Sikat Gigi Elektrik vs Sikat Gigi Manual, Mana yang Lebih Baik?

Dipublish tanggal: Jun 28, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Sep 26, 2019 Waktu baca: 2 menit
Sikat Gigi Elektrik vs Sikat Gigi Manual, Mana yang Lebih Baik?

Menyikat gigi adalah salah satu bagian terpenting untuk mendapatkan gigi yang putih, bersih, dan sehat. Seiring perkembangan teknologi, sekarang ada banyak sikat gigi elektrik yang dijual di pasaran. Katanya, jenis sikat gigi ini lebih ampuh membersihkan gigi daripada sikat gigi biasa. 

Dilihat dari sisi penggunaannya, sikat gigi elektrik memang lebih praktis karena kepala sikatnya bisa berputar dan membersihkan gigi Anda dengan sendirinya. Namun kalau dari segi efektivitasnya, mana yang lebih ampuh membersihkan gigi? 

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Kelebihan dan kekurangan sikat gigi elektrik

Sesuai dengan namanya, sikat gigi elektrik membutuhkan tenaga listrik dari baterai agar bisa berfungsi. Biasanya, daya baterai tersebut dapat diisi ulang sehingga bisa terus digunakan untuk menggosok gigi.

Sementara dari bentuk fisiknya, struktur sikat gigi elektrik sebetulnya tidak jauh berbeda dengan sikat gigi manual. Sikat gigi elektrik juga terdiri dari 2 bagian, yaitu kepala sikat dengan bulu sikat yang panjangnya bervariasi serta tangkai sikat. Namun, ukuran tangkai sikat gigi ini umumnya lebih besar daripada sikat gigi manual pada umumnya.

Pada bagian tangkai sikat gigi elektrik terdapat mesin yang berguna untuk memutar dan menggerakan kepala sikat. Sementara bentuk bulu pada jenis sikat gigi ini bervariasi, ada yang datar dan ada pula yang berlekuk.

Baca Selengkapnya: Perbedaan Fungsi Sikat Gigi Berdasarkan Bentuknya

Untuk mengetahui efektivitas sikat gigi elektrik, Anda dapat mengetahuinya dengan membandingkan kelebihan dan kekurangannya. Keunggulan sikat gigi elektrik dibandingkan sikat gigi biasa adalah:

  • Cocok digunakan untuk semua kalangan, termasuk orang yang memiliki keterbatasan dalam gerak. Contohnya orang yang menderita arthritis.
  • Efektif untuk mengurangi plak hingga 21% dan gingivitis hingga 11% lebih besar daripada sikat gigi biasa.
  • Sikat gigi elektrik memiliki timer yang mengatur putaran bulu-bulu sikat gigi. Sikat gigi ini akan berhenti berputar secara otomatis ketika timer atau waktunya habis

Baca Juga: Efektivitas Sikat Gigi Elektrik

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Antiseptik via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 31

Dibalik manfaat tersebut, harga sikat gigi elektrik terbilang lebih mahal daripada sikat gigi biasa. Tidak hanya harga sikat giginya secara utuh, bagian kepala sikat gigi ini juga wajib diganti sesering mungkin dan harganya tentu jauh lebih mahal daripada sikat gigi biasa.

Sementara dari segi bentuk fisiknya, sikat gigi elektrik berukuran lebih besar sehingga tidak praktis dibawa ke mana-mana. Meski kerjanya otomatis, terkadang masih ada sisa-sisa makanan atau bakteri di mulut yang luput dari jangkauan sikat gigi elektrik.

Kelebihan dan kekurangan sikat gigi biasa

Dibandingkan sikat gigi elektrik, penggunaan sikat gigi biasa ternyata dinilai lebih efektif dalam membersihkan gigi. Pasalnya, jenis sikat ini dapat tidak dibatasi oleh timer, sehingga Anda bisa menyikat gigi selama yang Anda mau dan daya jangkaunya juga lebih jauh. 

Anda juga dapat mengatur sendiri seberapa besar tekanan yang harus diberikan pada bagian sudut gigi tertentu saat menggenggamnya. Sikat gigi biasa juga jauh lebih murah, praktis dibawa ke mana-mana, dan memiliki variasi produk yang beragam, sehingga tetap menempati hati masyarakat secara umum.

Namun kekurangannya, sikat gigi manual ini lebih menguras tenaga dan membutuhkan waktu ekstra, terutama untuk membersihkan plak di gigi. 

Lalu, mana sikat gigi yang terbaik?

Pada dasarnya, baik sikat gigi elektrik maupun sikat gigi biasa sama-sama mampu membersihkan gigi dari kotoran. Anda bisa memilih salah satu dari keduanya, tergantung jenis sikat gigi mana yang Anda suka dan lebih nyaman digunakan.

Iklan dari HonestDocs
Orthodenti ( Kawat Gigi) di Tooth's Kingdom Dental Care

Orthodenti (kawat gigi) merupakan prosedur untuk merapikan gigi

Istock 503875046 %281%29

Sementara bagi Anda yang sedang memakai kawat gigi alias behel, disarankan untuk menggunakan sikat gigi elektrik. Ini karena sikat gigi elektrik cenderung lebih efektif membersihkan gigi daripada yang manual.

Nah, kalau Anda lebih nyaman pakai sikat gigi yang mana, sikat gigi elektrik atau sikat gigi manual?

Baca Juga: Cara Menyimpan Sikat Gigi

6 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Electric vs Manual Toothbrushes - What's Best?. Orthodontics Australia. (Accessed via: https://orthodonticsaustralia.org.au/electric-or-manual-toothbrush/)
Forrest JL, Miller SA. Manual versus powered toothbrushes: a summary of the Cochrane Oral Health Group's Systematic Review. Part II. Journal of dental hygiene : JDH 2004;78(2):349-54. National Center for Biotechnology Information. (Accessed via: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/15190692)
Electric Toothbrush vs Manual: Which Is Better?. Consumer Reports. (Accessed via: https://www.consumerreports.org/cro/news/2015/08/electric-toothbrush-vs-manual/index.htm)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app