Kebiasaan Sehat

Alasan Mengapa Kita Sering Terbangun dan Sulit Tidur

Dipublish tanggal: Mar 5, 2019 Update terakhir: Feb 11, 2020 Tinjau pada Agu 7, 2019 Waktu baca: 3 menit
Alasan Mengapa Kita Sering Terbangun dan Sulit Tidur

Pernahkah kamu mengalami kejadian seperti yang disebutkan diatas? Dimana ketika malam hari tiba, kamu kesulitan untuk tertidur, dan bila sudah berhasil untuk tidur, kamu malahan tidur tidak nyenyak dan menjadi sering terbangun di malam hari sehingga bisa dsebut kamu hanya ‘tidur ayam’. 

Nah apakah ini sebuah penyakit ? Atau hanya gangguan tidur saja? Lalu apa faktor faktor yang dapat menyebabkan seseorang kesulitan tidur dan sering terbangun ? Yuk simak lebih lanjut artikel dibawah ini untuk menambah info dan pengetahuanmu.

Iklan dari HonestDocs
Beli Paket Prenatal (Panel Awal Kehamilan) via HonestDocs!

Cek ada tidaknya resiko gangguan kesehatan pada ibu hamil dan dapatkan treatment yang tepat secepatnya. Diskon 30% jika beli via HonestDocs sekarang!

Paket prenatal %28panel awal kehamilan%29 di path lab %28home services%29

Faktor penyebab gangguan tidur

Ya, sulit tidur atau sering terbangun di malam hari bukanlah suatu penyakit, namun merupakan gangguan tidur yang bisa terjadi pada setiap orang. Umumnya faktor-faktor yang menyebabkan gangguan tidur tersebut ialah :

  • Faktor Psikologi
    Masalah psikologi ialah masalah penting dan urgent yang harus dapat dengan cepat diselesakan karena dampaknya bukan hanya ke fisik seseorang namun juga ke mental seseorang. 

    Bila seseorang tersebut mengalami masalah psikologi, umumnya seseorang akan berada dalam kondisi stress, cemas, depresi, linglung, banyak pikiran, emosi dan mood serta keadaan jiwa yang tidak tenang dan terus menerus memikirkan masalahnya.

    Masalah psikologi juga dapat disebabkan oleh banyak hal walau faktor utamanya biasanya ialah tekanan hidup, keluarga dan lingkungan sekitar.

    Bila tidak segera diobati maka masalah ini dapat menyebabkan gangguan di seluruh aspek kehidupan manusia terutama gangguan tidur karena pikiran dan jiwa yang tidak tenang akan membuat seseorang terjaga setiap waktu dan sulit untuk memejamkan mata dan tertidur.
  • Faktor Medis
    Faktor medis ini bisa terjadi ketika seseorang sedang mengalami kondisi medis tertentu atau sedang sakit dan menyebabkan efek samping menjadi sulit tidur atau tidur yang tidak nyenyak dan membuat seseorang mudah terbangun pada tidurnya.

    Kondisi medis yang biasanya menyebabkan gangguan dalam tidur ialah penyakit parkinson, ginjal, kanker, asma, alergi. Faktor medis ini juga bisa terjadi karena tubuh yang sedang lemah dan sakit terasa sangat menyakitkan dan tidak nyaman bila tertidur, seperti contohnya pada penderita asma.

    Banyak penderita asma yang kesulitan untuk tertidur karena dalam posisi tidur atau berbaring para penderita akan lebih kesulitan dalam bernafas.
  • Terlalu Banyak Mengkonsumsi Kafein dan Alkohol
    Mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung kafein, alkohol serta nikotin pun akan membuat kamu kesulitan untuk tertidur. Sebaiknya jangan meminum kopi ataupun alkohol di malam hari bila ingin tidur kamu nyenyak di malah harinya. 
  • Faktor Usia dan Gender
    Ini ialah faktor yang memang tidak bisa dilawan dan diobati ya guys. Makin tua usia kamu, maka umumnya kamu akan makin sulit tertidur dan mengalami beberapa gangguan tidur lainnya.

    Maka dengan itu presentase tingkatan orang tua yang mengalami gangguan tidur akan jauh lebih banyak dibandingkan dengan anak-anak. Tentunya kamu jarang sekali bukan mendengar anak anak yang sulit tidur.

    Yang ada ialah anak anak yang sering tertidur bahkan sampai sulit dibangunkan. Lalu bagaimana dengan gender? Umumnya gender perempuan akan lebih banyak mengalami kesulitan untuk tertidur terutama hal ini terjadi pada para perempuan yang sedang hamil.

    Para ibu hamil umumnya akan lebih kesulitan untuk tertidur pulas di malam hari karena adanya perubahan hormon dalam tubuh ibu hamil serta berbagai keluhan seperti badan yang semakin berat, kaki yang membengkak dan sering keram, badan yang suka gatal gatal, nyeri pada seluruh badan terutama di bagian punggung, pinggang dan perut serta keinginan untuk buang air kecil yang frekuensinya sangat sering.

    Kondisi bayi yang suka menendang dari dalam perut juga terkadang membuat ibu hamil sulit tertidur dan kadang terbangun di malam hari.

Nah untuk kamu yang kesulitan tidur atau suka terbangun di malam hari, sebaiknya kamu segera temukan alasan penyebab kamu mengalami gangguan tidur dan segeralah memperbaiki pola hidup kamu. 

Jangan lupa untuk selalu makan makanan bergizi, jaga kondisi psikologimu serta berolahraga sehingga tubuh menjadi seimbang dan tidak terjadi lagi keluhan gangguan tidur. Keep healthy guys.

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Sleeping difficulty: Causes, treatments, and more. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/327339.php)
Sleeping Difficulty: Causes, Diagnosis, and Treatments. Healthline. (https://www.healthline.com/health/sleeping-difficulty)

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Buka di app