GRACIA BELINDA
Ditulis oleh
GRACIA BELINDA
DR. KARTIKA MAYASARI
Ditinjau oleh
DR. KARTIKA MAYASARI

Pirenzepine: Manfaat, Dosis, dan Efek Samping

Dipublish tanggal: Des 3, 2020 Update terakhir: Des 15, 2020 Waktu baca: 2 menit

Ringkasan

Buka

Tutup

  • Pirenzepine adalah obat golongan antasida yang umumnya digunakan untuk mengatasi ulkus peptikum atau tukak lambung
  • Pirenzepine atau Pyrenzepin Dihidroklorida berfungsi menurunkan produksi asam lambung akibat adanya luka atau tukak pada lambung
  • Dosis obat Pirenzepine dapat dikonsumsi sebanyak 1 tablet @ 50 mg yang dikonsumsi 2-3 kali sehari (dikonsumsi 30 menit sebelum makan)
  • Penderita gangguan fungsi ginjal parah sebaiknya tidak menggunakan obat Pirenzepine atau konsultasikan dahulu dengan dokter
  • Klik untuk mendapatkan obat lambung yang bisa dikirim ke rumah Anda hanya di HDmall. *Gratis ongkir ke seluruh Indonesia & bisa COD

Pyrenzepin Dihidroklorida atau Pirenzepine adalah obat golongan antasida yang umumnya digunakan untuk mengatasi gangguan lambung, khususnya ulkus peptikum (tukak lambung). Obat Pirenzepine berfungsi untuk menurunkan produksi asam lambung dan pepsin akibat adanya luka atau tukak pada bagian lambung. Obat dengan kandungan Pyrenzepin Dihidroklorida (Pirenzepine) umumnya tersedia dalam bentuk tablet. Salah satu merk obat yang mengandung Pirenzepine dan tersedia di pasaran adalah Cevanil. 

Mengenai Pirenzepine

Golongan

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Obat resep

Kemasan

Tablet

Kandungan

Pirenzepine

Manfaat Pirenzepine

Manfaat obat Pirenzepine adalah untuk mengatasi masalah lambung, khususnya untuk meredakan gejala ulkus peptikum atau tukak lambung yang disebabkan oleh adanya peradangan atau luka pada dinding lambung. Obat Pirenzepine sendiri juga memiliki sifat antasida, antirefluks dan antiulcerant yang bekerja untuk mengurangi produksi asam lambung di perut.

Dosis Pirenzepine

Obat Pirenzepine untuk mengatasi ulkus peptikum bisa diberikan dengan dosis umum sebagai berikut:

  • Orang dewasa: 1 tablet @ 50 mg, dikonsumsi 2-3 kali sehari
  • Harus dikonsumsi 30 menit sebelum makan (saat perut kosong)
  • Obat bisa dikonsumsi selama 4-6 minggu

Dosis penggunaan obat Pirenzepine mungkin berbeda antar pengguna dan harus disesuaikan dengan indikasi penggunaan, usia, berat badan, kondisi kesehatan, dan tingkat keparahan penyakit. Oleh karena itu, konsumsi obat sesuai resep dokter dan hindari penggunaan dosis dalam jumlah banyak atau lebih lama dari yang diberikan dokter.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Efek samping Pirenzepine

Secara umum, obat Pirenzepine juga dapat menyebabkan beberapa tanda efek samping jika digunakan secara berlebihan. Berikut ini beberapa efek samping ringan dari pemakaian obat Pirenzepine yang mungkin saja terjadi, di antaranya:

  • Mulut kering
  • Penglihatan kabur

Tetapi jika Anda merasakan efek samping lain, coba hentikan penggunaan obat Pirenzepine untuk sementara waktu dan tanyakan ke dokter. Selain efek samping di atas, mungkin masih ada tanda-tanda efek samping lainnya yang bisa terjadi. Oleh karena itu, ikuti petunjuk dokter dan konsumsi obat sesuai aturan pakai. 

Interaksi obat

Sama seperti obat lainnya, penggunaan obat Pirenzepine juga memungkinkan terjadinya interaksi obat jika dikonsumsi secara bersamaan dengan obat lain. Risiko terjadinya interaksi obat sendiri dapat mempengaruhi cara kerja obat dan menimbulkan efek samping pada tubuh.

Beberapa interaksi obat yang mungkin terjadi jika digunakan bersamaan dengan obat Pirenzepine adalah:

  • Meningkatkan efek obat Pirenzepine jika dikonsumsi bersamaan dengan obat golongan anti-muskarinik dan MAO inhibitor
  • Menimbulkan efek antagonis jika dikonsumsi bersamaan dengan obat parasimpatis (parasimpatomimetik)

Oleh sebab itu, penting untuk mengetahui kandungan obat dan mengikuti petunjuk dokter atas dosis obat yang dikonsumsi untuk membantu menghindari terjadinya risiko efek samping dan interaksi obat yang mungkin terjadi.

Perhatian

Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan saat menggunakan obat Pirenzepine:

  • Hindari penggunaan pada orang yang memiliki riwayat alergi terhadap kandungan obat Pirenzepine
  • Penderita gangguan fungsi ginjal parah sebaiknya tidak menggunakan obat Pirenzepine atau konsultasikan dulu dengan dokter
  • Ibu hamil dan ibu menyusui sebaiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum menggunakan Pirenzepine

Artikel terkait:


3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Medindia. Pirenzepine - Indications, Dosage, Side Effects and Precautions. (https://www.medindia.net/doctors/drug_information/pirenzepine.htm)

Artikel ini hanya sebagai informasi obat, bukan anjuran medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter atau apoteker mengenai informasi akurat seputar obat.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp
Buka di app