Makanan dan Diet Sehat

5 Manfaat Biji Bunga Matahari (Kuaci) Bagi Kesehatan Tubuh

Dipublish tanggal: Apr 29, 2020 Update terakhir: Apr 29, 2020 Waktu baca: 3 menit
5 Manfaat Biji Bunga Matahari (Kuaci) Bagi Kesehatan Tubuh

Ringkasan

Buka

Tutup

  • Biji bunga matahari mengandung kaya lemak sehat, terdiri dari campuran lemak tak jenuh ganda dan lemak tak jenuh tunggal.
  • Kandungan flavonoid pada kuaci mampu menurunkan kadar protein penanda C-reaktif yang dikaitkan dengan risiko penyakit jantung dan diabetes tipe 2.
  • Serat dalam biji bunga matahari dapat membantu melancarkan pencernaan dan metabolisme tubuh. Cocok untuk mencegah sembelit.
  • Vitamin E dan selenium pada kuaci sangat baik untuk menangkal radikal bebas sekaligus meningkatkan daya tahan tubuh.
  • Asam linoleat dalam biji bunga matahari dapat membantu merilekskan pembuluh darah dan menurunkan kolesterol, sehingga aman bagi jantung.
  • Kuaci menjadi sumber seng dan folat yang baik untuk mendukung kesehatan janin dalam kandungan. Cocok untuk ibu hamil atau sedang merencanakan kehamilan.

Kuaci sering kali dijadikan camilan saat sedang menonton TV atau berkumpul bersama keluarga. Perpaduan rasa asin dan gurihnya terkadang membuat kita susah berhenti makan jika sudah telanjur memulai. Tahukah Anda bahwa selain enak dimakan, makanan yang berasal dari biji bunga matahari ini juga menyimpan manfaat bagi kesehatan?

Kandungan gizi biji bunga matahari

Selain enak buat ngemil, kuaci juga sering dijadikan campuran berbagai makanan. Teksturnya yang keras namun ringan cocok dijadikan sebagai isian roti, topping oatmeal, smoothies, hingga salad.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Dilihat dari kandungan nutrisinya, setiap 28 gram biji bunga matahari tawar mengandung:

  • 165 kalori
  • 5,48 gram protein
  • 14,1 gram lemak
  • 6,82 gram karbohidrat
  • 3,15 gram serat
  • 0,85 mg natrium
  • 0,77 gram gula
  • 7,4 mg vitamin E

Biji dari bunga berwarna kuning ini mengandung kaya lemak sehat, terdiri dari campuran lemak tak jenuh ganda (9,3 gram) dan lemak tak jenuh tunggal (2,7 gram). Dilengkapi juga dengan beberapa vitamin serta mineral yang membuat biji-bijian ini tergolong sehat untuk dikonsumsi.

Baca Juga: Ragam Manfaat Bunga Matahari, dari Biji Sampai Minyaknya

Manfaat biji bunga matahari bagi tubuh

Berikut ini berbagai manfaat biji bunga matahari bagi kesehatan Anda, antara lain:

1. Bersifat antiradang

Peradangan merupakan respon imun alami tubuh terhadap infeksi. Jika dibiarkan terus-menerus, hal ini bisa meningkatkan risiko penyakit kronis.

Sebagai contoh, meningkatnya kadar protein penanda C-reaktif dikaitkan dengan risiko penyakit jantung dan diabetes tipe 2. Menurut studi dalam American Journal of Epidemiology tahun 2012, orang dewasa yang makan kuaci 5 kali seminggu mengalami penurunan kadar protein penanda C-reaktif sebesar 32%.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Manfaat biji bunga matahari ini diduga berasal dari kandungan flavonoid yang mampu meredakan peradangan dalam tubuh. Alhasil, risiko penyakit jantung hingga diabetes tipe 2 bisa diminimalisir.

2. Melancarkan pencernaan

Julukan 'kecil-kecil cabe rawit' tentu pantas dinobatkan untuk kuaci. Meski bentuknya kecil, siapa sangka bahwa makan kuaci bisa membantu menjaga kesehatan pencernaan.

Berkat kandungan seratnya yang melimpah, makan kuaci bisa membantu proses pencernaan, penyerapan, hingga metabolisme dalam tubuh. Anda pun tak perlu khawatir akan terkena sembelit alias susah buang air besar.

3. Melindungi agar tidak mudah sakit

Karena mengandung vitamin E dan selenium, biji bunga matahari dikenal sebagai salah satu camilan sehat yang kaya antioksidan. Antioksidan memiliki peran utama dalam melindungi sel-sel tubuh dari paparan radikal bebas, juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Baca Juga: 4 Manfaat Selenium Bagi Kesehatan Tubuh (Plus Sumber Terbaiknya)

Selain itu, kuaci juga menjadi sumber asam fenolik dan flavonoid yang juga berfungsi sebagai antioksidan. Hanya dengan makan cikal bakal bunga matahari saja sudah bisa membuat tubuh Anda lebih fit dan tidak gampang sakit.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

4. Meningkatkan kesehatan jantung

Komponen dalam kuaci diketahui dapat memblokir enzim yang memicu penyempitan pembuluh darah. Ini membuat pembuluh darah jadi lebih rileks dan aliran darah pun lancar, sehingga tekanan darah jadi lebih stabil.

Manfaat biji bunga matahari ini didukung pula oleh kandungan asam linoleat di dalamnya. Jenis asam lemak tak jenuh tersebut digunakan untuk membuat senyawa yang dapat melemaskan pembuluh darah.

Asam linoleat ini juga dapat membantu menurunkan kolesterol, sehingga aman bagi kesehatan jantung. Seperti yang diketahui, hipertensi dan kolesterol tinggi merupakan salah satu pemicu penyakit jantung. 

5. Menjaga kesehatan janin

Bagi wanita yang sedang merencanakan kehamilan atau bahkan sudah hamil, maka coba masukkan kuaci ke dalam daftar camilan sehat Anda. Pasalnya, biji-bijian ini merupakan sumber seng dan folat yang baik untuk mendukung kesehatan janin dalam kandungan.

Folat sangat dibutuhkan untuk pembentukan plasenta dan mencegah cacat tabung saraf pada bayi (spina bifida). Sementara kandungan sengnya membantu menghasilkan insulin dan enzim.

Selain itu, asupan vitamin E dari kuaci juga dapat membantu janin mengembangkan sel darah merah dan otot-otot tubuhnya dalam rahim. Satu paket manfaat biji bunga matahari ini tentu sangat sayang untuk dilewatkan, bukan?

5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
American Journal of Epidemiology. Nut and seed consumption and inflammatory markers in the multi-ethnic study of atherosclerosis. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/16357111). 1 Februari 2006.
Eating Well. 4 Amazing Health Benefits of Sunflower Seeds. (http://www.eatingwell.com/article/2059940/sunflower-seeds-nutrition/). 26 November 2019.
Very Well Fit. Sunflower Seed Nutrition Facts and Health Benefits. (https://www.verywellfit.com/calories-in-sunflower-seeds-and-their-health-benefits-4119941). 20 Maret 2020.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Buka di app