Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM

Herpes Zoster : Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Update terakhir: SEP 17, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 1.427.850 orang

Mungkin sebagian besar diantara kamu pernah mendengar tentang herpes tapi belum sepenuhnya tau tentang penyakit ini. Herpes yang biasa dikenal di masyarakat sebenarnya ada 2 jenis, yaitu Herpes Simpleks dan Herpes Zoster. 

Dua penyakit ini disebabkan oleh virus yang berbeda dan proses yang juga berbeda. Disini kita akan membahas tentang Herpes Zoster yang lebih sering ditemukan karena Herpes Zoster bisa mengenai siapa saja yang pernah terkena cacar air. Kenapa demikian? Mari simak artikel berikut ini.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat GRATIS Ongkir via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir minimal belanja Rp50.000.

Iklan obat

Apa itu Herpes Zoster ?

Herpes Zoster atau shingles adalah suatu penyakit infeksi yang disebabkan oleh virus Varicella Zoster, yaitu virus yang sama yang menyebabkan varicella atau biasa disebut cacar air. 

Setelah cacar air hilang atau sembuh, masih ada kemungkinan virus varicella zoster hidup dalam sel saraf hingga bertahun-tahun sebelum akhirnya aktif kembali dan menyebabkan herpes zoster. 

Herpes Zoster umumnya mengenai orang dewasa, bersifat lokal pada area tertentu sesuai area yang disarafi oleh saraf yang terinfeksi virus, dan hanya mengenai satu sisi bagian tubuh (kanan atau kiri).

Gejala Herpes Zoster

Gejala pertama yang dirasakan adalah berupa gatal atau nyeri pada area yang terserang disertai dengan demam, rasa lemah, dan sakit kepala. Kemudian diikuti munculnya bintik-bintik merah atau plakat yang dalam 1-2 hari kemudian timbul gerombolan bintil-bintil kecil berisi cairan diatas kulit yang tampak kemerahan sedangkan kulit diantara gerombolan tetap normal

Bintil-bintil berisi cairan kemudian menjadi kering dan lepas dalam waktu 1-2 minggu.  Seringkali meskipun Herpes Zoster sudah sembuh, area kulit yang sebelumnya terkena Herpes Zoster masih terasa panas seperti terbakar, nyeri, atau kesemutan

Ini disebut sebagai Neuralgia Pascaherpetika. Keluhan ini hanya bersifat sementara walaupun terkadang sangat mengganggu dan bisa bertahan hingga beberapa bulan.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat GRATIS Ongkir via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir minimal belanja Rp50.000.

Iklan obat

Siapa yang bisa terkena Herpes Zoster ?

Herpes Zoster bisa muncul pada semua orang yang pernah terkena cacar air. Beberapa golongan orang yang lebih rentan untuk terkena Herpes Zoster:

  • usia > 60 tahun, individu dengan usia tua memiliki daya tahan tubuh atau sistem imun yang lebih rendah dibanding orang muda, dan gejala Herpes Zoster yang timbul biasanya lebih berat.
  • menderita penyakit yang melemahkan sistem pertahanan tubuh misalnya HIV/AIDS, kanker
  • menjalani kemoterapi dan atau radioterapi
  • mengkonsumsi obat yang melemahkan sistem pertahanan tubuh, misalnya steroid atau obat-obatan yang diberikan setelah menjalani transplantasi organ.

Pengobatan Herpes Zoster 

Secara umum pengobatan Herpes Zoster bersifat suportif yaitu dengan pemberian analgetika untuk mengurangi nyeri atau obat panas untuk menurunkan demam. Bila ada infeksi sekunder, dokter akan memberikan antibiotika

Pengobatan khusus adalah berupa obat anti virus golongan acyclovir, valaciclovir, atau famciclovir. Apabila muncul Neuralgia Pascaherpetika biasanya diberikan obat golongan anti depresan trisiklik yang akan membantu mengurangi nyeri saraf yang dirasakan. 

Pengobatan pada kulit yang terkena infeksi adalah dengan salep natrium fusidat apabila bintil-bintil pecah. Jika basah, kompres dengan cairan NaCL steril.

Komplikasi akibat Herpes Zoster 

Beberapa komplikasi yang mungkin timbul akibat Herpes Zoster:

  • kerusakan pada mata terutama kornea dapat terjadi jika area yang terkena sangat dekat dengan mata
  • infeksi sekunder oleh bakteri pada area bintil yang pecah
  • Ramsay Hunt Syndrome, dapat muncul jika Herpes Zoster mengenai saraf di kepala dan mengakibatkan kelumpuhan sebagian saraf wajah atau bisa juga menyebabkan gangguan pendengaran jika dibiarkan tak terobati. Kebanyakan pasien yang mendapat pengobatan sejak dini bisa pulih sempurna
  • Pneumonia
  • Keradangan pada korda spinalis dan otak seperti ensefalitis atau meningitis

Pencegahan Herpes Zoster

Vaksin dapat mengurangi risiko terkena Herpes Zoster yang berat. Imunisasi Varicella diberikan pada anak sebanyak 2 kali. Dewasa yang belum pernah terkena varicella atau cacar air sebaiknya juga mendapatkan vaksin.

Demikian artikel tentang Herpes Zoster. Apakah sekarang kamu lebih paham tentang penyakit ini? 

Apabila kamu mengalami gejala yang mirip dengan yang dijelaskan diatas, lebih baik konsultasikan ke dokter karena seringkali gejala yang muncul mirip dengan penyakit kulit yang lain. Jangan sembarangan membeli obat di apotek tanpa tahu betul penyebabnya. 

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Pertanyaan dan jawaban lain tentang kondisi ini

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit