Doctor men
Ditinjau oleh
DR SCIENTIA INU KIRANA

Menstruasi Tidak Teratur -Penyebab,Gejala,dan Pengobatannya

Update terakhir: Aug 13, 2019 Tinjau pada Sep 4, 2019 Waktu baca: 7 menit
Telah dibaca 1.081.985 orang

Durasi dan tingkat keparahan perdarahan menstruasi akan bervariasi dari setiap wanita. Menoragia adalah istilah medis untuk periode menstruasi dimana terjadi perdarahan yang berat, berkepanjangan, atau tidak teratur.

Gejala menorrhagia termasuk periode menstruasi yang berlangsung lebih dari tujuh hari, dan terjadi perdarahan yang sangat berat sehingga Anda harus mengganti tampon atau pembalut lebih dari sekali per jam. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat GRATIS Ongkir via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir minimal pembelanjaan Rp50.000.

Istock 943974286

Anda harus mengunjungi dokter jika memiliki periode menstruasi yang terlalu berat atau berkepanjangan yang mengganggu kehidupan Anda sehari-hari.

Pendarahan yang berlebihan dapat menyebabkan terjadinya anemia, atau kadar hemoglobin rendah, dan mungkin menandakan suatu kondisi medis yang mendasarinya. Dalam kebanyakan kasus, seorang dokter dapat berhasil mengobati periode menstruasi yang tidak teratur.

Apa penyebab Menstruasi yang tidak teratur?

Siklus menstruasi yang berat atau tidak teratur dapat disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk:

Obat-obatan

Beberapa obat antiinflamasi, antikoagulan, atau obat hormon dapat mempengaruhi perdarahan menstruasi.

Pendarahan hebat bisa menjadi efek samping dari alat kontrasepsi yang digunakan untuk kontrasepsi.

Ketidakseimbangan hormon

Hormon estrogen dan progesteron berfungsi untuk mengatur penumpukan lapisan rahim. Ketika siklus hormone estrogen dan progesterone terganggu seperti produksi yang berlebihan akan membuat perdarahan atau luruhnya dinding rahim juga berkepanjangan.

Ketidakseimbangan hormon paling sering terjadi pada wanita yang baru memulai siklus menstruasi dalam satu setengah tahun terakhir. Kondisi ini juga sering terjadi pada wanita yang sedang mendekati waktu menopause.

Kondisi medis

Penyakit Radang Panggul

Penyakit radang panggul dan infeksi lainnya dapat menyebabkan menstruasi yang tidak teratur, seperti halnya endometriosis. Endometriosis adalah suatu kondisi di mana jaringan yang melapisi bagian dalam rahim mulai tumbuh di tempat lain di dalam tubuh. 

Hal ini bisa menyebabkan pendarahan hebat, dan juga rasa sakit.

Kelainan Gangguan Darah Bawaan

Pendarahan menstruasi yang berat juga bisa disebabkan oleh beberapa kelainan darah bawaan yang dapat mempengaruhi pembekuan darah.

Pertumbuhan Tumor Jinak atau Kanker

Kanker serviksovarium, atau rahim semuanya dapat menyebabkan perdarahan hebat, tetapi kondisi ini tidak umum terjadi. Tumor jinak, di dalam rahim dapat menyebabkan perdarahan hebat atau menstruasi yang lama. 

Pertumbuhan tumor jinak di lapisan rahim (endometrium) dapat menyebabkan periode menstruasi yang berat atau berkepanjangan. Pertumbuhan ini dikenal sebagai polipketika pertumbuhan tersebut terdiri dari jaringan endometrium, fibroid, atau jaringan otot. Kondisi ini juga dapat disebabkan karena endometriosis.

Kemungkinan Penyebab Lainnya

Anovulasi

Kurangnya ovulasi, atau anovulasi dapat menghasilkan kekurangan hormon progesteron yang menyebabkan menstruasi yang berat dan tidak teratur.

Adenomyosis

Ketika kelenjar dari lapisan dinding rahim tertanam di otot rahim, pendarahan hebat bisa terjadi. Kondisi ini dikenal sebagai adenomyosis.

Kehamilan ektopik

Anda harus menghubungi dokter jika mengalami pendarahan selama masa kehamilan. Kehamilan normal umumnya akan mengganggu siklus menstruasi. Beberapa bercak selama kehamilan, terutama selama trimester pertama, seringkali bukanlah suatu kondisi yang perlu dikhawatirkan. 

Cari pertolongan medis segera jika Anda mengalami pendarahan hebat selama kehamilan. Kondisi ini bisa menjadi tanda bahwa sel telur yang dibuahi tertanam pada tuba fallopi dan bukan di dinding rahim, keadaan ini disebut dengan kehamilan ektopik. 

Kehamilan ektopik juga bisa menunjukkan terjadinya keguguran. Dokter Anda akan membantu Anda mengetahui apa yang menyebabkan perdarahan selama kehamilan Anda.

