Ketahui Apakah Pria Dapat Terkena Kanker Payudara

Dipublish tanggal: Feb 14, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Sep 8, 2019 Waktu baca: 1 menit
Ketahui Apakah Pria Dapat Terkena Kanker Payudara

Pria dan kanker payudara sering dianggap sebagai dua hal yang berjauhan. Padahal pria pun bisa terkena kanker payudara karena pada dasarnya sama-sama memiliki jaringan payudara. Kealpaan para pria terhadap penyakit ini menyebabkan banyak pria yang tidak menyadari telah terinfeksi dan akhirnya terlambat untuk diberi penanganan.

Gejala Kanker Payudara pada Pria

Gejala kanker payudara pada pria kurang lebih sama dengan gejala yang dialami wanita. Hanya saja karena jaringan payudara pada pria tidak sebanyak jaringan payudara pada wanita, benjolannya pun tidak terlalu kentara. Alasan ini juga yang menyebabkan para pria telat menyadari bahwa mereka telah terinfeksi.

Iklan dari HonestDocs
Beli Alat Kontrasepsi & Hormon via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 7

Pada stadium lanjut, tampak kehitaman di daerah puting. Beberapa kasus juga mengalami kulit puting yang memerah, mengerut atau bahkan putingnya mengeluarkan cairan.

Pemicu Kanker Payudara pada Pria

Hal-hal yang dapat memicu kanker payudara pada pria antara lain:

Faktor keturunan

Bila ada anggota keluarga yang pernah mengalami kanker payudara, layaknya mulai mawas diri. Dikhawatirkan memiliki bakat terkena kanker. Gen BRCA2 merupakan gen yang diduga menjadi penyebab kanker yang diturunkan.   

Pola hidup

Kebiasaan merokok, sering begadang dan mengonsumsi alcohol pun turut andil meningkatkan risiko kanker.   

Hormon perempuan berlebih

Pria dengan kelebihan kandungan hormon estrogen dalam tubuh memungkinkan pertumbuhan ukuran payudaranya membesar.

Langkah waspada perlu digalakan sehingga tidak terjadi keterlambatan penanganan. Biasakan diri memperhatikan perubahan-perubahan yang terjadi pada tubuh. Tidak ada salahnya memeriksakan keluhan pada payudara pada ahlinya. Apalagi dunia medis kini telah menyediakan rontgen khusus untuk payudara, dinamakan mammografi. Pemeriksaan usg payudara juga menjadi pencitraan sederhana untuk monitoring kanker payudara. Pemeriksaan pasti sebagai baku emas dengan menggunakan biopsy (pengambilan sampel jaringan).

 

37 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Male breast cancer: Symptoms, statistics, tests, and treatment. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/179457.php)
Male Breast Cancer: Symptoms, Risk Factors, and More. Healthline. (https://www.healthline.com/health/breast-cancer/male-breast-cancer-symptoms)
Breast Cancer in Men: Symptoms, Causes, Treatments. WebMD. (https://www.webmd.com/breast-cancer/breast-cancer-men)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app