Manfaat Minum Jus Sayuran

Dipublish tanggal: Feb 14, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
Manfaat Minum Jus Sayuran

Mengonsumsi jus merupakan salah satu cara membiasakan diri untuk mengonsumsi makanan dan minuman yang lebih menyehatkan dengan cara yang lebih nikmat. Melebihi buah, sebenarnya sayuran yang dapat memberikan manfaat lebih maksimal bila  dikonsumsi dalam bentuk jus. Apa saja manfaat dari jus sayuran yang diminum berikut ini?

Manfaat Mengonsumsi Jus Sayuran

1. Nutrisi dari dalam sayur lebih cepat dan lebih efisien diserap oleh tubuh

Dengan menghaluskan sayuran, tubuh tidak perlu bekerja memisahkan serat dan langsung diterima oleh pencernaan sehingga nutrisi diterima dalam bentuk yang siap diserap tubuh. Membiarkan bulir-bulir sayuran dan tidak menghaluskan hingga jus benar-benar cair bahkan dapat diserap tubuh dalam waktu 20 menit saja, dan tubuh akan mengalami proses remineralisasi secara lebih cepat dan efisien. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Pendukung Gizi & Nutrisi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 8

2. Nutrisi yang diterima tubuh akan bertambah secara signifikan

Saat sayuran tidak dijus, belum tentu Anda berselera untuk mengonsumsi semuanya. Anda cenderung akan mengonsumsi satu atau dua jenis sayuran sesekali saja. Saat Anda mengonsumsi sayuran dalam bentuk jus, Anda dapat mencampur jenis sayuran yang berbeda-beda sehingga lebih banyak nutrisi yang dapat Anda peroleh dalam satu porsi jus sayuran. Daripada susah payah mengunyah sayuran, haluskan sayuran dan tenggak sampai habis dengan ragam sayuran yang menghadirkan nutrisi yang berbeda-beda. Hal ini juga akan membantu Anda mengatasi rasa tidak suka pada beberapa jenis sayuran dan tetap mengonsumsinya dalam bentuk jus. 

3. Jus sayuran membantu menjaga cairan tubuh tetap terjaga

Mengonsumsi cukup air sehari-harinya merupakan syarat kesehatan tubuh Anda tetap terjaga. Anda yang sering terlalu sibuk hingga lupa minum kadang memerlukan tambahan cairan tubuh ekstra. Meminum jus sayuran dapat membantu Anda memenuhi kebutuhan cairan Anda setiap hari. Cukup dengan menghindari minuman kemasan dan beralih ke jus sayuran yang alami, Anda sudah mendapatkan tambahan cairan tubuh beserta nutrisi vitaminnya yang kaya klorofil, mineral dan masih banyak lagi tanpa pemanis buatan.

4.Jus sayuran dapat dikonsumsi untuk mengawali hari yang lebih berenergi

Mengonsumsi makanan yang tidak sehat untuk mengawali hari saja sudah cukup memberikan energi tambahan bagi tubuh. Bayangkan jika Anda menggantikan makanan yang kurang menyehatkan tersebut dengan segelas jus sayuran yang penuh vitamin dan mineral, energi yang Anda dapatkan pun jelas akan lebih maksimal karena berasal dari sumber yang sehat dan alami.

11 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
The Juice Cleanse: A Strange and Green Journey. The New York Times. (https://www.nytimes.com/2010/10/28/fashion/28Cleanse.html)
How To Do a Juice Cleanse. Project Juice. (https://www.projectjuice.com/how-to-cleanse)
The Juice Cleanse: Pros, Cons, and How It Works. Verywell Fit. (https://www.verywellfit.com/juice-cleanse-89120)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Artikel selanjutnya
Apa Benar Makan Kol Kebanyakan Bisa Menyebabkan Bau Badan?
Apa Benar Makan Kol Kebanyakan Bisa Menyebabkan Bau Badan?

Saat tubuh Anda memecah kandungan gizi di dalam jenis sayuran ini, jenis sayuran ini dapat memancarkan belerang, yang dapat menyebabkan bau badan yang tidak begitu enak dihirup. Efek ini mirip dengan efek yang dihasilkan oleh bawang bombay dan bawang putih.

Buka di app