GRACIA BELINDA
Ditulis oleh
GRACIA BELINDA
DR. KARTIKA MAYASARI
Ditinjau oleh
DR. KARTIKA MAYASARI

Siapa Bilang Keju Tidak Sehat? Ini 9 Manfaat Keju Bagi Kesehatan

Dipublish tanggal: Jul 9, 2020 Update terakhir: Agu 27, 2021 Waktu baca: 3 menit
Siapa Bilang Keju Tidak Sehat? Ini 9 Manfaat Keju Bagi Kesehatan

Ringkasan

Buka

Tutup

  • Keju dianggap memiliki kandungan lemak yang tinggi dan tidak sehat, padahal ada banyak manfaat keju bagi kesehatan
  • Keju memiliki sejumlah kandungan gizi di dalamnya meliputi kalsium, protein, dan mineral lain yang penting bagi tubuh
  • Beberapa manfaat makan keju di antaranya menjaga kesehatan tulang dan gigi, menurunkan kadar kolesterol, hingga menurunkan risiko penyakit jantung
  • Selain itu, ada pula manfaat keju untuk ibu hamil dan bayi termasuk memperlancar persalinan dan menjadi sumber energi tubuh
  • Klik untuk membeli asupan vitamin dan suplemen dari rumah Anda melalui HDmall. *Gratis ongkos kirim ke seluruh Indonesia dan bisa COD
  • Gunakan fitur chat untuk berkonsultasi dengan apoteker kami secara gratis seputar obat dan pemeriksaan kesehatan yang Anda butuhkan

Sudah sejak lama, keju menjadi salah satu bahan makanan yang sering digunakan, terutama pada makanan khas Eropa. Sebagian orang menganggap keju memiliki kandungan lemak yang tinggi sehingga tidak baik bagi timbangan berat badan, padahal ada banyak manfaat keju bagi kesehatan. 

Ada beragam jenis keju yang kita kenal, mulai dari keju cheddar, keju gouda, keju parmesan, hingga keju mozzarella. Keju sendiri merupakan makanan yang berasal dari bahan susu dan diolah sebagai salah satu sumber protein hewani lainnya.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Pada umumnya, keju memiliki rasa khas yang gurih saat dikonsumsi serta sejumlah kandungan gizi di dalamnya meliputi kalsium, protein, dan mineral lain yang penting bagi tubuh dan memberikan manfaat keju bagi kesehatan.

9 Manfaat Keju Bagi Kesehatan

Untuk mendapatkan nutrisi penting yang terkandung pada keju, berikut ini 9 manfaat makan keju yang bisa Anda rasakan, antara lain:

1. Menjaga kesehatan tulang

Kandungan kalsium, protein, vitamin dan mineral pada keju dapat membantu meningkatkan kepadatan dan pertumbuhan tulang sehingga baik dalam menjaga kesehatan tulang. Oleh karena itu, manfaat makan keju penting terutama bagi anak-anak dalam masa pertumbuhan serta mencegah penyakit osteoporosis pada orang lanjut usia.

2. Meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL)

Keju yang merupakan makanan olahan dari bahan dasar susu mengandung lemak tidak jenuh. Apalagi kandungan lemak tidak jenuh tersebut dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dan menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh serta memenuhi kebutuhan lemak harian.

Baca juga: Cara Meningkatkan Kadar Kolesterol HDL dengan Makanan

3. Menurunkan tekanan darah 

Beberapa jenis keju dikenal mengandung natrium yang tinggi yang dapat meningkatkan tekanan darah. Tetapi demi mendapatkan manfaat makan keju, pilihlah keju yang rendah lemak dan natrium seperti keju parmesan atau keju mozzarella yang baik untuk menurunkan tekanan darah. Kandungan kalsium yang terdapat pada keju juga dapat menjaga tekanan darah agar tetap stabil.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

4. Menjaga kesehatan saluran cerna

Selain sumber protein hewani yang baik, keju juga termasuk makanan fermentasi yang dapat membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan (asal tidak dikonsumsi berlebihan), termasuk melancarkan proses metabolisme tubuh dan meningkatkan bakteri baik pada saluran cerna. Apalagi manfaat makan keju sebanyak 40 gram dalam sehari juga setara dengan satu gelas susu atau yoghurt. 

