Makanan dan Diet Sehat

Ragam Manfaat Bunga Matahari, dari Biji Sampai Minyaknya

Dipublish tanggal: Apr 28, 2020 Update terakhir: Apr 28, 2020 Waktu baca: 2 menit
Ragam Manfaat Bunga Matahari, dari Biji Sampai Minyaknya

Ringkasan

Buka

Tutup

  • Biji dan minyak bunga matahari mengandung vitamin E, sebuah antioksidan yang dapat menetralisir bahaya radikal bebas pada tubuh.
  • Setiap 1 sendok makan minyak bunga matahari mengandung sekitar 8,9 gram asam linoleat, atau disebut juga omega-6. Penting untuk membentuk membran sel dan mengurangi kolesterol total dalam tubuh.
  • Orang yang mendapatkan asupan asam linoleat tinggi berisiko 15% lebih rendah terkena penyakit jantung daripada yang tidak cukup asam linoleat.
  • Senyawa dalam kuaci alias biji bunga matahari dapat memblokir enzim yang memicu penyempitan pembuluh darah, sehingga tekanan darah jadi lebih stabil.
  • Rutin makan biji bunga matahari selama 6 bulan dapat membantu menurunkan gula darah hingga 10%. Baik untuk mencegah diabetes.

Bunga matahari memiliki keunikan tersendiri dibanding jenis bunga lainnya. Dengan warna kuning cerah dan bentuk seperti matahari, bunga yang satu ini berhasil menarik perhatian dan dicintai banyak orang. Tak hanya sisi indahnya yang ditawarkan, bunga matahari diam-diam juga punya manfaat yang baik bagi kesehatan. Penasaran apa saja manfaat bunga matahari bagi tubuh?

Manfaat bunga matahari bagi kesehatan

Bunga matahari memiliki nama latin Helianthus annus. Bunga unik yang satu ini diam-diam mampu memberikan manfaat bagi tubuh, terutama dari minyak dan bijinya.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Secara lengkap, berikut berbagai manfaat bunga matahari yang bisa Anda peroleh:

1. Sumber vitamin E

Bunga matahari memiliki kandungan utama berupa vitamin E yang terdapat pada biji dan minyaknya. Vitamin E ini bersifat antioksidan yang dapat menetralisir bahaya radikal bebas pada tubuh.

Radikal bebas adalah senyawa yang terbentuk dari proses metabolisme tubuh, seperti proses pencernaan, atau dari lingkungan luar berupa polusi udara. Dalam jumlah berlebihan, radikal bebas akan berdampak buruk dan memicu berbagai penyakit.

Selain mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, vitamin E juga sangat penting untuk menjaga pembuluh darah tetap sehat. 

Baca Selengkapnya: 4 Makanan yang Kaya Vitamin E untuk Kesehatan Tubuhmu

2. Kaya omega 6

Setiap 1 sendok makan minyak bunga matahari mengandung sekitar 8,9 gram asam linoleat, atau disebut juga omega-6. Jenis asam lemak ini penting untuk pembentukan membran sel, terutama pada kulit.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Asam linoleat juga menghasilkan prostaglandin, hormon mirip lemak yang membantu proses pembekuan darah dan kontraksi otot. Menurut Harvard T.H. Chan School of Public Health, mengganti lemak jenuh dengan asam linoleat dapat membantu mengurangi kolesterol total dalam tubuh, termasuk kolesterol jahat (LDL).

3. Menjaga kesehatan jantung

Kandungan asam linoleat pada bunga matahari juga sangat baik bagi kesehatan jantung. Sebuah penelitian melaporkan bahwa asam linoleat dapat diubah menjadi berbagai komponen yang mampu mengurangi peradangan.

Semakin banyak zat antiradang yang dihasilkan, ini dapat membantu mengurangi risiko beberapa penyakit kronis, seperti penyakit kardiovaskular dan diabetes tipe 2. 

Dalam 13 studi yang sudah dilakukan, orang-orang yang mendapatkan asupan asam linoleat tinggi berisiko 15% lebih rendah terkena penyakit jantung daripada yang tidak cukup asam linoleat. Risiko kematian akibat penyakit jantung pun turun hingga 21%.

4. Mengendalikan tekanan darah

Tekanan darah tinggi adalah salah satu faktor risiko utama penyakit jantung. Kabar baiknya, senyawa dalam kuaci alias biji bunga matahari dapat memblokir enzim yang memicu penyempitan pembuluh darah.

Hasilnya, pembuluh darah jadi lebih rileks sehingga aliran darah jadi lebih lancar dan tekanan darah pun ikut turun. Hal ini didukung juga oleh kandungan magnesium dalam kuaci yang juga membantu mengurangi tekanan darah agar lebih stabil.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

5. Mencegah diabetes

Jika Anda mengidap diabetes dan ingin mudah mengedalikan kadar gula darah puasa, cobalah makan 30 gram biji bunga matahari secara rutin dan jadikan itu bagian dari diet sehat Anda.

Hal ini dibuktikan oleh penelitian dalam jurnal Journal of Chemical and Pharmaceutical Research tahun 2016, bahwa orang yang rutin makan biji bunga matahari mengalami penurunan gula darah hingga 10% dalam 6 bulan. Efek menguntungkan tersebut kemungkinan dipengaruhi oleh asam klorogenat yang ada dalam bunga matahari. 

Menambahkan biji bunga matahari ke dalam makanan, contohnya roti, ternyata juga dapat membantu mengurangi efek karbohidrat pada gula darah Anda. Kandungan protein dan lemak pada kuaci mampu memperlambat laju pengosongan perut, sehingga proses pelepasan gula dari karbohidrat terjadi secara bertahap. Dengan demikian, gula darah Anda jadi terkontrol dan mencegah diabetes.

Baca Juga: 3 Pilihan Sehat untuk Menemani Hidangan Roti Anda

6 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Journal of Chemical and Pharmaceutical Research. Effects of sunflower seeds on fasting blood glucose in diabetes mellitus type 2 patients. http://www.jocpr.com/articles/effects-of-sunflower-seeds-on-fasting-blood-glucose-in-diabetes-mellitus-type-2-patients.pdf. 2016.
Very Well Fit. Sunflower Seed Nutrition Facts and Health Benefits. (https://www.verywellfit.com/calories-in-sunflower-seeds-and-their-health-benefits-4119941). 20 Maret 2020.
Healthline. How Many Calories Are in Sunflower Seeds? (https://www.healthline.com/health/food-nutrition/calories-in-sunflower-seeds). 26 September 2016.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Buka di app