Pasangan Kembali Merokok Lagi

Dipublish tanggal: Jun 20, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
Pasangan Kembali Merokok Lagi

Merokok melepaskan ribuan zat kimia ke dalam tubuh Anda. Hasilnya tidak hanya akan merusak paru-paru Anda, tetapi juga jantung Anda dan banyak struktur tubuh lainnya. 

Tetapi meskipun Anda telah merokok selama bertahun-tahun, Anda bisa membalikkan efek ini dan merasakan manfaat kesehatan dari awal Anda berhenti merokok hingga bertahun-tahun setelah Anda berhenti merokok. Berikut adalah beberapa hal sehat yang bisa Anda rasakan jika Anda berhenti merokok sekarang.

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

20 menit setelah rokok terakhir Anda

Efek kesehatan positif yang Anda rasakan setelah berhenti merokok dimulai sejak 20 menit setelah rokok terakhir Anda. Tekanan darah dan denyut Anda akan mulai kembali ke rentang yang lebih normal. 

Selain itu, serat pada tabung bronkial yang tidak bisa bergerak dengan baik karena paparan rokok akan mulai mulai bergerak kembali. Hal ini sangat bermanfaat bagi paru-paru: serat ini membantu menghilangkan iritan dan bakteri keluar dari paru-paru, membantu mengurangi risiko infeksi.

8 jam setelah rokok terakhir Anda

Dalam delapan jam, kadar monoksida Anda akan kembali ke kadar yang lebih normal. Karbon monoksida adalah zat kimia yang ada pada asap rokok yang menggantikan partikel oksigen di dalam darah, menurunkan jumlah oksigen yang diterima oleh jaringan Anda. 

Saat karbon monoksida tidak ada, kadar oksigen akan meningkat ke rentang yang lebih normal. Peningkatan oksigen ini membantu menutrisi jaringan dan saluran darah yang mendapatkan oksigen yang lebih sedikit pada saat Anda merokok.

24 jam setelah rokok terakhir Anda

Pada satu hari Anda tidak merokok, Anda telah mengurangi risiko Anda terkena serangan jantung. Hal ini karena berkurangnya penyempitan pembuluh vena dan arteri dan juga peningkatan kadar oksigen yang masuk ke dalam jantung untuk meningkatkan fungsinya. 

Kadar nikotin di dalam aliran darah Anda juga akan menurun hingga jumlah yang sedikit pada waktu ini.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Jantung via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 10

48 jam setelah rokok terakhir Anda

Pada 48 jam, ujung saraf yang rusak akan tumbuh kembali. Anda mungkin juga merasa indra yang mulanya tumpul karena merokok menjadi membaik. Anda mungkin menyadari bahwa Anda merasakan dan mencium ha-hal dengan lebih baik daripada sebelumnya.

72 jam setelah rokok terakhir Anda

Pada 3 hari Anda berhenti merokok, Anda akan merasa lebih mudah untuk bernafas. Hal ini karena tabung broknial di dalam paru-paru menjadi rileks dan membuka lebih lebar. 

Hal ini membuat pertukaran udara antara karbon dioksida dan oksigen menjadi lebih mudah. Selain itu, kapasitas paru-paru Anda, atau kemampuan paru-paru Anda terisi udara, meningkat sekitar tiga hari setelah Anda berhenti merokok.

Seminggu setelah rokok terakhir Anda

Pada minggu pertama merupakan hal yang paling penting tidak hanya untuk kesehatan Anda, tetapi juga untuk kesuksesan Anda dalam berhenti merokok jangka panjang. Perokok yang secara sukses berhasil berhenti merokok selama seminggu tanpa merokok sekalipun akan sembilan kali lebih mungkin untuk secara sukses berhenti. 

Kesempatan berhenti merokok untuk kesehatan akan meningkat dalam setiap percobaan. Jika Anda berhasil tidak merokok selama seminggu, Anda bisa berhenti seumur hidup.

Dua minggu setelah rokok terakhir Anda

Selama dua minggu Anda tidak merokok, Anda akan merasa Anda tidak hanya lebih mudah bernafas. Anda juga berjalan dengan lebih mudah. Hal ini dikarenakan peredaran darah dan oksigenasi yang lebih baik. Fungsi paru-paru Anda akan meningkat sebanyak 30 persen pada dua minggu setelah Anda berhenti merokok, berdasarkan University of Michigan.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Jantung via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 10

Satu bulan setelah rokok terakhir Anda

Dalam waktu satu bulan kurang, Anda akan merasakan banyak perubahan kesehatan berhubungan dengan berhenti merokok. Salah satunya adalah peningkatan energi keseluruhan. Anda juga akan menyadari bahwa gejala yang muncul akibat merokok telah berkurang, seperti sumbatan sinus dan nafas yang pendek dengan berolahraga. 

Selain manfaat tersebut, serat pada paru-paru Anda yang menjaga paru-paru tetap sehat akan tumbuh kembali. Serat ini membantu mengurangi lendir yang menumpuk secara berlebihan dan melindungi dari infeksi bakteri.

Kesimpulan

Banyak manfaat kesehatan yang bisa Anda dapatkan dengan berhenti merokok, saatnya berhenti merokok sekarang. Anda bisa menggunakan sumber-sumber untuk berhenti merokok seperti dengan berbicara dengan dokter atau konselor kesehatan. 

Dapatkan juga dukungan dari orang-orang terdekat. Rayakan keberhasilan Anda setiap kali Anda berhasil, Anda pantas mendapatkannya.

12 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app