Mengenal Jaringan Otot Tubuh Manusia dan Fungsinya

Dipublish tanggal: Agu 10, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
Mengenal Jaringan Otot Tubuh Manusia dan Fungsinya

Sekitar setengah dari berat tubuh manusia terdiri dari massa otot. Dalam sistem otot, jaringan otot dikategorikan menjadi tiga jenis yang berbeda, yaitu : otot rangka, otot jantung, dan otot halus. 

Setiap jenis jaringan otot dalam tubuh manusia memiliki struktur yang unik dan peran tertentu. Otot rangka berfungsi untuk menggerakkan tulang dan struktur lainnya, otot jantung berfungsi untuk mengkontraksikan jantung agar dapat memompa darah, sedangkan otot polos adalah jaringan yang membentuk organ seperti lambung dan kandung kemih.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Saraf & Otak via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 5

 Untuk informasi lebih lanjut mengenai struktur dan fungsi setiap jenis jaringan otot dalam sistem otot manusia, mari disimak artikel yang satu ini.

Otot Rangka : Tubuh Manusia Memiliki Lebih Dari 600 Otot Rangka Yang Menggerakkan Tulang dan Struktur Lainnya.

Otot rangka adalah jenis otot yang paling banyak dan ditemukan melekat pada tulang. 

Otot rangka juga disebut otot bergaris, lurik, somatik, dan merupakan kelompok otot yang dapat digerakan secara sukarela. Berikut adalah beberapa ciri otot rangka yang membedakan otot rangka dengan kedua jenis otot lainnya :

  • Otot rangka memiliki corak striasi bersilang yang dapat dilihat di bawah mikroskop dan dianggap sebagai bentuk otot yang paling mudah untuk dibedakan dari jenis otot lainnya.
  • Otot rangka dipersarafi oleh saraf somatik (serebrospinal), dan, oleh karena itu, berada di bawah kendali sukarela, dengan pengecualian beberapa otot tertentu. 
  • Otot rangka juga dapat merespons rangsangan dengan cepat, mampu berkontraksi dengan cepat, dan dapat membantu menyesuaikan seseorang dengan lingkungan sekitar. 
  • Satu lagi yang menjadi ciri dari otot rangka adalah kelompok otot ini mudah lelah jika dibandingkan dengan jenis otot yang lainnya..
  • Setiap serat otot otot rangka merupakan sel silinder berinti banyak, yang mengandung kelompok miofibril. Myofibrils terdiri dari tiga jenis myofilaments (myosin, actin, dan tropomyosin). Ketiga komponen ini dapat memicu otot berkontraksi.
  • Otot rangka berada di bawah kendali saraf  korteks serebral.Contoh dari tipe otot ini adalah otot anggota gerak seperti otot tangan dan kaki.

Otot rangka menempel dan menggerakkan tulang dengan berkontraksi dan relaksasi sebagai respons terhadap pesan dari sistem saraf yang dapat dikontrol secara sadar. Jaringan otot rangka terdiri dari sel-sel panjang yang disebut serat otot yang memiliki penampilan lurik. 

Serat otot tersusun menjadi bundel otot yang dipasok oleh pembuluh darah dan dipersarafi oleh neuron motorik.

Otot Polos : Komponen Penyusun Dinding Banyak Organ Tubuh Manusia

Otot polos ditemukan pada dinding organ berlubang di seluruh tubuh. Kontraksi otot polos adalah gerakan tak sadar yang dipicu oleh impuls yang berjalan melalui sistem saraf otonom ke jaringan otot polos. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Saraf & Otak via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 5

Susunan sel dalam jaringan otot polos memungkinkan otot polos untuk kontraksi dan relaksasi dengan elastisitas yang cukup besar. 

Otot polos biasanya ditemukan pada dinding organ seperti kandung kemih dan rahim sehingga memungkinkan organ-organ tersebut untuk mengembang dan menyusut sesuai kebutuhan. 

Otot polos pada saluran pencernaan memfasilitasi gelombang peristaltik untuk menggerakkan makanan yang tertelan. 

Pada mata, otot polos berfungsi untuk mengubah bentuk lensa sehingga dapat memfokuskan objek. Dinding pembuluh darah arteri juga tersusun atas otot polos yang dapat mengendur dan berkontraksi untuk menyuplai darah ke seluruh tubuh

Otot Jantung : Respons terhadap Sinyal dari Sistem Konduksi Jantung

Otot jantung hanya ditemukan di jantung dan bertanggung jawab untuk memompa darah. Seperti halnya otot polos yang ditemukan pada dinding organ dalam, Otot jantung adalah otot yang tidak dapat dikontrol secara sukarela, karena otot jantung bergerak secara otomatis. 

Otot jantung adalah otot yang unik karena merangsang dirinya untuk berkontraksi berdasarkan alat pacu jantung yang juga terbuat dari jaringan otot jantung. Karena sifat ini, otot jantung dianggap autorhythmic atau dikendalikan secara intrinsik.

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES CELERY 7000 via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores celery 7000 120 1

Dinding jantung terdiri dari tiga lapisan. Lapisan tengah atau miokardium, bertanggung jawab atas aksi pemompaan jantung. 

Otot jantung, yang hanya ditemukan pada lapisan miokardium berkontraksi sebagai respons terhadap sinyal dari sistem konduksi jantung untuk membuat jantung berdetak. 

Otot jantung terbuat dari sel yang disebut kardiosit. Seperti sel otot rangka, kardiosit memiliki corak lurik, tetapi struktur keseluruhannya lebih pendek dan lebih tebal. 

Kardiosit memiliki cabang yang memungkinkan mereka untuk terhubung dengan beberapa kardiosit lain, membentuk jaringan yang memfasilitasi kontraksi terkoordinasi.

10 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Mayo Clinic Staff. (2017). Slide show: Exercises to improve your core strength. (http://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/fitness/multimedia/core-strength/sls-20076575)
Lumbar/core strength stability exercises. (n.d.). (https://uhs.princeton.edu/sites/uhs/files/documents/Lumbar.pdf)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app