Doctor men
Ditulis oleh
MELIANTY IPARDJO
Doctor men
Ditinjau oleh
SCIENTIA INUKIRANA
Kesehatan Fisik

Manfaat Keringat bagi Tubuh Manusia

Update terakhir: NOV 12, 2019 Tinjau pada NOV 12, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 1.915.015 orang

Manfaat Keringat bagi Tubuh Manusia

Keringat merupakan salah satu cairan yang keluar dari tubuh manusia yang kedatangannya bisa sangat diharapkan dan bisa tidak diharapkan sama sekali, ini semua tergantung pada kegiatan atau acara apa yang sedang kamu lakukan. 

Contohnya bila kamu sedang ingin diet, kamu pun otomatis akan melakukan segala macam cara olahraga untuk membuat tubuhmu berkeringat baik dengan lari, jogging, yoga, sauna dan lain lain. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Simvastatin berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi pada pasien – pasien dislipidemia. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Keadaan akan berbalik dan kamu tidak akan menginginkan keringat keluar dari tubuhmu bila kamu sedang menghadiri acara formal seperti meeting di kantor atau dengan client, pergi hang out bersama gebetan, kondangan dan lainnya. 

Di artikel kali ini khusus untuk kamu akan dibagikan informasi dan pengetahuan lebih detail mengenai keringat.

Manfaat Keringat Bagi Tubuh Manusia

Keringat ialah hasil dari kegiatan biologis tubuh manusia yang sifatnya ialah normal dan wajar. Keringat terdiri dari kandungan air, garam dan protein. Setiap macam hal yang ada di tubuh kita pastinya sudah Tuhan ciptakan dan atur serta memiliki fungsi dan sistem kerjanya sendiri. 

Begitupun dengan keringat. Tuhan menciptakan manusia dengan kemampuan mengeluarkan keringat dari tubuhnya tentu karena keringatpun memliki fungsi dan manfaat yang baik bagi tubuh manusia. Adapun beberapa manfaat keringat yang perlu kamu tahu ialah :

  • Keringat Mampu Menurunkan Suhu Tubuh Manusia

Keringat memiliki fungsi untuk mengatur suhu tubuh. Proses ini biasa disebut proses termoregulasi atau mekanisme pengaturan suhu tubuh. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Simvastatin berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi pada pasien – pasien dislipidemia. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Fungsi ini sangat penting ketka kamu berolahraga karena ketika keringat dilepaskan oleh seluruh tubuh maka cairan keringat akan menguap dar kulit tubuh kamu dan mendinginkan kembali suhu tubuh kamu. Sehingga adalah hal yang wajar ketika setelah berolahraga tubuh kamu akan mengeluarkan banyak keringat.

  • Keringat Mampu Mengeluarkan Racun Dalam Tubuh Manusia

Fungsi in dapat terjadi karena ketika manusia mengeluarkan keringat, zat zat yang dikeluarkan melalui keringat bisa saja merupakan senyawa senyawa yang berbahaya dan beracun bagi tubuh.  

Adapun senyawa senyawa berbahaya yang sering dikeluarkan melalui keringat ialah alumunium, mangan dan kadmium. Fungsi keringat yang mampu mengeluarkan racun ini biasa diisebut sebagai fungsi detoxificant atau penetralisir zat beracun.

  • Keringat Mampu Memperindah Kulit Sehat Mu

Keringat yang kamu keluarkan ternyata secara medis mampu membersihkan pori pori dari berbagai macam kotoran sehingga dapat memperindah kulitmu dengan membuat kulit tampak lebih cerah dan halus. 

Uji klinis pun menyatakan bahwa dalam keringat ternyata mengandung kandungan antibiotik yang mampu melawan bakteri alami kulit walaupun berjumlah sangat sedikt. Keluarnya banyak keringat dari tubuhmu pun mampu memperlambat tanda tanda penuaan dini dan merawat kulit dari kerusakan dini.

  • Keringat Mampu Memperlancar Peredaran Darah

Fungsi ini dapat terjadi karena saat tubuh manusia memanas dan mengeluarkan keringat maka secara otomatis jantung manusia pun akan bekerja jauh lebih cepat dan keras sehingga mampu meningkatkan sirkulasi dan peredaran darah dalam tubuh. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Simvastatin berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi pada pasien – pasien dislipidemia. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Oleh karena itu dengan mengeluarkan keringat, metabolisme dan sistem kerja jantung serta pembuluh darah menjadi lebih lancar dan membawa efek baik bagi kesehatan tubuh manusia.

  • Keringat Mampu Membakar Kalori

Fungsi satu ini merupakan fungsi favorit setiap manusia dimana kebanyakan dari kamu akan berusaha mengeluarkan keringat dengan berolahraga agar program diet dapat berjalan sukses dan berat badan bisa menurun. 

Ini disebabkan karena ketika tubuh berolahraga, suhu tubuh akan memanas, maka lemak dalam tubuh akan larut dalam air dan keluar melalui keringat.

  • Keringat Mampu Menurunkan Stress

Hal ini dapat terjadi karena ketika suhu tubuh kamu sedang memanas, dan keringat otomatis keluar maka tanpa terduga tubuhpun akan mengeluarkan hormon endorfin secara bersamaan. 

Hormon endorfin yang dilepaskan secara medis mampu menurunkan stress serta meningkatkan suasana hati dan mood.

  • Keringat Mampu Mencegah Penyakit Asma

Peneltian dari Universitas Michigan di Amerika menyatakan bahwa keringat yang keluar mampu menurunkan resiko seseorang terkena penyakit asma.  Jadi semakin rajin kamu berolahraga maka kemungkinan penyakit asma menyerang tubuhmu akan semakin kecil pula. Namun, lakukan olahraga yang dianjurkan untuk penderita asma seperti berenang, senam asma, jalan santai dan bersepeda.

Setelah kamu membaca beberapa manfaat ajaib yang didapatkan tubuh ketika tubuh berkeringat maka jangan lagi ragu untuk membuat tubuhmu berkeringat sehat dengan cara berolahraga.  

 

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Pencarian yang sering mengarah ke halaman ini
fungsi keringat keringat terdiri atas manfaat berkeringat