5. Meningkatkan kemampuan otak

Keju juga memiliki kandungan antioksidan glutathione dan asam lemak omega 3 yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan otak. Hal tersebut termasuk meningkatkan kemampuan otak dan mencegah kerusakan otak akibat bertambahnya usia sebagai salah satu manfaat makan keju lainnya.

6. Menjaga kesehatan gigi

Tak hanya menjaga kesehatan tulang, tetapi kandungan kalsium yang tinggi dan sifat antikariogenik pada keju juga dapat membantu menjaga kesehatan gigi. Termasuk mencegah gigi berlubang dan melindungi gigi dari sifat asam yang dapat menimbulkan kerusakan gigi sebagai salah satu keunggulan manfaat makan keju lainnya. 

Baca juga: Nutrisi Penting untuk Menjaga Kesehatan Gigi

7. Menurunkan risiko penyakit jantung

Manfaat makan keju yang dapat diperoleh lainnya adalah penurunan risiko penyakit kardiovaskular termasuk penyakit jantung. Hal itu disebabkan karena sifat antioksidan pada keju dapat membantu melancarkan pembuluh darah dan menjaga kesehatan fungsi sistem kardiovaskular. 

8. Mencegah penyakit kanker

Salah satu manfaat keju bagi kesehatan yang tak kalah penting adalah membantu mencegah penyakit kanker. Hal tersebut dikarenakan keju memiliki kandungan lemak tidak jenuh dan sphingolipids yang bersifat antikanker sekaligus melindungi sel-sel tubuh dari penyakit berbahaya.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

9. Menjaga kesehatan rambut dan kulit

Manfaat keju bagi kesehatan juga dapat dirasakan di bagian rambut dan kulit. Kandungan kalsium dan vitamin pada keju dapat membantu meningkatkan pertumbuhan rambut dan mengurangi kerontokan. Sementara pada kulit, manfaat makan keju juga dapat menjaga kelembaban kulit sehingga kulit terlihat segar bercahaya.

Baca juga: Manfaat Minyak Kelapa untuk Kesehatan Kulit

Selain 9 manfaat keju bagi kesehatan seperti yang telah dijelaskan di atas, ternyata manfaat makan keju juga baik bagi bayi dan ibu hamil. Kandungan kalsium yang tinggi pada keju sangat baik untuk ibu hamil demi kelancaran proses kehamilan dan persalinan. 

Akan tetapi, demi mendapatkan manfaat keju yang baik itu, ibu hamil juga perlu memperhatikan jenis keju yang dikonsumsi. Beberapa jenis keju yang terbilang aman untuk ibu hamil adalah keju cheddar, keju parmesan, dan keju mozzarella.

Tak hanya itu, kandungan protein dan kalsium pada keju juga bermanfaat bagi bayi terutama sebagai sumber energi serta membantu pembentukan tulang dan gigi. Namun asupan keju baru boleh diberikan ke bayi setelah bayi berusia di atas 6 bulan atau telah memasuki masa MPASI.

4 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
The Telegraph. Eat cheddar, live longer? 6 surprising health benefits of cheese. (https://www.telegraph.co.uk/food-and-drink/news/eat-cheddar-live-longer-5-surprising-health-benefits-cheese/)
Eatingwell. 5 Reasons Cheese is Actually Good For Your Health. (http://www.eatingwell.com/article/289455/5-reasons-cheese-is-actually-good-for-your-health/)
Medicalnewstoday. Is cheese good or bad for you? (https://www.medicalnewstoday.com/articles/299147#8-health-benefits-of-cheese)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app