Ketahui Apa Itu Masa Nifas

Dipublish tanggal: Feb 14, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 1 menit
Ketahui Apa Itu Masa Nifas

Apa Itu Masa Nifas? 

Masa nifas adalah masa pasca persalinan. Bagi beberapa perempuan, masa nifas adalah masa yang tidak mudah. Belum lagi anggapan dan mitos yang beredar membuat para ibu semakin bingung menjalani hari-hari di masa nifas.

Proses pemulihan rahim dan alat-alat reproduksi membutuhkan waktu yang berbeda bagi tiap orang. Involusi erat kaitannya dengan masa nifas. Involusi adalah proses mengecil kembali rahim ke ukuran semula. Hal ini tentunya terjadi berangsur-angsur.

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES PREGNANCY & BREAST FEEDING GOLD 60CAP 1 BOTOL via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores pregnancy breast feeding gold 60 1

Tantangan Saat Masa Nifas

Namun, masa nifas bukan hanya masa pemulihan ragam instrument reproduksi belaka. Kala ini, banyak ibu yang harus bersiap menghadapi tantangan baru menjadi seorang ibu. Bukan hal mudah membiasakan diri untuk berperan sebagai ibu.

Baby blues

Ibu yang secara mentalitas belum dewasa, biasanya rentan terkena sindrom babies blues. Sebaiknya ibu dan pasangan mempersiapkan mental untuk menjadi orang tua jauh sebelum akhirnya memutuskan untuk mengandung.

Perlu dukungan dari orang-orang terdekat

Dukungan dari orang-orang terdekat sangat dibutuhkan agar ibu dapat lebih mudah menjalani hari-harinya setelah masa kehamilan dan persalinan usai.

Ibu yang baik adalah ibu yang selalu memikirkan dan berusaha memberikan yang terbaik bagi buah hatinya. Namun, tidak lantas ibu harus cuek pada dirinya sendiri apalagi hingga terlalu fokus pada si buah hati sehingga mengacuhkan orang lain.

Tetap bangun komunikasi dengan orang-orang terdekat, dan jangan lupa untuk rutin melakukan pemeriksaan pasca melahirkan. Hindari mengangkat barang yang terlalu berat dan usahakan beristirahat yang cukup. Sesekali memanjakan diri ke salon agar relaks sangat disarankan. Dengan tingkat stress minin, ibu dapat berperan maksimal dalam memantau tumbuh kembang si kecil.

 

5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Medline Plus, Labour and birth (https://medlineplus.gov/childbirth.html).
Bobbie Sue Whitworth, PhD, MSN, RNC, Labour and birth (https://www.healthline.com/health/pregnancy/labor-and-delivery), 4 November 2018.
Marie Ellis, Labour and birth (https://www.medicalnewstoday.com/articles/282748.php#1), 18 September 2014.

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app