Kebiasaan Sehat

Pentingnya Bulu Ketiak

Dipublish tanggal: Mar 7, 2019 Update terakhir: Feb 11, 2020 Tinjau pada Agu 8, 2019 Waktu baca: 3 menit
Pentingnya Bulu Ketiak

Begitu mendengar kata bulu ketiak, apakah hal pertama yang bakal terlintas di dalam pikiranmu ? Apakah kamu langsung berpikir mengenai kata ‘jijik’, atau bau tidak sedap atau hal yang harus dimusnahkan atau mungkin hal yang memalukan dan paling tidak kamu harapkan kehadirannya pada tubuhmu ?

Memang kehadiran bulu ketiak merupakan hal yang berbeda bagi pria dan wanita dimana bagi kaum pria bulu ketiak layaknya bulu lainnya yang normal dan wajar terjadi serta tidak terlalu mengganggu penampilan. 

Iklan dari HonestDocs
Brightening And Hair Removal By Pulse Light di Genese Clinic

Perawatan ini berfungsi untuk menghilangkan rambut pada area keringat. Perawatan ini di lakukan oleh dokter.

Brightening and hair removal by pulse light di genese clinic

Hal ini tentunya berbanding terbalik mengenai kehadiran si bulu ketiak pada kaum wanita dimana akan terasa sangat mengganggu dan hampir setiap wanita di dunia akan segera mencukur, mencabut atau melakukan banyak usaha untuk menghilangkan bulu ketiaknya atau agar bulu ketiaknya tidak terlihat di publik. 

Lalu pernahkah kamu berpikir bahwa bulu ketiak juga memiliki fungsi untuk kesehatan tubuh mu? Simak lebih lanjut artikel ini untuk mengetahui jawabannya.

Manfaat dari bulu ketiak

Seluruh tubuh manusia ialah sempurna karena Tuhan menciptakan manusia sebegitu rupa detail dan bentuknya dan tentunya apapu yang ada pada tubuh manusia memiliki fungsi yang baik bagi kesehatan dan tubuh si manusia itu sendiri. 

Begitupun dengan bulu ketiak, Tuhan menciptakan tumbuhnya bulu pada bagian ketiak manusia tentu juga memiliki fungsi yang baik bagi manusia. Berikut ialah fungsi dan manfaat dari hadirnya bulu pada ketiak tubuh kamu yaitu:

  • Melindungi Ketiak Mu dari Gesekan
    Bulu pada ketiakmu akan melindungi kulitmu dari berbagai gesekan yang datang dari luar.

    Bisa dikatakan bahwa ketika ada sesuatu benda asing dari luar tubuhmu yang ingin mencoba masuk ke area ketiakmu, maka benda tersebut akan tertahan dulu pada bagian kulit ketiakmu sehingga secara tidak langsung bulu pada ketiakmu mampu melindungimu dari gesekan gesekan yang mungkin terjadi. 

    Contohnya ialah ketika kamu memakai deodoran ataupun menyemprotkan parfum ke area ketiakmu, maka cairan pada deodoran ataupun pada parfum tidak akan langsung mengenai bagian kulit ketiakmu sehingga kulit ketiakmu tidak terpapar terlalu banyak zat zat kimia yang mungkin dapat menyebabkan infeksi pada kulit ketiakmu.
  • Melindungi Ketiak Mu dari Kotoran
    Pastinya kamu pernah merasakan ketiak yang berbau kurang sedap, hal ini dikarenakan karena mudahnya kotoran yang masuk ke dalam kulit ketiakmu sehingga menyebabkan timbulnya bau tak sedap pada area ketiakmu.

    Bila kamu memiliki bulu pada ketiak, maka kotoran yang mau masuk ke ketiak mu juga terhalang oleh kehadiran para bulu ketiak ini sehingga tidak mudah menyebabkan bau tak sedap pada ketiak mu.
  • Melindungi Payudara Mu
    Fungsi bulu ketiak dalam melindungi payudara dikarenakan pada bagian ketiak ada kelenjar yang berhubungan langsung dengan payudaramu sehingga dengan adanya bulu pada bagian ketiak selain melindungi ketiakmu dari kotoran yang akan masuk, secara otomatis pun akan melindungi payudaramu dari kotoran yang mau masuk ke ketiakmu.

    Perlu diingat khususnya untuk kaum hawa bahwa payudara ialah salah satu alat vital yang harus selalu dijaga oleh para wanita karena fungsi pentingnya sebagai media menyusui dari seorang ibu kepada anaknya.
  • Membantu Kamu Menarik Perhatian Lawan Jenis
    Uji medis dan kesehatan menyatakan bahwa pada ketiak terdapat kelenjar aprokin. Kelenjar aprokin ialah kelenjar yang dapat mengeluarkan bau tertentu yang akan menarik perhatian lawan jenis secara tidak langsung pada dirimu.

    Oleh sebab itu makanya dapat disebut bahwa bulu pada ketiak dapat membantu kamu menarik perhatian lawan jenis mu.

Maka dengan itu sebaiknya kamu dapat merawat kesehatan ketiakmu dan tidak mencukur habis bulu pada ketiakmu sehingga kamu pun dapat merasakan berbagai manfaat ajaib yang bulu ketiak dapat berikan bagi kesehatan tubuhmu. 

Ada sedikit trik dan tips untuk kamu dalam merawat kesehatan area ketiakmu yaitu dengam menggunakan campuran air timun dan lemon yang dipercaya mampu membantu regenerasi kulit pada bagian ketiakmu sehingga kulit pada ketiak lebih fresh dan terawat. 

Vitamin pada lemon pun dipercaya mampu menghilangkan warna kehitaman pada ketiak sehingga ketiakmu akan terlihat lebih cerah. Semoga artikel ini dapat membantu dan memberikan tambahan informasi mengenai pentingnya bulu ketiak untuk kesehatanmu. 

2 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Grace Gallagher, Underarm Hair (https://www.healthline.com/health/shaving-arms), 28 June 2019.
The Nervous Googler, Underarm Hair (https://www.health.com/condition/skin-conditions/is-it-just-me-armpit-hair), 20 March 2019.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Buka di app