Manfaat Mandi Air Dingin di Pagi Hari untuk Kesehatan Tubuh

Dipublish tanggal: Jun 20, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
Manfaat Mandi Air Dingin di Pagi Hari untuk Kesehatan Tubuh

Meski tidak banyak orang yang mau mandi air dingin di pagi buta setelah bangun tidur, namun mandi air dingin ternyata bermanfaat bagi kesehatan. 

Bahkan beberapa orang yang mandi di pagi hari dengan air dingin mengaku lebih bersemangat menjalani hari ketimbang menunda mandi di siang hari maupun menggunakan air hangat.

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

1. Meningkatkan Kewaspadaan

Mandi air dingin di pagi hari dapat membantu anda mendapatkan kewaspadaan tinggi sehingga anda dapat menjalani hari dengan lebih bertenaga. Ketika anda mencoba mandi di pagi hari dengan air dingin, anda mungkin akan menarik napas beberapa kali agar rasa dingin berkurang ataupun untuk mengurangi rasa takut terkena air dingin. 

Ketika kita telah terkena air dingin beberapa kali saat mandi, anda tentu akan merasakan rasa hangat justru menjalar ke seluruh tubuh. Hal ini dikarenakan ketika anda menarik napas berkali-kali karena dingin, membuat asupan oksigen ke dalam tubuh semakin banyak karena anda membuka jalan pernapasan. Sehingga aliran darah menjadi lebih lancar dan detak jantung meningkat.

2. Membantu menurunkan berat badan

Manfaat satu ini tentu tidak terduga dan tidak disangka oleh banyak orang. Anda yang sedang menjalani program diet sebaiknya menjadikan mandi pagi dengan air dingin sebagai rutinitas wajib yang membantu anda menurunkan berat badan. 

Ketika anda mandi pagi, akan ada sejumlah besar lemak yang ikut terbakar karena paparan air dingin ketika mandi.

Seperti kita ketahui, di dalam tubuh sebenarnya terdapat dua jenis lemak yaitu lemak cokelat dan lemak putih. Lemak putih merupakan lemak yang menumpuk di dalam tubuh dikarenakan tidak terbakar oleh aktivitas harian. 

Lemak bisa menumpuk karena asupan kalori anda lebih banyak dibandingkan kalori yang anda butuhkan. Sementara lemak cokelat merupakan lemak yang bermanfaat untuk membuat tubuh kita tetap hangat di suhu yang dingin. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Lemak cokelat merupakan lemak baik yang akan dibakar ketika kita dalam kondisi suhu ekstrem dingin. Dengan mandi pagi menggunakan air dingin akan membuat metabolisme tubuh tepatnya pembakaran lemak cokelat meningkat. 

Menurut riset di tahun 2009 ditemukan bahwa terpapar suhu dingin ekstrem dapat membakar lemak cokelat hingga 15 kali lebih banyak.

3. Pemulihan pegal linu dan nyeri otot

Jika anda orang yang sering melakukan aktivitas fisik seperti mengangkat barang berat maupun gym, anda mungkin dapat merasakan efek nyeri pada otot beberapa hari kemudian. 

Dengan mandi air dingin, terbukti bahwa efek nyeri otot akibat aktivitas fisik ini dapat terkurangi. Air dingin terbukti memiliki sifat regenerative yang dapat menenangkan nyeri otot setelah latihan.

4. Menghaluskan kulit dan rambut

Di saat mandi air hangat di pagi hari justru membuat kulit menjadi lebih kering karena menghilangkan minyak alami, mandi air dingin justru sebaliknya. Ketika anda mandi air dingin maka kutikula rambut dan kulit akan mengencang dikarenakan pembuluh darah yang mengkerut untuk menjaga suhu tubuh tetap hangat. 

Ketika kutikula dan pori-pori kulit mengencang maka kotoran dan elemen berbahaya dari luar tak dapat masuk sehingga menyumbat pori-pori kulit kepala dan kulit tubuh. Dengan mandi air dingin dapat membuat rambut lebih kuat dan sehat karena folikel rambut lebih merata.

Meski memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, namun tidak semua orang boleh mandi air dingin. Seseorang yang memiliki masalah pada jantung, ataupun sedang kurang sehat dilarang untuk mandi air dingin karena dikhawatirkan guyuran air dingin membuat kondisi tubuh semakin parah.

6 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
The Health Benefits Of Cold Showers. Men's Health. (Accessed via: https://www.menshealth.com/health/a19528006/freezing-cold-showers/)
Buijze, G. A., Sierevelt, I. N., van der Heijden, B. C., Dijkgraaf, M. G., & Frings-Dresen, M. H. (2016). The Effect of Cold Showering on Health and Work: A Randomized Controlled Trial. PloS one, 11(9), e0161749. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0161749. National Center for Biotechnology Information. (Accessed via: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5025014/)
Benefits Of Cold Showers: I Took Cold Showers Every Day For A Week. Women's Health. (Accessed via: https://www.womenshealthmag.com/health/a19947976/benefits-of-cold-showers/)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app