ADELIA MARISTA SAFITRI, S.K.M
Ditulis oleh
ADELIA MARISTA SAFITRI, S.K.M
DR. KARTIKA MAYASARI
Ditinjau oleh
DR. KARTIKA MAYASARI

Methylparaben: Manfaat, Dosis, & Efek Samping

Dipublish tanggal: Sep 4, 2020 Update terakhir: Sep 4, 2020 Waktu baca: 3 menit

Ringkasan

Buka

Tutup

  • Methylparaben adalah salah satu jenis paraben yang paling sering digunakan pada produk kosmetik, farmasi, makanan, hingga minuman.
  • Zat ini bisa masuk ke dalam tubuh melalui ditelan (dari obat), dimakan (dari makanan), atau diserap melalui kulit (dari produk kecantikan).
  • Manfaat methylparaben dapat membantu mencegah timbulnya jamur dan bakteri, sehingga kualitas produk tetap terjaga.
  • Tidak untuk orang-orang dengan kulit sensitif, alergi terhadap paraben, atau memiliki eksim pada kulit.
  • Sebaiknya dikonsultasikan dulu dengan dokter sebelum menggunakan produk kecantikan apa pun saat hamil atau menyusui.
  • Klik untuk mendapatkan methylparaben atau produk perawatan kecantikan lainnya ke rumah Anda di HDmall. *Gratis ongkir ke seluruh Indonesia & bisa COD.

Methylparaben adalah salah satu jenis paraben yang paling sering digunakan pada produk kosmetik. Zat ini digunakan sebagai pengawet untuk membantu mencegah timbulnya jamur dan bakteri serta menjaga kualitas produk.

Paraben sendiri merupakan bahan kimia buatan manusia yang digunakan dalam jumlah kecil pada kosmetik, farmasi, makanan, hingga minuman. Maka itu, zat ini bisa masuk ke dalam tubuh melalui banyak cara, bisa dengan ditelan (dari obat), dimakan (dari makanan), atau diserap melalui kulit (dari produk kecantikan).

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Satu produk mungkin saja mengandung lebih dari 1 jenis paraben, bisa berupa methylparaben, ethylparaben, propylparaben, atau butylparaben. Secara alami, methylparaben dapat ditemukan dalam buah-buahan seperti blueberry.

Mengenai Methylparaben

Golongan

-

Kemasan

-

Kandungan

Methylparaben

Manfaat Methylparaben

Methylparaben memiliki sifat antimikroba yang mampu mencegah pembusukan makanan. Karena itulah, zat ini sering ditambahkan (meski dalam jumlah kecil) ke dalam produk agar bisa bertahan lama dalam kondisi baik.

Berbagai manfaat methylparaben adalah sebagai berikut:

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20
  • Mencegah timbulnya jamur dan bakteri pada produk
  • Menjaga kualitas produk

Methylparaben dapat ditemukan pada produk kosmetik seperti makeup, perawatan rambut, pelembap, dan beberapa deodoran. Untuk mengetahui ada atau tidaknya zat ini pada produk Anda, baca komposisi dan kandungan yang tertera pada label kemasan.

Kontraindikasi

Produk mengandung methylparaben tidak boleh digunakan oleh orang-orang dengan kondisi berikut:

  • Kulit sensitif
  • Alergi terhadap paraben
  • Kulit eksim

Efek samping Methylparaben

Kandungan methylparaben dapat masuk ke dalam tubuh melalui banyak cara. Bisa dengan ditelan (dari obat), dimakan (dari makanan), atau diserap melalui kulit (dari produk kecantikan).

Setelah itu, methylparaben akan dihidrolisis menjadi asam para-hidroksibenzoat dan dimetabolisme dengan cepat sampai keluar lewat urine. Tidak ada bukti bahwa paraben akan terakumulasi dalam tubuh, sehingga FDA di Amerika Serikat (setara Badan POM di Indonesia) menganggap paraben sebagai zat yang aman.

Methylparaben tampaknya tidak menyebabkan iritasi saat digunakan secara topikal (oles). Meski begitu, tetap waspadai risiko efek samping methylparaben yang mungkin terjadi berupa reaksi alergi atau dermatitis kontak, seperti:

  • Gatal
  • Timbul benjolan
  • Kulit kering dan bersisik
  • Bengkak
  • Nyeri saat ditekan
  • Kulit panas seperti terbakar

Pernyataan bahwa methylparaben dapat menyebabkan kanker payudara adalah tidak benar. Bahkan, Environmental Working Group (EWG) mencantumkan risiko methylparaben terhadap kanker dan racun reproduksi adalah 0%. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Hentikan penggunaan produk jika efek samping terus terjadi bahkan memburuk. Segera konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Dosis Methylparaben

Dalam berbagai produk kosmetik, kandungan paraben di dalamnya umumnya sangat rendah, yaitu hanya sekitar 1% atau bahkan biasanya hanya 0,01-0,3%. Hal ini bisa dilihat dari letak paraben dalam komposisi suatu produk, biasanya ada di bagian bawah ingredients list.

Interaksi Methylparaben

Potensi interaksi obat terjadi ketika digunakan bersamaan dengan obat lain, sehingga dapat mengubah cara kerja herbal. Sebagai akibatnya, obat tidak dapat bekerja dengan maksimal atau bahkan menimbulkan racun yang membahayakan tubuh.

Oleh sebab itu, penting untuk mengetahui obat apa saja yang sedang Anda konsumsi dan beri tahukan kepada dokter sebelum menggunakan obat atau produk jenis apa pun.

Perhatian

Hal-hal yang harus diperhatikan selama menggunakan produk mengandung methylparaben adalah sebagai berikut:

  • Pastikan untuk selalu cek KLIK (kemasan, label, izin, dan kedaluwarsa) setiap produk sebelum membeli atau menggunakannya.
  • Pastikan produk yang Anda punya memiliki Nomor Izin Edar (NIE) dan terdaftar dalam web resmi BPOM. Hal ini menjadi tanda bahwa produk tersebut mengantongi izin resmi, sudah teruji, dan dijamin aman oleh BPOM.
  • Sebaiknya dikonsultasikan dulu dengan dokter sebelum menggunakan produk kecantikan apa pun saat hamil atau menyusui.

Artikel terkait:


7 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
FDA. Parabens in Cosmetics. (https://www.fda.gov/cosmetics/cosmetic-ingredients/parabens-cosmetics). 22 Februari 2018.
Scientific American. Should People Be Concerned about Parabens in Beauty Products? (https://www.scientificamerican.com/article/should-people-be-concerned-about-parabens-in-beauty-products/). 6 Oktober 2014.

Artikel ini hanya sebagai informasi obat, bukan anjuran medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter atau apoteker mengenai informasi akurat seputar obat.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp
Buka di app