Manfaat Minyak Kelapa Untuk Menghilangkan Stretch Marks

Dipublish tanggal: Okt 30, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Des 30, 2019 Waktu baca: 3 menit
Manfaat Minyak Kelapa Untuk Menghilangkan Stretch Marks

Minyak kelapa adalah asam lemak rantai sedang yang terdiri dari asam lemak bebas, termasuk asam laurat dan asam kaprat. Jenis minyak ini memiliki sifat antimikroba, antijamur, dan antivirus. Minyak kelapa menyerap dengan mudah ke dalam kulit sehingga dapat mencegah kerusakan akibat radikal bebas. Selain itu, minyak kelapa juga dapat meningkatkan kualitas dan penampilan keseluruhan dari kulit kering dan rusak.

Minyak kelapa yang tersedia memiliki kualitas yang sangat bervariasi. Minyak kelapa organik adalah bentuk minyak kelapa paling murni dan merupakan jenis terbaik untuk menjaga kesehatan kulit.

Iklan dari HonestDocs
Beli IMBOOST FORCE 10TAB 1 STRIP via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Imboost force tablet 4

Baca selengkapnya: Manfaat Minyak Kelapa untuk Kesehatan Kulit

Apa itu stretch mark?

Stretch mark adalah bekas luka yang dapat terjadi akibat peregangan pada kulit yang terlalu cepat atau melebihi kapasitas elastisnya. Kondisi ini dapat terjadi pada pria maupun wanita. Stretch mark bukan merupakan gangguan medis namun dapat mengganggu penampilan serta rasa percaya diri seseorang. Beberapa orang mungkin ingin mencoba untuk mencegah atau mengurangi bentuk stretch mark ini, salah satunya dengan menggunakan minyak kelapa. 

Mengoleskan minyak kelapa murni secara konsisten ke kulit, baik tunggal atau bersamaan dengan minyak emolien lainnya dapat membantu mengurangi terjadinya stretch mark atau mempercepat penyembuhan sisa kulit yang meregang. Bila minyak kelapa digunakan secara teratur hal tersebut dapat membantu mengurangi penampilan bekas stretch mark.

Stretch mark sendiri disebabkan ketika lapisan bawah jaringan ikat kulit (dermis) melar melebihi kapasitas sehingga menyebabkan terbentuknya suatu robekan. Ketika kulit terus meregang, maka kulit akan melemah dan memecah serat kolagen di dalam lapisan. Hal ini menyebabkan pembuluh darah di bawahnya akan terlihat. Itulah sebabnya mengapa stretch mark tampak merah atau keunguan dan terkadang terlihat sedikit menonjol.

Selain itu, seseorang yang memiliki jenis kulit kering akan memiliki elastisitas yang lebih sedikit sehingg lebih mudah robek dibandingkan kulit yang bergizi dan terhidrasi. Untuk itu, menjaga kulit tetap lembap dapat membantu menghilangkan atau mengurangi terjadinya stretch mark. Penggunaan minyak kelapa secara rutin dapat membantu menjaga kulit tetap terhidrasi dan kenyal. Selain itu, harus diimbangi pula dengan kebiasaan banyak minum air putih agar dapat membantu mencegah munculnya stretch mark.

Stretch mark sendiri dapat terjadi di berbagai bagian tubuh di mana kulit dapat menjadi melar, seperti pada payudara, perut, paha, bokong, serta lengan bagian atas. Kondisi ini biasanya terjadi akibat faktor kehamilan, latihan angkat beban atau olahraga pembentukan otot, masa pembentukan payudara saat pubertas, serta peningkatan berat badan berlebih.

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES PREGNANCY & BREAST FEEDING GOLD 60CAP 1 BOTOL via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores pregnancy breast feeding gold 60 1

Stretch mark tidak menyakitkan dan bukan merupakan masalah kesehatan. Karena stretch mark adalah bekas luka, kondisi ini dapat dihilangkan melalui pembedahan, begitu mereka muncul. Penampilan stretch mark ini juga dapat dikurangi melalui penggunaan perawatan pelembab seperti minyak kelapa.

Stretch mark tidak dapat dihilangkan dengan menggunakan minyak kelapa atau produk lain yang dioleskan. Tetapi minyak kelapa dapat memperbaiki penampilan kulit secara keseluruhan, yang dapat mengurangi tampilan stretch mark. Ini juga dapat meningkatkan penyembuhan dan mencegah timbulnya stretch mark.

Manfaat minyak kelapa untuk menghilangkan stretch mark

Pencegahan stretch mark dengan minyak kelapa

Minyak kelapa memiliki tingkat kelembapan yang tinggi dan dapat membantu menjaga kulit tetap terhidrasi. Kandungan asam lauratnya juga membuatnya mudah terserap jauh ke dalam lapisan kulit yang memiliki efek positif pada produksi kolagen. Gunakan minyak kelapa sebagai pengobatan topikal atau coba masukkan ke dalam bak mandi untuk mendapatkan kulit yang lembut.

Penyembuhan stretch mark dengan minyak kelapa

Minyak kelapa memiliki sifat anti-inflamasi dan dapat membantu mengurangi waktu penyembuhan untuk stretch mark yang ada. Kemampuannya untuk melembabkan kulit dalam juga dapat membantu mengurangi rasa gatal yang terkait dengan stretch mark.

Memperbaiki penampilan

Minyak kelapa terkadang digunakan untuk mencerahkan kulit. Anda dapat mencoba memijatnya langsung ke stretch mark untuk meringankan gejala atau mencampurnya dengan jus lemon sebelum digunakan.

Secara umum minyak kelapa dapat diterima karena aman digunakan. Namun jika Anda alergi terhadap kelapa jangan gunakan minyak kelapa. Beberapa orang yang alergi terhadap hazelnut atau kenari juga memiliki sensitivitas alergi terhadap kelapa dan mungkin tidak dapat menggunakan minyak kelapa.

11 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Ud-Din S, et al. (2016). Topical management of striae distensae (stretch marks): prevention and therapy of striae rubrae and albae. DOI: (https://doi.org/10.1111/jdv.13223)
Nevin KG, et al. (2010). Effect of topical application of virgin coconut oil on skin components and antioxidant status during dermal wound healing in young rats. DOI: (https://doi.org/10.1159/000313516)
Lin T-K, et al. (2018). Anti-inflammatory and skin barrier repair effects of topical application of some plant oils. DOI: (https://doi.org/10.3390/ijms19010070)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Artikel selanjutnya
Bagaimana Caranya Menghilangkan Stretch Mark?
Bagaimana Caranya Menghilangkan Stretch Mark?

Anda dapat menggunakan minyak-minyak kan untuk mengatasinya. Penggunaan minyak esensial bekerja untuk memudarkan stretch pada bagian tubuh Anda. Berikut beberapa minyak esensial yang dapat Anda gunakan.

Buka di app