Mencegah Gigitan Nyamuk

Dipublish tanggal: Sep 10, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
Mencegah Gigitan Nyamuk

Nyamuk memang jadi salah satu nyamuk yang mengganggu manusia dan dapat mengantarkan penyakit berbahaya. Gigitan nyamuk sering menyebabkan gatal dan kemerahan pada kulit. 

Sedangkan untuk nyamuk pembawa virus berbahaya seperti virus HIV patut diwaspadai. Oleh karena itu simak ulasan berikut untuk mencegah gigitan nyamuk.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Tidak semua nyamuk membawa virus yang berbahaya bagi tubuh. Namun tetap saja kita tidak tahu nyamuk yang menggigit kita membawa virus berbahaya atau tidak. 

Oleh karena itu mencegah akan jauh lebih baik daripada mengobati. Simak ulasan berikut tentang beberapa panduan yang dapat diterapkan untuk melindungi diri dari gigitan nyamuk.

Mencegah nyamuk masuk dan bertahan di dalam Ruangan

Panduan dalam mencegah nyamuk masuk dan bertahan di dalam ruangan sebagai berikut:

  • Menggunakan kipas angin relatif cukup efektif untuk mencegah nyamuk singgah bahkan menggigit kulit Anda. Namun jangan terlalu sering menggunakan kipas angina saat tidur dalam kamar karena bisa memicu gangguan kesehatan terutama pernapasan.
  • Penggunaan obat nyamuk bakar. Obat nyamuk bakar memang efektif untuk mengusir nyamuk dari dalam ruangan. Namun asap yang ditimbulkan tidak baik untuk tubuh. Oleh karena itu hindarkan penggunaan obat bakar ini ketika ada anak-anak dan pengidap asma
  • Penggunaan kelambu untuk menghindari gigitan nyamuk memang cukup efektif dan tidak membahayakan. Sehingga solusi ini dapat digunakan oleh anak-anak maupun bayi.
  • Penggunaan raket listrik anti nyamuk. Dalam menggunaka raket listrik ini cukup mudah, Anda hanya perlu menggerakkan raket ke tempat yang menjadi sarang nyamuk. Alat ini menjadi salah satu solusi yang baik untuk mengusir nyamuk karena tidak mengandung bahan kimia yang membahayakan tubuh. Tetapi penggunaan raket listrik ini harus dijauhkan dari jangkauan anak-anak agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.
  • Jangan biarkan nyamuk berkembang biak. Nyamuk berkembang biak di dalam air, oleh karena itu bersihkan area tempat tinggal Anda dari kubangan air. Selain itu jika terpaksanya ada tempat penyimpanan air, tutup tempat penyimpanan air tersebut dengan rapat. 
  • Usahakan tanaman di sekitar rumah Anda terpangkas dengan baik agar tidak menjadi sarang nyamuk.
  • Gunakan lilin yang mengadung wewangian alami dan minyak esensial. Aroma yang tidak disukai oleh nyamuk seperti serai, jahe, lavender dan bawang putih akan membantu Anda mengusir nyamuk dari rumah. Namun hindari wewangian yang mengandung buah dan bunga seperti pada deterjen dengan pewangi karena memicu serangga atau nyamuk untuk menghampiri.
  • Cegahlah tumbuhnya jentik nyamuk dengan menabur larvasida di tempat-tempat yang sulit dikuras.
  • Lakukan pengasapan atau fogging untuk mencegah nyamuk berkembang biak.

Melindungi Kulit

Ketika berada di luar ruangan bahkan di dalam ruangan sekalipun, Anda dapat terkena gigitan nyamuk tanpa disadari sehingga menyebabkan bentol, gatal dan kemerahan pada kulit. Berikut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk melindungi kulit dari gigitan nyamuk:

  • Oleskan losion anti nyamuk. Dalam aturan pengolesan, baca terlebih dahulu di bungkus losion. Bila Anda hendak mengoleskan losion anti nyamuk kepada anak maka usahakan berikan losion yang ramah dan aman untuk anak. Hindari pemakaian losion pada telapak tangan, mata, mulut dan kulit yang mengalami luka terbuka. Setelah pengolesan selesai jangan lupa cuci tangan hingga bersih.
  • Penggunaan minyak telon yang merupakan minyak tradisional mengandung minyak adas, kayu putih, dan kelapa. 
  • Hindari pemakaian parfum yang akan mengundang nyamuk untuk datang menghampiri.
  • Jika sedang bepergian di tempat yang rawan terhadap gigitan nyamuk maka tutuplah kaca jendela mobil 
  • Bila sudah terlanjur digigit nyamuk, jangan menggaruk bekas gigitan karena dikhawatirkan akan menyebabkn luka terbuka dan bakteri akan lebih mudah masuk. Tindakan yang tepat setelah digigit nyamuk adalah bersihkan kulit dengan sabun kemudian oleskan losion yang dapat meredakan rasa gatal.
  • Gelang anti nyamuk. Meskipun penggunaan alat ini tidak begitu efektif, Anda bisa memanfaatkan alat ini jika tidak ada alternatif yang lain.

Mengingat bahaya yang dapat disebabkan oleh gigitan nyamuk, pemerintah sampai turun tangan untuk menghimbau setiap rumah memiliki Jumantik (Juru Pemantau Jentik). 

Solusi menghindari gigitan nyamuk yang paling utama adalah menjaga kebersihan sekitar tempat tinggal agar tidak dijadikan sarang nyamuk. 

Untuk itu, jangan malas untuk mengusir nyamuk-nyamuk di sekeliling tempat tinggal dengan pola hidup sehat dan bersih.

14 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Satho T, et al. (2015). Coffee and its waste repel gravid Aedes albopictus females and inhibit the development of their embryos. DOI: (https://dx.doi.org/10.1186%2Fs13071-015-0874-6)
Rodriquez SD, et al. (2015). The efficacy of some commercially available insect repellents for Aedes aegypti (Diptera: Culicidae) and Aedes albopictus (Diptera: Culicidae). DOI: (https://doi.org/10.1093/jisesa/iev125)
Prevent mosquito bites. (2018). . (https://www.cdc.gov/features/stopmosquitoes/index.html)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app