, dan perkembangan otot serta kinerja atletik.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Mengenai Protodioscin (Tribulus terrestris)

Golongan

Suplemen obat

Kemasan

Bubuk, kapsul

Kandungan

Protodioscin (Tribulus terrestris) 

Manfaat Protodioscin (Tribulus terrestris)

Manfaat Protodioscin atau Tribulus terrestris adalah:

  • Menurunkan kadar gula darah dan kolesterol
  • Mempengaruhi kadar hormon (testosteron)
  • Meningkatkan fungsi seksual dan libido
  • Meningkatkan kesuburan
  • Mempengaruhi perkembangan otot dan kinerja atletik

Meski tidak diketahui secara pasti bagaimana Tribulus bekerja, tetapi manfaat Tribulus terrestris diklaim dapat meningkatkan kepadatan reseptor androgen pada otak serta mempengaruhi dan meningkatkan sifat peningkat libido dari androgen.

Tetapi karena bukti penelitian masih sangat terbatas sehingga keefektifan Tribulus terrestris dalam meningkatkan kesuburan terutama meningkatkan hormon testosteron pada manusia harus diteliti lebih jauh.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Dosis Protodioscin (Tribulus terrestris)

Protodioscin (Tribulus terrestris) hanya ditujukan untuk dikonsumsi oleh orang dewasa dan penggunaannya harus sangat hati-hati. Dosis umum penggunaan Protodioscin (Tribulus terrestris) untuk masalah disfungsi ereksi dalam bentuk bubuk adalah:

  • 250 mg, diminum 3 kali sehari
  • Dapat diminum selama 3 bulan

Penggunaan Protodioscin (Tribulus terrestris) sebaiknya dikonsumsi setelah makan. Selain itu, jika Anda masih ragu akan manfaat dan penggunaan Protodioscin (Tribulus terrestris), maka ada baiknya untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum menggunakannya. 

Efek samping Protodioscin (Tribulus Terrestris)

Sama seperti suplemen atau obat lainnya, Protodioscin (Tribulus terrestris) juga bisa menimbulkan risiko efek samping jika dikonsumsi tidak sesuai aturan dan indikasi penggunaan, seperti sakit perut, kram, diare, mual, muntah, sembelit, hingga sulit tidur.

Beberapa efek samping lain yang mungkin timbul dari penggunaan Protodioscin atau Tribulus terrestris adalah peningkatan detak jantung dan mudah gelisah. Selain itu, Tribulus terrestris juga mungkin menyebabkan reaksi alergi seperti ruam, gatal, sesak nafas, hingga penurunan kesadaran.

Sebelum menggunakan Protodioscin (Tribulus terrestris) ada baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter dan ikuti petunjuk penggunaan. Hindari mengonsumsi Tribulus terrestris lebih banyak atau lebih lama dari yang dianjurkan. 

Interaksi obat

Penggunaan Protodioscin (Tribulus terrestris) juga dapat menimbulkan interaksi obat jika digunakan bersamaan dengan obat lain. Potensi interaksi obat akan mempengaruhi cara kerja obat dan menimbulkan risiko efek samping.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Salah satu obat yang perlu dihindari penggunaannya dengan Protodioscin (Tribulus terrestris) secara bersamaan adalah obat diabetes. Karena jika diminum secara bersamaan dapat menyebabkan penurunan kadar gula darah secara drastis.

Selain itu, masih ada kemungkinan beberapa jenis obat lain yang dapat menimbulkan interaksi obat dengan Protodioscin (Tribulus terrestris). Oleh sebab itu, penting untuk memberitahukan obat apa saja yang sedang dikonsumsi kepada dokter agar interaksi obat tidak terjadi.

Perhatian

Sebelum mengonsumsi Protodioscin (Tribulus terrestris), sebaiknya perhatikan beberapa hal berikut:

  • Hindari menggunakan obat Protodioscin (Tribulus terrestris) jika memiliki riwayat alergi terhadap kandungan obat
  • Pria yang menderita hipertrofi prostat atau kanker prostat sebaiknya tidak mengonsumsi Protodioscin (Tribulus terrestris) 

Artikel terkait:


4 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.

Artikel ini hanya sebagai informasi obat, bukan anjuran medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter atau apoteker mengenai informasi akurat seputar obat.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp
Buka di app