Apa gejala Menstruasi yang tidak teratur?

Panjang siklus menstruasi dan jumlah darah saat menstruasi berbeda-beda pada setiap wanita. Namun, sebagian besar wanita memiliki siklus yang berkisar antara 24 hingga 34 hari. Kebanyakan wanita mengalami siklus menstruasi 28 hari.

Aliran darah yang keluar saat menstruasi rata-rata sekitar empat atau lima hari, dan kemungkinan untuk kehilangan darah sekitar 40 cc (3 sendok makan). Penting untuk diingat bahwa ini hanya kisaran rata-rata, dan kondisi “normal” Anda mungkin berada di luar kisaran ini.

Kehilangan darah 80 cc (5 sendok makan) atau lebih merupakan suatu kondisi yang tidak normal. Tanda-tanda bahwa aliran menstruasi Anda mungkin tidak normal termasuk menggunakan lebih dari satu tampon atau pembalut yang penuh dalam satu jam, selama beberapa jam berturut-turut. 

Anda juga mungkin perlu mendouble pembalut Anda, atau menggunakan tampon dan pembalut secara bersamaan. Aliran menstruasi yang tidak normal dapat menyebabkan Anda terbangun di malam hari karena Anda perlu mengganti pembalut atau tampon. 

Anda mungkin tidak dapat atau tidak mau berpartisipasi dalam kegiatan sehari-hari Anda karena aliran darah menstruasi Anda terlalu banyak. Terkadang, aliran menstruasi yang tidak normal akan mengandung bekuan darah yang besar, atau terjadi selama lebih dari seminggu.  

Aliran menstruasi yang tidak normal juga dapat menyebabkan Anda mengalami gejala-gejala berikut, yang mungkin merupakan indikasi dari anemia:

  • Kelelahan
  • Kulit pucat
  • Sesak napas
  • Pusing
  • Lemas dan letih

Sementara dari setiap siklus menstruasi wanita yang berbeda-beda, penyimpangan seperti perdarahan pada pertengahan siklus atau perdarahan setelah hubungan seksual adalah suatu gejala yang tidak normal.

Kapan harus mencari perawatan medis?

Anda harus memeriksakan diri ke dokter kandungan setahun sekali untuk pemeriksaan. Namun, Anda harus membuat janji segera jika Anda mengalami pendarahan atau bercak dalam kondisi berikut:

  • Perdarahan antara siklus menstruasi
  • Perdarahan setelah berhubungan seks
  • Perdarahan saat hamil
  • Perdarahan setelah menopause

Indikator lain yang harus Anda konsultasikan dengan dokter Anda meliputi:

  • Jika menstruasi Anda secara konsisten berlangsung lebih dari seminggu
  • Jika Anda memerlukan lebih dari satu tampon atau pembalut dalam satu jam, selama beberapa jam berturut-turut
  • Nyeri yang parah
  • Demam
  • Keputihan atau bau yang tidak normal
  • Kenaikan atau penurunan berat badan yang tidak bisa dijelaskan
  • Pertumbuhan rambut yang tidak biasa
  • Tubuhnya jerawat baru
  • Keluarnya cairan dari puting

Catat siklus menstruasi Anda, termasuk berapa lama aliran darah menstruasi Anda berlangsung, dan berapa banyak tampon atau pembalut yang Anda gunakan selama setiap siklus menstruasi. Informasi ini akan sangat membantu spesialis ginekologis Anda.

Hindari juga produk yang mengandung aspirin karena dapat meningkatkan terjadinya pendarahan.

Bagaimana mendiagnosis Siklus Menstruasi yang tidak teratur?

Jika Anda mengalami siklus menstruasi yang tidak normal, dokter Anda mungkin akan memulai dengan melakukan pemeriksaan panggul. Dokter akan menanyakan mengenai riwayat kesehatan Anda, dan Anda harus memberitahu dokter semua obat-obatan dan suplemen yang Anda konsumsi.

Tergantung pada gejala spesifik Anda, pemeriksaan diagnostik dapat mencakup:

Pap Smear

Tes ini untuk memeriksa berbagai infeksi atau sel kanker

Tes darah

Tes darah akan digunakan untuk memeriksa adanya anemia, masalah pembekuan darah, dan fungsi tiroid.

Ultrasonografi panggul

Ultrasonografi panggul akan memperlihatkan gambar rahim, ovarium, dan panggul Anda.

Biopsi Endometrium

Jika dokter Anda ingin mengevaluasi kemungkinan adanya masalah dengan rahim Anda, dokter mungkin akan menyarankan untuk melakukan biopsi endometrium, di mana sampel jaringan rahim Anda diambil sehingga dapat dianalisis. 

