Perawatan Wajah

Double Cleansing Membuat Wajah Lebih Bersih dan Sehat

Dipublish tanggal: Nov 13, 2019 Update terakhir: Mar 23, 2020 Tinjau pada Des 17, 2019 Waktu baca: 3 menit
Double Cleansing Membuat Wajah Lebih Bersih dan Sehat

Bagi para wanita yang sering memakai make up dan beraktivitas di luar ruangan, membersihkan wajah mungkin menjadi salah satu rutinitas paling penting setiap hari. 

Tetapi mungkin tidak semua orang mengetahui istilah double cleansing. Karena sebagian wanita mungkin menganggap bahwa membersihkan wajah cukup hanya dengan mencuci muka menggunakan sabun. Padahal teknik double cleansing atau membersihkan wajah dengan 2 tahapan dapat membuat wajah menjadi lebih bersih.

Iklan dari HonestDocs
Mikrodermabrasi Facial 1 Kali Di Aveia Clinic

Facial berfungsi untuk mengangkat komedo, mencerahkan, mengangkat sel kulit mati, merangsang pembentukan kulit baru tanpa rasa sakit, mendinginkan, dan melembabkan kulit juga. Paket ini termasuk facial treatment dan masker, tetapi belum termasuk biaya konsultasi dokter dan obat.​

Mikrodermabrasi facial 1 kali di aveia clinic

Apa Itu Double Cleansing?

Double cleansing merupakan metode membersihkan muka sebanyak 2 kali. Langkah pertama adalah dengan menggunakan pembersih wajah berbahan dasar minyak yang berfungsi untuk membersihkan sisa-sisa makeup yang menempel pada wajah. 

Selanjutnya, langkah kedua adalah membersihkan wajah dengan sabun muka. Double cleansing dianggap lebih baik dalam membersihkan wajah dibandingkan dengan menggunakan sabun muka biasa karena lebih optimal dalam mengangkat kotoran yang menempel pada kulit wajah sekaligus membuat wajah lebih bersih dan cerah.

Manfaat Double Cleansing

Berikut ini beberapa manfaat dari metode double cleansing untuk kesehatan kulit wajah, antara lain: 

Kulit menjadi lebih lembab dan lembut

Salah satu manfaat dari double cleansing adalah kulit wajah akan menjadi lebih lembut dan lembab. Hal ini disebabkan karena pembersih wajah berbahan dasar minyak akan memberikan kelembaban lebih pada wajah. 

Namun pada langkah selanjutnya ada baiknya untuk tidak menggunakan sabun muka yang dapat menyebabkan kulit menjadi kering dan gunakanlah bahan yang ringan. Karena hal ini dapat membantu mencegah kehilangan minyak alami yang ada pada wajah.

Baca juga: Tips Menggunakan Pelembab Wajah untuk Hasil Maksimal

Iklan dari HonestDocs
Standard Facial 1 Kali Di Reface Clinic

Sudah termasuk cuci wajah, peeling, ekstrak komedo, dan masker.

Standard facial 1x di reface clinic

Membersihkan sisa makeup secara menyeluruh

Pembersih wajah berbahan dasar minyak seperti oil liquid cleanser, cleansing balm, dan lotion cleanser dapat secara efektif melarutkan dan membersihkan make up yang menempel pada wajah. Selain itu, kandungan minyak pada produk pembersih wajah juga dapat membersihkan sisa sunscreen, kotoran, dan debu yang menempel pada wajah setelah beraktivitas seharian di luar ruangan. 

Sabun muka biasa umumnya berbahan dasar air sehingga tidak memiliki zat-zat aktif yang dapat mengangkat kotoran dan make up secara menyeluruh. Maka apabila Anda hanya membersihkan wajah menggunakan sabun muka biasa,  sisa make up dan kotoran mungkin tidak dapat terangkat secara sempurna. Dengan kata lain, double cleansing akan membantu Anda untuk membersihkan wajah secara menyeluruh dan mendalam.

Mencegah masalah kulit pada wajah

Make up dan sisa debu yang tidak dibersihkan dengan sempurna dapat menyebabkan efek buruk terhadap kulit wajah Anda, misalnya penyumbatan pori yang mengakibatkan munculnya komedo dan jerawat. 

Baca juga: Cara Mudah Membersihkan Komedo di Wajah

Selain itu, ternyata penumpukan debu dan kotoran pada wajah juga dapat mempercepat proses penuaan karena kolagen akan rusak bila kulit tidak dibersihkan dengan sempurna. Apabila kolagen rusak, maka kulit akan cepat kering dan timbul kerutan-kerutan halus (keriput) pada wajah. 

Oleh karena itu, salah satu manfaat terpenting dari double cleansing adalah mencegah masalah-masalah kulit tersebut timbul pada wajah Anda, mengingat double cleansing dapat mengangkat sisa make up, kotoran, dan debu pada wajah dengan lebih baik.

Iklan dari HonestDocs
Mikrodermabrasi Facial 1 Kali Di Aveia Clinic

Facial berfungsi untuk mengangkat komedo, mencerahkan, mengangkat sel kulit mati, merangsang pembentukan kulit baru tanpa rasa sakit, mendinginkan, dan melembabkan kulit juga. Paket ini termasuk facial treatment dan masker, tetapi belum termasuk biaya konsultasi dokter dan obat.​

Mikrodermabrasi facial 1 kali di aveia clinic

Skincare menjadi lebih mudah meresap ke dalam kulit

Bahkan menurut seorang ahli kecantikan, apabila kulit Anda telah dibersihkan dari makeup, debu, dan kotoran pada tahap awal double cleansing, maka hal ini akan membuat proses cuci muka di tahap kedua menjadi lebih mudah.

Hal ini pun juga berlaku sama seperti saat Anda akan mengaplikasikan skincare tertentu ke kulit wajah. Skin care akan menjadi lebih mudah meresap ke dalam kulit dan bekerja secara efektif apabila kulit wajah telah bersih dari sisa make up maupun kotoran. 

Baca juga: Cara Menyimpan Produk Skincare dengan Benar

Maka dapat disimpulkan bahwa proses double cleansing saat mencuci muka sangat penting dilakukan, karena kedua tahapan double cleansing memang dapat membuat kulit wajah Anda menjadi lebih bersih, membantu mengangkat kotoran, debu, dan sisa make up secara menyeluruh, membuat kulit terasa lebih lembut dan lembap, serta Anda pun akan terhindar dari masalah-masalah kulit seperti jerawat dan komedo yang membandel.

6 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Lambers H, et al. (2006). Natural skin surface pH is on average below 5, which is beneficial for its resident flora. DOI: (https://doi.org/10.1111/j.1467-2494.2006.00344.x)
How to control oily skin. (n.d.). (https://www.aad.org/skin-care-basics/oily-skin)
Hernandez D. (2017). Face washing: Do's and don'ts. (https://vitalrecord.tamhsc.edu/face-washing-dos-donts/)

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Buka di app