Doctor men
Ditulis oleh
GRACIA BELINDA
Makanan dan Diet Sehat

Pentingnya Mengonsumsi Asam Folat

Update terakhir: FEB 17, 2020 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 1.613.081 orang

Pentingnya Mengonsumsi Asam Folat

Pada masa kehamilan, salah satu nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh adalah asam folat. Nutrisi vitamin B kompleks larut dalam air ini sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan janin dalam kandungan. Tetapi tak hanya dibutuhkan ketika hamil saja, tetapi mengonsumsi asam folat juga memiliki banyak manfaat bagi tubuh pada usia berapapun.

Tubuh memerlukan kandungan folat untuk membangun dan meningkatkan pertumbuhan karena sifatnya yang multifungsi untuk proses produksi DNA hingga produksi sel darah merah. Folat sendiri merupakan bentuk alami dari vitamin B9 yang berasal dari sumber makanan kaya folat, sementara asam folat sudah dalam bentuk sintesis dari vitamin B9 yang berasal dari suplemen vitamin.

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Nutrisi esensial bagi kesehatan ibu dan perkembangan bayi selama 1000 hari pertama kehidupan. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Blackmores pregnancy   breat feeding gold sku

Fungsi asam folat bagi tubuh

Berikut ini adalah beberapa manfaat asam folat untuk tubuh, antara lain:

Proses pembentukan sel tubuh

Proses pembentukan sel tubuh akan berjalan dengan baik jika didukung dengan jumlah kadar asam folat. Karena asam folat akan bekerja sama dengan vitamin B12 dan vitamin C yang berfungsi membantu tubuh untuk memecah, menggunakan, dan membentuk protein baru. Dari protein baru tersebut, proses akan diteruskan menjadi pembentukan sel darah merah yang kemudian akan menghasilkan DNA dan membangun fondasi dasar tubuh yang membawa informasi genetik.

Mencegah anemia

Karena membentuk sel darah merah adalah salah satu fungsi utama dari asam folat, maka dengan mengonsumsi asam folat yang cukup, produksi sel darah merah pun akan berjalan lancar dan tubuh akan terhindar dari gejala anemia atau kekurangan sel darah merah. Defisiensi vitamin B12 atau folat yang dapat meningkatkan komplikasi penyakit lain termasuk gangguan sistem saraf dan paru-paru disebut juga dengan anemia megaloblastik.

Baca juga: Gejala dan Cara Pengobatan Anemia Defisiensi Vitamin B12 dan Folat

Mengurangi resiko penyakit jantung

Bersamaan dengan vitamin B12, asam folat membantu fungsi jantung yaitu mengurangi pembekuan darah karena darah yang menggumpal dapat menyebabkan penyakit kardiovaskular yang memicu penyakit jantung. Dengan mengonsumsi asam folat, resiko ini bisa diperkecil bahkan terhindar dari serangan jantung

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Nutrisi esensial bagi kesehatan ibu dan perkembangan bayi selama 1000 hari pertama kehidupan. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Blackmores pregnancy   breat feeding gold sku

Menghindari risiko bayi lahir cacat

Asam folat berperan untuk memproduksi, membentuk, dan memperbaiki DNA di mana pembentukan DNA dimulai di saraf pusat sejak janin tumbuh dalam kandungan. Maka dari itu, mengonsumsi asam folat sangat baik untuk menghindari kecacatan pada saraf atau otak janin. Penyakit yang membahayakan janin atau bayi seperti anensefali atau spina bifida pun dapat dihindari dengan konsumsi asam folat cukup.

Baca juga: Bahaya dan Pengobatan Spina Bifida pada Bayi

Membantu menjaga kesehatan rambut dan kuku

Memiliki rambut atau kuku yang tumbuh lama dan susah panjang merupakan salah satu pertanda bahwa sel-sel dalam tubuh membutuhkan waktu lama untuk memperbarui sel. Untuk mengatasi kondisi ini, asam folat berperan penting untuk membantu pertumbuhan rambut karena salah satu fungsinya adalah memperbarui sel-sel yang juga dapat menjaga kesehatan rambut dan kuku. Jika kekurangan asam folat, maka rambut akan mudah rontok, susah panjang, dan kuku yang mudah patah.

Jumlah kebutuhan dan cara mencukupi konsumsi asam folat dalam tubuh

Kebutuhan untuk mencukupi asam folat berbeda di setiap orang berdasarkan usia dan jenis kelaminnya, terutama jika sedang berada di kondisi tertentu seperti masa kehamilan.

Berikut ini adalah kebutuhan asam folat berdasarkan kategorinya:

  • Pria dan wanita yang berusia lebih dari 13 tahun disarankan mengonsumsi 400 mcg asam folat per hari
  • Ibu hamil usia berapapun harus mengonsumsi 500 mcg asam folat per hari
  • Ibu menyusui disarankan mengonsumsi 500 mcg asam folat per hari

Makanan yang mengandung banyak asam folat

Untuk mencukupi konsumsi asam folat dalam tubuh sebaiknya mengonsumsi makanan yang kaya akan asam folat, seperti:

  • Sayuran hijau, seperti bayam, asparagus, kubis, sawi hijau, lobak hijau, brokoli, dan selada
  • Kacang-kacangan, seperti kacang polong, kacang kedelai, kacang merah, kacang hijau, kacang tanah, dan Brussel sprout
  • Biji-bijian seperti gandum, produk olahan gandum (pasta), jagung, dan tepung jagung
  • Buah-buahan, seperti buah bit, melon, pisang, alpukat, pepaya, dan lemon
  • Roti gandum dan sereal
  • Asam lemak omega 3 seperti ikan salmon
  • Hati sapi
  • Susu rendah lemak dan olahan susu
  • Daging unggas
  • Makanan laut atau seafood
  • Telur

Jika kebutuhan asam folat yang berasal dari makanan belum cukup memenuhi kadar folat dalam tubuh, maka Anda dapat mengonsumsi suplemen asam folat yang diresepkan oleh dokter. Hal ini perlu dikonsultasikan dulu untuk menentukan dosis vitamin B yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan tubuh.

Baca juga: Sumber Makanan yang Mengandung Asam Folat

Referensi

Medical News Today. (2018). Why is folate good for you?

Mayo Clinic. Folate (folic acid)

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit