Makanan dan Diet Sehat

6 Manfaat Susu Kambing Bagi Tubuh, Tak Kalah dari Susu Sapi

Dipublish tanggal: Apr 23, 2020 Update terakhir: Apr 23, 2020 Waktu baca: 3 menit
6 Manfaat Susu Kambing Bagi Tubuh, Tak Kalah dari Susu Sapi

Ringkasan

Buka

Tutup

  • Dalam takaran yang sama, protein pada susu kambing lebih tinggi (4,3 gram) daripada susu sapi (3,2 gram).
  • Susu kambing perlu diproses dengan cara pasteurisasi terlebih dahulu untuk mematikan bakteri-bakteri berbahaya seperti E.coli, Salmonella, dan Listeria.
  • Protein beta-kasein dan alfa-kasein susu kambing lebih mirip dengan susu manusia, sehingga lebih mudah dicerna dan aman untuk orang-orang yang alergi susu sapi.
  • Susu kambing mengandung kaya asam linoleat terkonjugasi yang berperan penting untuk merangsang sistem kekebalan tubuh.
  • Kandungan kalsium pada susu kambing yang mampu memenuhi 33% dari kebutuhan kalsium harian. Bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang.
  • Susu kambing bagus untuk perawatan kulit, sebab mengandung vitamin A yang mampu membersihkan sel-sel kulit mati sekaligus mencerahkannya.

Ada banyak jenis susu yang dijual di toko swalayan, tapi yang paling sering ditemukan adalah susu sapi dan susu kambing. Namun bagi Anda yang mengalami intoleransi laktosa atau alergi susu sapi, maka susu kambing patut untuk dicoba. Bicara soal nutrisinya, Anda tak perlu khawatir sebab gizinya pun tak kalah dari susu sapi. Sudah tahu apa saja manfaat susu kambing bagi kesehatan? Temukan jawabannya pada ulasan berikut ini.

Kandungan gizi pada susu kambing

Berdasarkan Data Komposisi Pangan Indonesia milik Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI), setiap 100 ml susu kambing mengandung:

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat
  • 85,9 gram air
  • 64 kalori
  • 4,3 gram protein
  • 2,3 gram lemak
  • 6,6 gram karbohidrat
  • 160 mg kalium
  • 98 mg kalsium
  • 78 mg fosfor
  • 38 mcg vitamin A

Dibandingkan susu kambing, susu sapi memang lebih rendah lemak (61 kalori). Namun jangan salah, kandungan protein pada susu kambing justru lebih tinggi daripada susu sapi yang hanya mengandung 3,2 gram protein untuk takaran yang sama.

Baik susu sapi maupun susu kambing tidak boleh dikonsumsi dalam kondisi mentah alias belum diproses. Pasalnya, susu mentah rentan mengandung berbagai bakteri berbahaya seperti E.coli, Salmonella, dan Listeria yang dapat memicu penyakit.

Oleh karena itu, susu kambing perlu diproses dengan cara pasteurisasi terlebih dahulu sebelum diminum. Pasteurisasi adalah proses pemanasan susu menggunakan uap panas hingga mencapai titik didih 100 derajat Celcius.

Proses pasteurisasi susu ini bertujuan untuk membunuh bakteri-bakteri berbahaya tersebut. Setelah itu, barulah susu kambing aman dikonsumsi.

Baca Juga: Mengenal Susu A2, Benarkah Lebih Sehat dari Susu Sapi Biasa?

Manfaat susu kambing bagi kesehatan

Berkat nutrisinya yang melimpah, ada banyak khasiat dan manfaat susu kambing yang bisa Anda dapatkan sejak awal tegukan, antara lain:

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

1. Alternatif untuk yang alergi susu sapi

Alergi susu sapi merupakan jenis alergi makanan yang paling umum terjadi. Jika Anda atau anak Anda mengalaminya, maka cobalah minum susu kambing sebagai penggantinya.

Baca Juga: Anak Alergi Susu Sapi? Pahami Tandanya!

Dibandingkan susu sapi, rasio protein beta-kasein dan alfa-kasein pada susu kambing lebih mirip dengan susu manusia. Hal ini membuat susu kambing lebih mudah dicerna dan ditoleransi oleh orang-orang yang alergi laktosa.