Dokter juga dapat menggunakan histeroskopi diagnostik untuk melihat bagian dalam rahim Anda. Untuk histeroskopi, dokter Anda akan menggunakan tabung terang untuk melihat rahim dan menghilangkan polip.

Sonohysterogram

Dokter juga dapat menggunakan sonohysterogram, USG yang melibatkan injeksi cairan ke dalam rahim Anda untuk membantu membuat gambar rongga rahim Anda. Pemeriksaan ini dapat membantu Dokter Anda untuk mencari polip atau fibroid di dalam rongga rahim Anda.

Tes kehamilan

Dokter Anda akan meminta tes kehamilan.

Apa Pilihan Pengobatan untuk Siklus Menstruasi yang Tidak Teratur?

Pengobatannya akan tergantung pada kondisi kesehatan Anda secara keseluruhan, penyebab dari kelainan menstruasi Anda, dan riwayat reproduksi Anda dan rencana kedepannya. 

Dokter Anda juga perlu mengatasi kondisi medis yang mendasarinya, seperti disfungsi tiroid, dll. Pengobatan mungkin akan termasuk beberapa hal berikut ini.

Pemberian Obat-obatan

Pemberian obat-obatan yang mungkin disarankan oleh dokter Anda termasuk:

  • Obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID), seperti ibuprofen atau naproxen, obat ini dapat mengurangi kehilangan darah yang ringan.
  • Suplemen zat besi dapat mengobati anemia.
  • Suntikan pengganti hormon dapat mengobati ketidakseimbangan hormon.
  • Kontrasepsi oral dapat mengatur siklus Anda dan mempersingkat menstruasi.

Anda dapat bekerja sama dengan dokter Anda untuk menemukan obat alternatif jika ketidaknormalan siklus menstruasi Anda disebabkan oleh obat-obatan yang sudah Anda konsumsi.

Prosedur medis

Pelebaran dan Kuretase

Pelebaran dan kuretase, juga dikenal sebagai D&C, tindakan ini adalah prosedur di mana dokter akan melebarkan serviks Anda dan mengikis jaringan dari lapisan rahim Anda. Pelebaran dan kuretase adalah prosedur yang cukup sering dilakukan dan biasanya dapat mengurangi perdarahan saat menstruasi.

Operasi

Pembedahan adalah pengobatan umum untuk mengatasi tumor kanker. Pembedahan juga merupakan pilihan untuk mengobati fibroid. Menghilangkan polip juga dapat dilakukan dengan menggunakan histeroskopi.

Ablasi Endometrium

Ablasi endometrium adalah prosedur yang dapat digunakan pada wanita yang tidak berhasil diobati dengan obat-obatan untuk mengendalikan perdarahan yang berat dan gejala-gejala yang terkait. 

Dalam prosedur ini, dokter akan menghancurkan lapisan dinding rahim dan meninggalkan sedikit atau tidak ada sama sekali aliran menstruasi. Reseksi endometrium merupakan tindakan menghilangkan lapisan rahim. 

Prosedur ini secara signifikan akan mengurangi peluang Anda untuk hamil di kemudian hari, sehingga wanita yang berencana memiliki anak harus mendiskusikan dan mempertimbangkan pilihan pengobatan lainnya.

Histerektomi

Histerektomi adalah operasi pengangkatan rahim dan serviks. Operasi ini mungkin merupakan pilihan terapi bagi seseorang yang menderita kanker atau fibroid. Tindakan histerektomi juga menjadi sebuah pilihan untuk penyelamatan darurat ibu atau wanita yang mengalami perdarahan hebat daari jalan lahir hingga menyebabkan syok hipovolemi.

Operasi ini juga dapat mengobati kasus endometriosis yang belum merespons dengan bentuk pengobatan lain yang kurang invasif. Seseorang yang melakukan histerektomi biasanya tidak memiliki kemampuan lagi untuk melahirkan anak.

Dokter Anda juga akan mengeluarkan indung telur Anda, jika perlu. Operasi ini dapat memicu terjadinya menopause dini.

Apa Komplikasi yang berhubungan dengan Periode Menstruasi yang tidak teratur?

Aliran darah menstruasi yang deras tidak selalu merupakan pertanda bahwa terdapat sesuatu yang salah. Namun, kehilangan darah yang berlebihan dapat mengurangi kandungan zat besi di tubuh dan menyebabkan anemia. 

Kasus anemia ringan dapat menyebabkan seseorang merasa kelelahan dan lemas. Kasus anemia yang lebih parah dapat menyebabkan gejala-gejala sebagai berikut:

  • Sakit kepala
  • Pusing
  • Sesak napas
  • Jantung yang berdetak cepat
  • Aliran darah menstruasi yang sangat deras juga dapat menyebabkan kram yang nyeri, atau dismenore, yang terkadang juga membutuhkan pengobatan.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Pertanyaan dan jawaban lain tentang kondisi ini

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit