7 Permen Pelega Tenggorokan untuk Redakan Sakit Tenggorokan

Dipublish tanggal: Okt 28, 2021 Update terakhir: Okt 28, 2021 Waktu baca: 3 menit
7 Permen Pelega Tenggorokan untuk Redakan Sakit Tenggorokan

Ringkasan

Buka

Tutup

  • Jika mengalami gejala sakit tenggorokan, seperti batuk, tenggorokan gatal ataupun kering tentu akan menimbulkan rasa tidak nyaman di tenggorokan;
  • Permen pelega tenggorokan umumnya mengandung menthol, amylmetacresol-dibenal, serta beberapa bahan alami untuk mengatasi gejala sakit tenggorokan;
  • Strepsils merupakan salah satu permen pelega tenggorokan yang cukup populer dan mengandung bahan aktif Amylmetacresol serta Dichlorobenzyl alcohol;
  • Selain berkhasiat untuk melegakan tenggorokan, permen Wood's juga cocok dikonsumsi ketika mengalami hidung tersumbat;
  • Tolak Angin yang dikenal sebagai produk untuk mencegah masuk angin ternyata juga memiliki varian produk lozenges atau permen pelega tenggorokan;
  • Klik untuk membeli permen pelega tenggorokan yang dikirim ke rumah Anda melalui HDmall. *Gratis ongkir ke seluruh Indonesia & bisa COD.

Jika mengalami gejala sakit tenggorokan, seperti batuk, tenggorokan gatal ataupun kering tentu akan menimbulkan rasa tidak nyaman di tenggorokan. Oleh karena itu, kita sering disarankan untuk minum air putih hangat lebih banyak, berkumur dengan air garam, konsumsi madu, menggunakan humidifier, hingga konsumsi obat sakit tenggorokan.

Tak hanya itu, permen pelega tenggorokan juga dapat menjadi salah satu cara menghilangkan sakit tenggorokan. Beberapa kandungan yang umumnya terdapat dalam permen pelega tenggorokan, di antaranya menthol, amylmetacresol-dibenal, serta beberapa bahan alami, seperti madu dan peppermint. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Saat ini beragam pilihan permen pelega tenggorokan atau lozenges juga tersedia dalam berbagai varian rasa dan praktis dikonsumsi. Apa saja? ini dia rekomendasinya!

7 Pilihan permen pelega tenggorokan terbaik

1. Strepsils 

Strepsils merupakan salah satu permen pelega tenggorokan yang cukup populer. Umumnya, permen Strepsils mengandung bahan aktif Amylmetacresol sebagai antiseptik dan Dichlorobenzyl alcohol yang juga berfungsi untuk meredakan sakit tenggorokan akibat infeksi bakteri ataupun virus.

Sebagai permen pelega tenggorokan, Strepsils dapat dikonsumsi oleh orang dewasa dan anak-anak di atas usia 6 tahun. Ikuti petunjuk penggunaan yang tertera pada label kemasan dan tidak dianjurkan untuk mengonsumsi permen Strepsil lebih dari 12 tablet sehari.

Harga permen Strepsil mulai dari Rp9.000

2. Wood's

Dikenal sebagai merk obat batuk, ternyata Wood's juga mengeluarkan produk permen pelega tenggorokan. Selain berkhasiat untuk melegakan tenggorokan, permen Wood's juga cocok dikonsumsi ketika mengalami hidung tersumbat.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Kandungan menthol dan peppermint pada Wood's bekerja ampuh melawan infeksi bakteri pada tenggorokan serta membantu membuat nafas menjadi lebih segar. 

Permen pelega tenggorokan, Wood's, juga memiliki banyak pilihan rasa, seperti original, blackcurrant, cherry, lemon, orange, dan honey lemon.