Laktosa adalah gula alami yang terdapat pada semua jenis susu, fungsinya sebagai sumber karbohidrat utama. Akan tetapi, kadar laktosa pada susu kambing cenderung lebih rendah daripada jenis susu lainnya. Alhasil, perut Anda terasa lebih nyaman saat minum susu kambing daripada susu sapi.

2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Agar tidak gampang sakit, cobalah minum susu kambing secara rutin. Pasalnya, susu kambing mengandung kaya asam linoleat terkonjugasi yang berperan penting untuk merangsang sistem kekebalan tubuh.

Dengan daya tahan tubuh yang kuat, Anda tidak akan mudah terserang penyakit sehingga bisa bebas beraktivitas.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

3. Melancarkan pencernaan

Manfaat susu kambing bisa dibuktikan dari reaksinya terhadap sistem pencernaan. Dibandingkan susu sapi, susu kambing dapat membantu melancarkan pencernaan karena mengandung lebih tinggi karbohidrat prebiotik.

Prebiotik merupakan makanan favorit bagi bakteri-bakteri baik di usus. Semakin banyak asupan prebiotik dalam tubuh, maka jumlah ekosistem bakteri di usus akan semakin optimal sehingga proses pencernaan makanan jadi lebih lancar.

4. Menjaga kesehatan tulang

Sama seperti jenis susu lainnya, susu kambing cocok diminum untuk menjaga kesehatan tulang. Hal ini berkat kandungan kalsium pada susu kambing yang mampu memenuhi 33% dari kebutuhan kalsium harian Anda.

Sekitar 99% kalsium dalam tubuh ditemukan pada tulang dan gigi. Dengan asupan kalsium yang cukup dari susu, maka ini akan membantu meningkatkan massa tulang sehingga jadi lebih kuat dan tidak mudah keropos.

5. Membantu menurunkan koleserol

Manfaat susu kambing yang satu ini tentu sayang untuk dilewatkan, apalagi bagi Anda yang punya kolesterol tinggi. Berkat tingginya kadar asam lemak rantai sedang di dalamnya, susu kambing dinilai efektif untuk terapi kesehatan jantung.

Susu kambing mengandung 30-35% asam lemak rantai sedang, dibandingkan pada susu sapi yang hanya memiliki 15-20%. Asam lemak ini akan membantu mendorong energi untuk menurunkan kolesterol. 

Secara bersamaan, kadar kolesterol baik alias HDL juga akan meningkat. Bahkan, khasiat susu kambing ini mirip seperti saat Anda menggunakan minyak zaitun untuk menurunkan kolesterol tubuh.

6. Menjadikan kulit putih bersinar

Kandungan asam lemak dan trigliserida yang ditemukan dalam susu kambing tidak hanya bermanfaat bagi tubuh bagian dalam saja. Bagian terluar tubuh yakni kulit Anda juga ikut merasakan manfaat susu kambing. 

Susu kambing sangat bagus untuk perawatan kulit karena mengandung kaya vitamin A, bahkan jumlahnya jauh lebih unggul daripada jenis susu lainnya. Vitamin A ini berfungsi untuk memperbaiki kulit Anda, termasuk mengatasi jerawat dan meningkatkan kesehatan kulit secara keseluruhan.

Selain itu, kandungan asam laktat pada susu kambing juga dapat membantu membersihkan sel-sel kulit mati. Maka jangan heran jika setelah minum susu kambing, kulit Anda jadi lebih halus dan cerah bersinar.

Karena itu pula, kini susu kambing juga banyak diolah menjadi sabun maupun losion kecantikan. Dengan kadar pH yang mirip dengan manusia, manfaat susu kambing akan lebih mudah diserap oleh kulit sehingga aman digunakan sebagai produk perawatan kulit alami sehari-hari.

5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
SF Gate Healthy Living. Goat Milk Nutrients Vs. Cow Milk. (https://healthyeating.sfgate.com/goat-milk-nutrients-vs-cow-milk-3879.html). 14 Desember 2018.
Dr. Axe. Goat Milk Benefits Are Superior to Cow Milk. (https://draxe.com/nutrition/goat-milk/). 22 November 2018.
Healthline. Goat's Milk: Is This the Right Milk for You? (https://www.healthline.com/health/benefits-of-goat-milk). 14 Agustus 2018.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Buka di app