Kenali Jenis-Jenis dan Manfaat Mineral Bagi Tubuh Anda

Dipublish tanggal: Mar 9, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Agu 22, 2019 Waktu baca: 3 menit
Kenali Jenis-Jenis dan Manfaat Mineral Bagi Tubuh Anda

Mineral ialah zat gizi yang dibutuhkan oleh semua makhluk hidup terutama bagi manusia untuk mendukung proses tumbuh dan berkembang tubuh dalam jumlah yang relatif sedikit.

Mineral juga merupakan unsur kimia individu dimana mineral tidak bisa rusak. Kandungan mineral dari beragam jenis makanan umumnya disebut “abu”, hal ini karena mineral adalah produk yang tersisa dari makanan setelah semua makanan itu dihancurkan pada suhu yang tinggi atau didegradasi oleh bahan kimia.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Pada tubuh manusia, mineral membentuk kurang lebih 4 persen dari berat tubuh orang dewasa. Walaupun mineral yang dibutuhkan tubuh manusia berjumlah relatif kecil namun manfaat yang diberikan mineral bagi tubuh tidaklah bisa dipandang sebelah mata.

Berikut ini ialah penjelasan lebih lanjut mengenai pembagian mineral, jenis kandungan dan manfaat mineral bagi tubuh kamu.

Pembagian Mineral dalam tubuh

Mineral dibagi menjadi tiga golongan berdasarkan jumlah takaran mineral yang dibutuhkan dalam tubuh manusia yaitu:

  • Major Mineral atau mineral paling utama
    yaitu mineral yang dibutuhkan tubuh dalam jumlah yang cukup banyak yakni sekitar lebih dari 100 mg termasuk juga diantaranya magnesium, kalsium, kalium, fosfor, sulfur, serta natrium.

  • Trace Minerals
    mineral ini dibutuhkan oleh tubuh sekitar kurang dari 100 mg per hari. Ada 9 jenis mineral yang termasuk juga dalam kategori ini, diantaranya: zat besi, fluoride, mangan, seng, yodium, selenium, tembaga, molibdenum, serta kromium.

  • Ultratrace Minerals
    yaitu mineral yang ditemukan pada tubuh manusia, tetapi jumlah kebutuhan mineral jenis ini tak diketahui diantaranya arsenik, nikel, silikon, boron, dan vanadium.

Jenis kandungan utama Mineral beserta Manfaatnya

  • Calcium ( Ca )
    Calsium ialah salah satu mineral utama dan paling penting dalam melindungi kesehatan tulang dan gigi kamu, bertanggung jawab akan proses kontraksi dan relaksasi otot, pembekuan darah, mencegah artritis, mencegah kanker usus besar, penyakit jantung dan tekanan darah tinggi serta menunjang sistem imunitas tubuh. 

    Kamu cukup mengkonsumsi 2 gelas susu perhari untuk memenuhi keperluan kalsium tubuh. Buah da sayuran yang memiliki kandungan Kalsium kaya adalah sayuran berdaun hijau, seperti kangkung, daun singkong, bayam, daun pepaya, daun kacang panjang, serta brokoli.

  • Kalium ( K )
    Kalium diketahui memegang fungsi penting dalam pemeliharaan keseimbangan cairan tubuh serta eletrolit dan keseimbangan asam-basa di dalam tubuh. Kalium juga bertindak dalam transmisi saraf serta rekasasi otot dan sebagai katalisator dalam banyak reaksi biologik, terutama dalam metabolisme energi, sintesis glikogen, serta protein.

    Buah serta sayuran yang memiliki kandungan Kalium yaitu jeruk, semangka, pisang, sayuran hijau, tomat, kentang, kacang polong, serta wortel.

  • Sulfur ( S )
    Bagi tubuh kamu, sulfur diyakini memiliki manfaat dalam membantu melindungi keseimbangan oksigen untuk fungsi otak. Selain itu sulfur bersama dengan vitamin B kompleks membantu memperlancar metabolisme pada tubuh serta membantu melawan infeksi akibat bakteri.

    Kamu bisa mengkonsumsi kacang-kacangan, bawang putih, bawang bombay, serta kubis-kubisan yang diketahui kaya akan kandungan sulfur.

  • Natrium ( Na )
    Bersama dengan kalium, natrium diketahui dapat menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh kamu dan bisa melindungi serta mengatur tekanan osmotik agar cairan tak keluar dari darah dan masuk ke dalam sel.

    Natrium juga bertindak dalam transmisi saraf, kontraksi otot, absorpsi glukosa, serta sebagai alat angkut zat-zat gizi lewat membran sel.

    Makanan yang mengandung tinggi natrium ialah wortel, seledri, bit, belimbing dan seafood, untuk minuman tinggi natrium dapat kamu temukan pada minuman yang memiliki kandungan kaya kafein seperti kopi dan teh.

  • Magnesium ( Mg )
    Magnesium memegang fungsi utama sebagai kofaktor berbagai enzim pada tubuh yang bertindak sebagai katalisator dalam reaksi-reaksi biologi ditubuh, termasuk juga reaksi yang terkait dengan metabolisme energi, karbohidrat, lemak, protein, serta asam nukleat.

    Selain itu, magnesium juga dipercaya mampu menurunkan stress, kecemasan, membantu wanita dalam melewati menopause, menjaga kesehatan ibu hamil dan mengobati insomia karena magnesium mempunyai sistem enzimatik yang dapat melepaskan hormon yang menenangkan tubuh dan meninduksi tubuh untuk tidur.

    Makanan yang diketahu kaya akan Magnesium ialah kacang kedelai, kacang almond, labu kuning.

  • Fosfor ( P )
    Fosfor juga merupakan mineral yang memiliki fungsi penting dalam proses mineralisasi tulang dan gigi. Fosfor dapat mengatur keseimbangan pH darah kamu, meningkatkan fungsi otot dan tulang dan mengoptimalkan fungsi tubuh.

    Kekurangan fosfor dapat membuat otot kamu terasa lebih lemah, sedangkan kelebihan fosfor juga dapat menyebabkan proses pengerasan pada organ tubuh seperti ginjal. Makanan yang mengandung banyak fosfor ialah daging, unggas, telur, susu dan ikan.

4 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Definitions of Health Terms: Minerals. MedlinePlus. (https://medlineplus.gov/definitions/mineralsdefinitions.html)
Vitamins and minerals. NHS (National Health Service). (https://www.nhs.uk/conditions/vitamins-and-minerals/)
Health benefits of selected minerals. National Center for Biotechnology Information. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC1472933/)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app