Mengejutkan! 4 Hal Ini Bisa Memicu Naiknya Kadar Kolesterol

Beberapa hal sederhana ini ternyata bisa memicu naiknya kolesterol tubuh. Jadi untuk menyeimbangkan kadar kolesterol ternyata tidak semudah yang dikira, banyak hal yang harus Anda ketahui. Beberapa diantaranya adalah:
Dipublish tanggal: Jul 6, 2019 Update terakhir: Nov 10, 2020 Tinjau pada Okt 24, 2019 Waktu baca: 2 menit
Mengejutkan! 4 Hal Ini Bisa Memicu Naiknya Kadar Kolesterol

Selama ini banyak orang yang mengira bahwa pemicu naiknya kadar kolesterol disebabkan karena konsumsi makanan bersantan dan berlemak saja. Padahal banyak hal lain yang tak terduga yang justru membuat kadar kolesterol semakin meningkat. 

Karena itulah Anda harus tetap waspada dan rajin melakukan cek untuk mengetahui kadar kolesterol dalam tubuh. Tak ada salahnya melakukan konsultasi dengan dokter agar Anda mengetahui pantangan apa saja yang tidak boleh dilakukan agar kadar kolesterol menjadi seimbang.

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

4 Hal yang menyebabkan naiknya kolesterol tubuh

Beberapa hal sederhana ini ternyata bisa memicu naiknya kolesterol tubuh. Jadi untuk menyeimbangkan kadar kolesterol ternyata tidak semudah yang dikira, banyak hal yang harus Anda ketahui. Beberapa diantaranya adalah:

Berhenti berolahraga

Bagi penderita kolesterol tinggi, tidak cukup hanya dengan melakukan diet saja tapi juga harus dikombinasikan dengan olahraga rutin agar kadar kolesterol menurun. Penelitian menunjukkan bahwa kadar kolesterol dalam tubuh akan menurun setelah melakukan aktivitas fisik secara teratur selama bertahun-tahun. 

Jadi bagi penderita kolesterol sangat diwajibkan untuk melakukan olahraga dalam skala harian supaya kadar kolesterol menjadi seimbang dan tubuh kembali sehat.

Menghindari semua jenis lemak

Untuk menyeimbangkan kadar kolesterol, Anda memang harus menghindari lemak trans dan lemak jenuh yang biasa terdapat pada makanan yang dipanggang, biskuit, dan jenis makanan ringan lainnya. 

Namun tidak semua lemak harus Anda hindari. Ada beberapa jenis lemak yang diperlukan oleh tubuh yaitu lemak tak jenuh tunggal dan lemak tak jenuh ganda. Kedua jenis lemak tersebut banyak ditemukan pada minyak zaitun, buah zaitun, kenari, kacang almond, serta lemak omega-3 pada ikan.

Keliru menentukan pantangan

Jumlah lemak yang masuk dalam tubuh khususnya lemak trans dan lemak jenuh harus diperhatikan. Pastikan Anda menimbang gizi makanan dengan benar. Tak lupa pula asupan protein harus tercukupi. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Misalnya saja Anda berpikir pantang mengkonsumsi telur karena kandungan kolesterolnya cukup tinggi. Padahal dengan tidak mengkonsumsi telur, Anda malah melewatkan kandungan protein yang tinggi pada telur. 

Pengaturan pantangan yang benar adalah dengan memakan satu butir telur tetapi tidak disarankan untuk mengkonsumsi steak dan minum susu setelahnya.

Mengkonsumsi gula dan alkohol secara berlebih

Kalori berlebih yang terdapat pada gula dan alkohol akan berubah menjadi kolesterol trigliserida yang dapat memicu naiknya kolesterol tak sehat dalam darah. Agar kadar kolesterol seimbang, salah satu caranya adalah mengurangi asupan gula seperti minuman manis, alkohol, dan olahan karbohidrat misalnya roti dan pasta.

Tips Agar Kolesterol Cepat Turun

Bagi Anda yang memiliki kadar kolesterol yang cukup tinggi, ada beberapa tips yang dapat dilakukan agar kolesterol bisa cepat turun. Diantaranya adalah:

  • Olahraga secara teratur ditambah dengan diet bebas kolesterol
  • Tinggalkan makanan yang tinggi kolesterol namun harus tetap menjaga pola makan
  • Konsumsi obat yang dianjurkan oleh dokter agar kolesterol bisa segera turun

Kadar kolesterol yang tinggi dalam tubuh harus segera dikurangi agar badan Anda bisa sehat dan bugar. Untuk menyeimbangkan kadar kolesterol, tidak cukup dengan menghindari makanan berlemak saja tetapi juga harus diimbangi dengan berolahraga secara teratur. 

Selain itu kurangi makanan dan minuman yang tinggi akan asupan gula. Patuhi juga pantangan yang disarankan oleh dokter serta perhatikan timbangan gizi setiap hari. Dan yang tak kalah pentingnya adalah rutin cek ke dokter agar kadar kolesterol dalam tubuh bisa terus dipantau.



27 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Red yeast rice. National Center for Complementary and Integrative Health. https://nccih.nih.gov/health/redyeastrice.
Natural medicines in the clinical management of hyperlipidemia. Natural Medicines. https://naturalmedicines.therapeuticresearch.com.
Cholesterol management at a glance. National Center for Complementary and Integrative Health. https://nccih.nih.gov/health/cholesterol/at-a-glance.

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app