ADELIA MARISTA SAFITRI, S.K.M
Ditulis oleh
ADELIA MARISTA SAFITRI, S.K.M
DR. KARTIKA MAYASARI
Ditinjau oleh
DR. KARTIKA MAYASARI

Propylene Glycol: Manfaat, Dosis, & Efek Samping

Dipublish tanggal: Des 17, 2020 Update terakhir: Des 17, 2020 Waktu baca: 3 menit

Ringkasan

Buka

Tutup

  • Propylene glycol adalah zat cair sintesis yang menyerap air, cenderung tidak berwarna, tidak berbau, mirip seperti sirup pada suhu kamar;
  • Manfaat propylene glycol adalah untuk menyerap air berlebih sekaligus menjaga kelembapan pada obat-obatan, kosmetik, atau makanan;
  • Badan Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan dosis propylene glycol yang aman adalah maksimal 25 mg/kgBB/hari;
  • Efek samping propylene glycol adalah iritasi kulit dan dermatitis, terutama bagi orang yang alergi terhadap kandungan ini;
  • Konsultasikan dulu dengan dokter sebelum menggunakan propylene glycol saat hamil atau merencanakan kehamilan, maupun sedang menyusui;
  • Klik untuk mendapatkan propylene glycol atau produk konsumen lainnya ke rumah Anda di HDmall. *Gratis ongkos kirim ke seluruh Indonesia dan bisa COD.

Propylene glycol adalah zat cair sintesis yang menyerap air. Dilihat dari bentuknya, propylene glikol cenderung tidak berwarna, bening, tidak berbau, mirip seperti sirup pada suhu kamar.  

Propilen glikol dapat melarukan beberapa zat lebih baik daripada air, bahkan lebih apik dalam menjaga kelembapan. Hal ini membuat propylene glycol sering digunakan sebagai bahan tambahan makanan kemasan seperti popcorn, pewarna makanan, makanan cepat saji, roti, dan produk susu.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Propylene glycol juga kerap digunakan ke dalam obat-obatan injeksi (seperti lorazepam) dan beberapa krim atau salep yang dioleskan ke kulit, contohnya kortikosteroid.

Propylene glycol memiliki nama lain berupa 1,2-propanediol, 1,2-dihydroxypropane, methyl ethyl glycol, dan trimethyl glycol.

Mengenai Propylene Glycol

Golongan

Zat aditif

Kemasan

  • Makanan
  • Obat
  • Produk kosmetik

Kandungan

Propylene glycol

Manfaat Propylene Glycol

FDA di Amerika Serikat, badan yang setara dengan BPOM Indonesia, telah mengklasifikasikan propilen glikol sebagai zat aditif yang aman untuk makanan. Zat ini digunakan untuk menyerap air berlebih sekaligus menjaga kelembapan pada obat-obatan, kosmetik, atau produk makanan tertentu.

Selain itu, manfaat propylene glycol juga digunakan sebagai pelarut untuk menciptakan warna dan rasa makanan, juga dalam industri cat atau plastik. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Lebih lengkap, berikut fungsi propilen glikol antara lain:

  • Agen anti-caking: membantu mencegah komponen makanan menempel satu sama lain dan membentuk gumpalan, seperti pada keju parut;
  • Antioksidan: memperpanjang daya simpan makanan dan melindunginya dari kerusakan akibat paparan oksigen:
  • Penguat adonan: memodifikasi pati dan gluten dalam makanan agar lebih stabil;
  • Emulsifier: mencegah pemisahan bahan makanan, sepeerti minyak dan cuka dalam saus salad.

Kontraindikasi

  • Alergi terhadap propylene glycol

Efek samping Propylene Glycol

Propylene glycol telah disetujui sebagai zat aditif dalam makanan, kosmetik, dan produk farmasi. Namun, sama seperti zat pada umumnya, penggunaan propylene glycol dapat menimbulkan efek samping. Hanya saja, reaksinya bisa jadi berbeda-beda, tergantung dari dosis obat, usia, dan daya tahan tubuh masing-masing orang.

Saat propilen glikol masuk ke dalam tubuh lewat makanan, obat, maupun penggunaan kosmetik, Anda sebetulnya tak perlu khawatir sebab jumlah yang masuk cenderung sedikit sehingga tidak dianggap berbahaya. Propylene glycol pun akan mengalami kerusakan di dalam tubuh dalam waktu 48 jam. Namun, jika paparannya terjadi secara berulang kali meskipun dalam waktu yang singkat, efek samping propylene glycol dapat menyebabkan iritasi pada tubuh.

Jika disuntikkan ke dalam tubuh dalam jumlah tinggi atau terlalu cepat, propilen glikol dapat memicu gangguan irama jantung dan menurunkan tekanan darah. Efek samping propylene glycol juga dapat menyebabkan dermatitis pada sebagian orang, terutama yang alergi atau hipersensitif terhadap kandungan ini.

Dosis Propylene Glycol

Dosis propilen glikol bisa jadi berbeda-beda pada setiap orang. Hal ini tergantung dari usia, jenis kelamin, tingkat keparahan penyakit, dan kebutuhan masing-masing orang.

Badan Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan dosis propylene glycol yang aman adalah maksimal 25 mg/kgBB/hari. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Interaksi Propylene Glycol

Potensi interaksi obat terjadi ketika digunakan bersamaan dengan obat lain, sehingga dapat mengubah cara kerja obat. Sebagai akibatnya, obat tidak dapat bekerja dengan maksimal atau bahkan menimbulkan racun yang membahayakan tubuh. Oleh sebab itu, penting untuk mengetahui obat apa saja yang sedang Anda konsumsi dan beri tahukan pada dokter.

Perhatian

Hal-hal yang harus diperhatikan selama menggunakan propylene glycol adalah sebagai berikut:

  • Beri tahukan dokter jika Anda memiliki riwayat alergi obat maupun penyakit tertentu, terutama gangguan hati atau ginjal;
  • Sampaikan pada dokter jika Anda sedang mengonsumsi obat, suplemen, maupun herbal apa pun;
  • Konsultasikan dulu dengan dokter sebelum menggunakan propylene glycol saat hamil atau merencanakan kehamilan, maupun sedang menyusui.

Artikel terkait:


4 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
CDC. Public Health Statement for Propyleen Glycol. (https://www.atsdr.cdc.gov/phs/phs.asp?id=1120&tid=240). September 1997.
Healthline. Propylene Glycol in Foods: Is This Additive Safe? (https://www.healthline.com/nutrition/propylene-glycol). 2 Maret 2018.
Dr. Axe. Propylene GLycol: The Additive with Potentially Dangerous Side Effects. (https://draxe.com/nutrition/propylene-glycol/). 8 April 2018.

Artikel ini hanya sebagai informasi obat, bukan anjuran medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter atau apoteker mengenai informasi akurat seputar obat.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp
Buka di app