Panduan Mudah Menurunkan Berat Badan dengan Buah dan Pola Hidup Sehat

Buah-buahan kaya akan serat yang sangat baik untuk menjaga berat badan tetap ideal. Buah juga mengandung banyak vitamin, mineral serta antioksidan yang bagi untuk tubuh. Beberapa buah di bawah ini sangat tepat Anda konsumsi jika Anda ingin menurunkan berat badan, seperti:
Dipublish tanggal: Agu 24, 2019 Update terakhir: Okt 27, 2020 Tinjau pada Mar 17, 2020 Waktu baca: 2 menit
Panduan Mudah Menurunkan Berat Badan dengan Buah dan Pola Hidup Sehat

Banyak orang memiliki masalah pada berat badannya, seperti kelebihan berat badan atau bahkan kekurangan berat badan. Seseorang yang memiliki berat badan berlebih umumnya memiliki keluhan berupa kesulitan untuk menurunkan berat badan. 

Ada beberapa hal yang menyebabkan berat badan sulit turun, misalnya hanya mengandalkan suplemen pelangsing tanpa mengubah pola gaya hidup.

Iklan dari HonestDocs
Meso Slimming Treatment di Reface Clinic

Meso Slimming merupakan teknik non-bedah kosmetik dimana mikroskopis kecil dari obat-obatan kelas medis, vitamin, mineral dan asam amino disuntikkan ke dalam lapisan kulit. Penyuntikan dilakukan pada bagian atas dan tengah untuk mengatasi berbagai jenis masalah penumpukan lemak. Suntikan akan diberikan ke dalam mesoderm, yaitu lapisan lemak dan jaringan di bawah kulit. Befungsi untuk menghilangkan lemak tubuh yang tidak diinginkan dan selulit.

Meso slimming treatment di reface clinic

Sebenarnya ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan berat badan ideal, salah satunya dengan konsumsi buah-buahan yang tepat. Selain itu iringi dengan gaya hidup sehat agar mendapatkan berat badan yang ideal. Berikut ini panduan lengkapnya.

Beberapa jenis buah yang efektif menurunkan berat badan

Buah-buahan kaya akan serat yang sangat baik untuk menjaga berat badan tetap ideal. Buah juga mengandung banyak vitamin, mineral serta antioksidan yang bagi untuk tubuh. Beberapa buah di bawah ini sangat tepat Anda konsumsi jika Anda ingin menurunkan berat badan, seperti:

1. Buah anggur

Anggur merupakan salah satu jenis buah yang sangat ampuh membantu menurunkan berat badan. Anda disarankan untuk mengkonsumsi buah anggur selama satu minggu setiap sebelum makan untuk membantu menurunkan 0,5 kg berat badan.

Anggur mengandung air hingga 90 persen sehingga akan membantu membuat Anda lebih cepat merasa kenyang. Ketika Anda lebih cepat merasa kenyang, maka keinginan untuk menambah porsi akan berkurang.

2. Alpukat

Alpukat merupakan salah satu buah yang sering disalahartikan sebagai penyebab kegendutan karena mengandung lemak. Padahal sebuah penelitian menunjukkan bahwa konsumsi buah alpukat secara rutin bisa membantu menurunkan berat badan dan mengecilkan lingkar pinggang.

Penelitian juga menunjukkan bahwa konsumsi buah alpukat sebanyak setengah biji di siang hari akan membuat seseorang lebih cepat kenyang sehingga tidak ingin mengemil. Hal ini dikarenakan alpukat mengandung asam oleat.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

3. Jeruk

Jeruk mengandung banyak serat serta kalori yang cukup rendah, yaitu hanya 59 kalori. Karena kandungan seratnya yang tinggi, jeruk ditempatkan sebagai daftar tertinggi makanan yang cepat mengenyangkan.

4. Pisang

Pisang mengandung serat yang cukup tinggi sehingga dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Anda bahkan dapat mencukupi 23 persen (6 gram) kebutuhan serat harian ketika mengkonsumsi buah pisang berukuran sedang.

5. Pir

Konsumsi buah pir disarankan bersama dengan kulitnya. Hal ini dikarenakan kandungan serat terbanyak justru terdapat pada kulit buah pir. Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi pir sebanyak tiga buah akan membuat seorang wanita mengkonsumsi kalori harian lebih sedikit.

Selain konsumsi buah-buahan, Anda juga harus mengimbanginya dengan menjalani pola hidup yang sehat agar mendapatkan berat badan yang ideal. Berikut ini adalah pola hidup sehat yang harus Anda jalani agar berat badan berkurang.

Pola hidup sehat untuk mengurangi berat badan

Berikut beberapa pola hidup sehat yang dapat Anda ikuti, seperti:

1. Sarapan sehat setiap hari

Merupakan sebuah kesalahan ketika Anda ingin menurunkan berat badan namun justru menghindari sarapan. Sarapan merupakan bagian terpenting untuk memulai hari karena sarapan akan memberikan nutrisi yang cukup setelah semalaman tidak makan. Efeknya adalah keinginan untuk ngemil juga akan berkurang.

2. Minum air sebelum makan

Ketika Anda minum air sebelum makan, maka Anda akan lebih cepat merasa kenyang karena perut telah terisi oleh air sebelumnya. Dengan minum cukup air sebelum makan, otomatis hal ini akan membantu Anda untuk mengurangi porsi makan sehingga berat badan dapat berkurang.

3. Makan dengan perlahan

Makan dengan perlahan dapat membantu Anda untuk mengurangi porsi makan. Ketika Anda makan perlahan, maka otak akan menerima sinyal rasa kenyang dari tubuh sebelum Anda makan terlalu banyak.

5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Fruits for Weight Loss: How and When to Eat Fruit to Slim Down. Health.com. (https://www.health.com/weight-loss/best-fruits-for-weight-loss)
Does Fruit Help You Lose Weight?. Healthline. (https://www.healthline.com/nutrition/fruit-and-weight-loss)
12 tips to help you lose weight on the 12-week plan. NHS (National Health Service). (https://www.nhs.uk/live-well/healthy-weight/12-tips-to-help-you-lose-weight/)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app