GRACIA BELINDA
Ditulis oleh
GRACIA BELINDA
DR. KARTIKA MAYASARI
Ditinjau oleh
DR. KARTIKA MAYASARI

Manfaat Clindamycin Ternyata Bisa Sebagai Obat Jerawat

Dipublish tanggal: Jul 17, 2020 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
Manfaat Clindamycin Ternyata Bisa Sebagai Obat Jerawat

Ringkasan

Buka

Tutup

  • Clindamycin merupakan obat antibiotik yang digunakan untuk mengatasi berbagai infeksi yang disebabkan oleh bakteri, termasuk mengobati jerawat membandel
  • Obat antibiotik Clindamycin tersedia dalam bentuk kapsul, salep, dan gel yang bisa dibeli dengan menggunakan resep dokter
  • Obat Clindamycin dalam bentuk salep atau gel bisa dioleskan ke bagian yang terkena infeksi sebanyak 1-2 kali sehari atau sesuai petunjuk dokter
  • Manfaat Clindamycin juga dapat membantu melawan bakteri penyebab jerawat sekaligus mengurangi peradangan pada kulit yang berjerawat
  • Efek samping yang bisa terjadi akibat pemakaian Clindamycin, di antaranya mual, muntah, diare, rasa nyeri pada sendi ataupun ulu hati, dan sakit tenggorokan
  • Klik untuk mendapatkan Clindamycin atau obat antibiotik lainnya ke rumah Anda di HDmall. *Gratis ongkir ke seluruh Indonesia & bisa COD

Clindamycin merupakan obat antibiotik yang digunakan untuk mengatasi berbagai infeksi yang disebabkan oleh bakteri. Sama seperti antibiotik lainnya, Clindamycin bekerja dengan cara menghambat dan menghentikan pertumbuhan bakteri agar tidak menyebar ke bagian tubuh lainnya.

Baca juga: Cara Menangani Bakteri Membandel dengan Obat Antibiotik

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Clindamycin obat apa?

Clindamycin termasuk golongan antibiotik lincomycin yang membutuhkan resep dokter dan bisa digunakan pada orang dewasa maupun anak-anak di atas usia 12 tahun. Obat antibiotik Clindamycin tersedia dalam bentuk kapsul, salep, dan gel. 

Jika obat Clindamycin dalam bentuk salep atau gel, bisa dioleskan ke bagian yang terkena infeksi sebanyak 1-2 kali sehari. Jika Clindamycin tersedia dalam bentuk kapsul, maka dosis penggunaan Clindamycin akan disesuaikan menurut tingkat keparahan, usia, kondisi kesehatan, dan jenis infeksi. Penuhi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air putih yang cukup selama mengonsumsi Clindamycin.

Dosis pemakaian yang tepat harus diikuti demi keberhasilan manfaat Clindamycin dalam mengatasi infeksi. Patuhi petunjuk dokter ataupun aturan yang tertera di kemasan obat. Jangan melebihi dosis yang telah ditentukan, baik dalam jumlah waktu pemakaian.

Penggunaan Clindamycin harus diperhatikan dan perlu diberitahukan ke dokter, terutama jika Anda sedang mengonsumsi obat lain, seperti erythromycin, rifampicin, amifampridine, ketoconazole, atau kontrasepsi oral karena dapat menimbulkan interaksi obat. 

Harga Clindamycin di pasaran

  • Clindamycin salep/gel: Rp.10.000-Rp.70.000 per tube
  • Clindamycin kapsul: Rp.10.000-Rp.30.000 per strip

Harga Clindamycin yang dijual di pasaran terbilang terjangkau dan bervariasi, tetapi tetap harus dibeli dengan resep dokter. Untuk harga terbaru, silakan tanya melalui Whatsapp di layanan Customer Service kami. 

Manfaat Clindamycin

Manfaat Clindamycin dalam mengobati infeksi bakteri

Manfaat Clindamycin yang paling utama adalah untuk membantu mengobati infeksi bakteri yang terjadi pada bagian tubuh, seperti:

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20
  • infeksi paru-paru
  • infeksi telinga
  • infeksi kulit
  • infeksi sistem pencernaan
  • infeksi tulang dan sendi
  • infeksi menular seksual
  • infeksi jantung

Fungsi obat Clindamycin juga bisa digunakan untuk mengatasi masalah jerawat membandel, radang tenggorokan (faringitis), amandel (tonsilitis), infeksi radang panggul, hingga infeksi pada gigi. Tetapi Clindamycin tidak bisa digunakan untuk mengatasi infeksi virus seperti flu atau pilek.

Benarkah Clindamycin bisa mengobati jerawat?

Secara umum, jerawat yang disebabkan oleh infeksi bakteri bisa diobati dengan antibiotik termasuk Clindamycin. Manfaat Clindamycin yang tergolong antibiotik ini dapat membantu melawan bakteri penyebab jerawat sekaligus mengurangi peradangan pada kulit yang berjerawat. Namun penggunaannya tetap harus berdasarkan petunjuk dokter.

Sediaan Clindamycin untuk atasi jerawat yang biasanya disebabkan oleh bakteri Propionibacteria biasanya dalam bentuk topikal seperti salep atau gel. Cara penggunaan Clindamycin dalam membantu mengobati jerawat juga terbilang mudah. Awali dengan membersihkan wajah menggunakan sabun dan air hangat, bilas hingga bersih dan kering. 

Manfaat Clindamycin untuk mengatasi jerawat umumnya akan terlihat dalam waktu sekitar 4-6 minggu sejak perawatan wajah dimulai. Tetapi penggunaannya mungkin akan lebih efektif jika digunakan bersamaan dengan obat jerawat lain, seperti benzoil peroksida atau retinoid topikal yang biasanya juga diresepkan oleh dokter.

Baca juga: Cara Menghilangkan Jerawat dengan Tuntas

Apa saja efek samping Clindamycin?

Selain manfaat Clindamycin untuk mengatasi infeksi bakteri, perlu diperhatikan juga efek samping yang bisa terjadi akibat pemakaian Clindamycin, di antaranya:

  • Gangguan pencernaan seperti mual, muntah, diare
  • Rasa nyeri pada sendi ataupun ulu hati 
  • Sakit tenggorokan
  • Sensasi panas di area dada
  • Iritasi kulit (akibat pemakaian salep atau gel Clindamycin)

Efek samping ringan akibat pemakaian Clindamycin pada setiap orang mungkin bisa berbeda. Beberapa efek lain selain yang tertera di atas juga mungkin terjadi. Jika mengalami efek samping yang tidak biasa setelah menggunakan Clindamycin, coba diskusikan dengan dokter Anda.

4 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Verywellhealth. Topical Clindamycin Acne Treatment. (https://www.verywellhealth.com/topical-clindamycin-15881)
MedlinePlus. Clindamycin Topical. (https://medlineplus.gov/druginfo/meds/a682399.html)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app