Harga Wood's mulai dari Rp5.000

Baca juga: Obat Sakit Tenggorokan Alami dan Apotek

3. Ricola

Permen pelega tenggorokan lain yang bisa jadi pilihan adalah Ricola. Dengan kandungan herbal di dalamnya, Ricola dapat memberikan rasa hangat di tenggorokan serta membantu meredakan tenggorokan gatal dan kering.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Berbeda dengan permen pelega tenggorokan lainnya, kemasan Ricola dalam kotak kecil yang sangat praktis dibawa ini diklaim tidak mengandung gula atau sugar free

Kandungan ekstrak herbal dan rasa mint pada permen Ricola juga dapat memberikan efek segar bagi mulut sehingga terhindar dari masalah bau mulut.

Harga Ricola mulai dari Rp19.000

4. Fisherman’s Friend

Mirip dengan permen pelega tenggorokan lain, Fisherman's Friend juga bermanfaat untuk mengatasi gejala hidung tersumbat dan memberikan kesegaran di mulut. 

Permen Fisherman's Friend yang dikonsumsi dengan cara dihisap ini akan membantu menstimulasi produksi air liur yang dapat mengurangi peradangan di saluran tenggorokan.

Permen pelega tenggorokan Fisherman's Friend dapat menjadi pilihan alternatif ketika mengalami sakit tenggorokan karena memiliki banyak macam rasa dan aroma yang menyegarkan, termasuk original, honey & lemon, cherry, mint, raspberry, spearmint, citrus, hingga blackcurrant. 

Harga Fisherman's Friend mulai dari Rp17.500

5. Konidin

Selain akibat makan makanan yang berminyak ataupun gorengan, sakit tenggorokan juga bisa disebabkan oleh alergi. Hal itu tak jarang membuat tenggorokan gatal dan batuk. 

Untuk mengatasi gejala sakit tenggorokan itu, Konidin lozenges rasa mint, strong mint, ataupun herbal dapat menjadi pilihan yang tepat. 

Selain itu, sebagai permen pelega tenggorokan dan rongga mulut, Konidin juga dapat digunakan untuk membantu meringankan gejala flu dan menyegarkan pernapasan. Tersedia dalam kemasan sachet, Konidin praktis untuk dibawa ke mana saja.

Harga Konidin lozenges mulai dari Rp4.500

6. Tolak Angin

Tolak Angin yang dikenal sebagai produk untuk mencegah masuk angin ternyata juga memiliki varian produk lozenges atau permen pelega tenggorokan. Produk keluaran Sido Muncul ini juga bermanfaat untuk mengatasi tenggorokan gatal.

Kandungan bahan alami seperti jahe, madu, daun mint, buah adas, hingga kapulaga membuat permen Tolak Angin ini ampuh sebagai 'obat' sakit tenggorokan dan membantu melegakan saluran pernapasan. Permen Tolak Angin juga cocok dinikmati saat dalam perjalanan.

Harga permen Tolak Angin mulai dari Rp3.900

Baca juga: Apa yang Buat Tolak Angin Efektif Lawan Masuk Angin?

7. Hexos

Salah satu cara menghilangkan sakit tenggorokan dengan permen pelega tenggorokan juga bisa didapatkan dari Hexos. Permen produksi Konimex ini juga dapat meringankan gejala batuk.

Selain membantu melegakan tenggorokan, berbagai varian rasa seperti mint, lemon mint, dan barley mint dari Hexos juga dapat membantu menyegarkan napas. Kandungan mint pada Hexos dikemas dalam sachet isi 5 butir.

Harga Hexos lozenges mulai dari Rp3.000

Selain 7 pilihan permen pelega tenggorokan di atas, beberapa merk lain juga memiliki manfaat yang hampir sama, di antaranya Pagoda Pastiles, Vicks, Alba Pastilles, dan permen tablet hisap FG Troches. 

Permen pelega tenggorokan atau lozenges biasanya aman dikonsumsi setiap 2-3 jam sekali, tetapi sesuaikan dengan aturan pakai yang tertera pada masing-masing label kemasan.

5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Strepsils. Freeing you from the discomfort of a sore throat. (https://www.reckitt.com/brands/strepsils/)
Sido Muncul Store. Permen Tolak Angin (Isi 50 Butir) - Masuk Angin Tenggorokan Gatal. (https://www.sidomunculstore.com/shop/detail/206/permen-tolak-angin-isi-50-butir-masuk-angin-tenggorokan-gatal)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app