Panduan Mendapatkan Berat Badan Ideal Bagi Wanita

Dipublish tanggal: Jul 31, 2019 Update terakhir: Okt 27, 2020 Waktu baca: 2 menit
Panduan Mendapatkan Berat Badan Ideal Bagi Wanita

Memiliki berat badan ideal tentu menjadi impian setiap orang, terutama kaum hawa. Berat badan ideal dianggap dapat merepresentasikan bentuk tubuh proporsional yang sesuai dengan standar kesehatan juga kecantikan wanita. Sebaliknya, tubuh yang terlalu kurus juga mungkin kurang menarik untuk dilihat karena bisa terkesan Anda mengalami kekurangan nutrisi.

Oleh sebab itu, jika Anda merasa terlalu kurus, sebaiknya Anda segera melakukan beberapa cara untuk menambah berat badan agar mencapai berat badan ideal. Walau terlihat mudah, tetapi usaha untuk menambah berat badan memerlukan niat yang kuat, sama seperti halnya dengan usaha menurunkan berat badan.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Diet via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 38

Apakah berat badan Anda sudah cukup ideal?

Sebelum memutuskan menjalani program yang tepat, baik program menaikkan berat badan maupun program penurunan berat badan, Anda tentu harus mengetahui terlebih dahulu apakah berat badan Anda sudah ideal atau belum. Berat badan ideal seseorang merupakan berat badan proporsional yang disesuaikan dengan tinggi badan, jenis kelamin hingga faktor usia.

Rumus untuk mengetahui berat badan ideal, yaitu dengan Body Mass Index (BMI) yang dihitung menyesuaikan tinggi badan. Rumusnya adalah dengan membagi berat badan (kg) dengan tinggi badan dipangkat dua (meter persegi). 

Contoh sederhananya adalah jika Anda memiliki berat badan 60 kg dan tinggi badan 155 cm. Maka BMI Anda adalah 60 / (1,55 x 1,55) = 24,9. Menurut tabel BMI, maka berat badan Anda berada dalam kategori normal.

Tabel BMI sendiri dibagi dalam lima klasifikasi, yaitu:

  • Di bawah massa tubuh ideal = Skor BMI (<18,5)
  • Normal = Skor BMI (18,5 – 24,9)
  • Kelebihan berat badan = Skor BMI (25.0 – 29.0)
  • Obesitas = Skor BMI (30.0 – 40.0)
  • Obesitas ekstrim = Skor BMI (>40.0)

Anda tinggal menghitung berat badan dan tinggi badan ideal Anda sesuai dengan tabel BMI di atas.

Tips Menambah Berat Badan Ideal

Lebih sering mengonsumsi makanan

Ini merupakan salah satu cara untuk menambah berat badan, yaitu dengan menambah intensitas atau jumlah waktu makan. Umumnya, orang yang memiliki berat badan kurang akan memiliki porsi makan yang lebih sedikit. Apabila porsi makan Anda memang lebih sedikit, maka sebaiknya tambah intensitas jumlah waktu makan Anda.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Konsumsi makanan yang sehat dan kaya nutrisi

Makan tidak asal makan. Untuk menambah berat badan, Anda sebaiknya konsumsi makanan yang kaya nutrisi dan bergizi. Dengan melakukan program menambah berat badan, tidak berarti Anda disarankan mengonsumsi terlalu banyak makanan tinggi gula dan lemak. Untuk menaikkan berat badan, konsumsilah makanan dengan gizi seimbang seperti sayur-sayuran, buah, kacang-kacangan, dan makanan sumber protein tanpa lemak.

Baca juga: Makanan Sehat untuk Menambah Berat Badan

Menambah kalori

Sebaiknya tambahkan jumlah kalori dalam makanan Anda. Misalnya mengonsumsi roti dengan gandum utuh yang ditambahkan telur dadar ataupun keju parut. Meski Anda disarankan menambah kalori pada makanan, sebaiknya tetap awasi jumlah glukosa dan lemak yang Anda konsumsi setiap hari, jangan sampai berlebihan juga.

Konsumsi jus

Konsumsi jus ataupun smoothies juga dapat menjadi teman makan Anda setiap hari. Smoothies sendiri merupakan minuman dari buah-buahan serta kacang-kacangan yang dicampurkan dengan yoghurt maupun susu. Semua bahan ini kemudian dicampur dengan cara diblender agar lebih halus. Ganti minuman seperti minuman soda, kopi maupun minuman lain yang sedikit nutrisinya dengan jus.

Olahraga

Orang kurus tidak berarti harus menghindari olahraga. Olahraga tidak hanya baik untuk mengurangi berat badan, namun dapat membantu Anda mendapatkan berat badan ideal dengan membentuk otot pada tubuh. Selain itu, olahraga dapat meningkatkan nafsu makan. Imbangi olahraga dengan konsumsi makanan kaya protein seperti susu rendah lemak.

Baca juga: Cara Lain Menambah Berat Badan

18 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Walpole SC, et al. (2012). The weight of nations: An estimation of adult human biomass. DOI: (https://doi.org/10.1186/1471-2458-12-439)
U.S. Department of Health and Human Services. (2018). Physical activity guidelines for Americans, 2nd edition. (https://health.gov/paguidelines/second-edition/pdf/Physical_Activity_Guidelines_2nd_edition.pdf)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app