7 Manfaat Bersepeda untuk Anak, Tak Hanya Bikin Bugar

Dipublish tanggal: Jun 30, 2020 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
7 Manfaat Bersepeda untuk Anak, Tak Hanya Bikin Bugar

Ringkasan

Buka

Tutup

  • Selain menjadi aktivitas yang seru dan menyenangkan, manfaat main sepeda juga bisa membuat anak lebih percaya diri dan belajar bersosialisasi.
  • Bersepeda akan membuat anak tetap aktif bergerak tanpa merasa sedang berolahraga. Hal ini akan membantu menghindarkan anak dari risiko obesitas.
  • Latihan otot-otot kardiovaskular juga dapat memengaruhi berat badan anak. Semakin sering anak bersepeda, maka hal ini akan membantunya mencapai berat badan ideal.
  • Manfaat bersepeda bisa membantu mengatasi stres pada anak setelah seharian belajar di sekolah. Ajaklah keliling taman agar pikirannya lebih rileks dan ceria lagi.
  • Jangan lupa juga untuk selalu memenuhi kebutuhan gizi & nutrisi anak dengan memberikan asupan makanan sehat dan vitamin bila perlu.

Main sepeda mungkin menjadi salah satu aktivitas favorit Anda sejak kecil dulu, terutama menjelang sore hari. Bila diingat, rasanya tentu menyenangkan ketika bisa bersepeda bersama teman-teman sebaya meski sekadar berkeliling komplek. Karena itulah, Anda tentu ingin adik atau bahkan anak Anda segera belajar mengendarai sepeda agar bisa keliling komplek bersama. Tahukah Anda bahwa selain menyenangkan, ternyata ada banyak manfaat bersepeda untuk anak, lho! 

Manfaat bersepeda untuk anak

Seiring berkembangnya teknologi, kehadiran handphone dan gadget lainnya kerap membuat anak jadi lebih suka menyendiri untuk main game. Bila terus dibiarkan, hal tersebut tentu bisa membuat si kecil jadi 'mager' alias malas gerak dan enggan bersosialisasi dengan banyak orang.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Nah, di sinilah peran orangtua untuk mulai mengenalkan aktivitas yang bisa dilakukan di luar ruangan. Tak perlu repot menghabiskan banyak uang untuk jalan-jalan ke tempat rekreasi, Anda bisa mengajak si kecil main sepeda.

Bersepeda termasuk olahraga intensitas rendah yang dibungkus dengan cara yang menyenangkan. Manfaat main sepeda bagi anak tidak hanya bisa menambah keakraban dengan teman sebayanya, tapi juga membuat tubuhnya aktif bergerak.

Baca Selengkapnya: Manfaat Bersepeda untuk Kesehatan Fisik dan Mental

Selain itu, masih ada banyak manfaat bersepeda untuk anak, antara lain:

1. Meningkatkan rasa percaya diri

Selain menjadi aktivitas yang seru dan menyenangkan, manfaat main sepeda juga bisa membuat anak Anda jadi lebih percaya diri. Pasalnya, saat bersepeda, si kecil akan belajar mandiri dan bertanggung jawab atas tubuhnya sendiri agar tetap aman dan tidak terjatuh.

Ingatkah Anda saat pertama kali bisa mengendarai sepeda tanpa terjatuh? Pengalaman tersebut tentu membuat Anda semakin percaya diri, bukan?

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Nah, hal itu pula yang dirasakan anak saat main sepeda. Semakin anak percaya diri, maka ia akan lebih berani untuk keluar dari zona nyaman dan siap menghadapi tantangan lainnya.

Agar anak makin percaya diri, temani si kecil main sepeda sambil terus memberi semangat ketika ia berhasil bersepeda dengan lancar. Hal tersebut bahkan bisa mempererat hubungan Anda dan si kecil.

2. Melatih anak bersosialisasi

Manfaat bersepeda juga bisa membantu anak Anda aktif bersosialisasi dengan teman sebayanya. Tanpa sadar, anak akan belajar berkomunikasi dengan cara yang sederhana, misalnya dengan memanggil teman-temannya untuk main sepeda di sore hari, berkenalan dengan teman baru, hingga membuat rencana bersepeda lagi esok hari.

Lambat laun, mereka akan membentuk kelompok pertemanan yang seru dan berlanjut hingga seterusnya.

3. Membuat anak tetap aktif bergerak

Rutinitas bersepeda bisa membuat anak Anda keluar dari zona nyamannya di dalam rumah. Misalnya dari kebiasaan bermain game atau menonton TV yang membuat anak jadi malas gerak, bahkan bila terus dibiarkan bisa meningkatkan risiko obesitas pada anak.

Baca Juga: Kenali Apa Saja Bahaya Obesitas Pada Anak Sejak Dini

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Nah, bersepeda bisa menjadi alternatif olahraga terbaik untuk membantu anak bergerak aktif tanpa merasa sedang olahraga. Meski hanya dengan gerakan mengayuh, aktivitas ini bisa membuat seluruh otot-otot tubuh ikut bergerak sehingga tubuh anak jadi sehat dan terhindar dari risiko obesitas.

Ajaklah anak Anda bersepeda sambil merasakan sejuknya udara di pagi hari. Paparan sinar matahari pagi juga dapat membantu pembentukan vitamin D dalam tubuh anak. Selain menyehatkan, hal ini juga akan membuat anak lebih mudah tidur di malam hari.

4. Menjaga kesehatan jantung dan paru-paru

Selama bersepeda, paru-paru dan jantung bekerja bersama-sama untuk membawa oksigen lebih banyak ke dalam tubuh. Akibatnya, organ-organ tubuh dapat berfungsi secara optimal.

Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh University of Glasgow tahun 2017, aktivitas bersepeda dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan kanker hingga 50%.

5. Menjaga berat badan ideal

Latihan otot-otot kardiovaskular dengan bersepeda juga dapat memengaruhi berat badan anak. Semakin sering anak bersepeda, maka hal ini akan membantunya mencapai berat badan ideal.

Dengan kata lain, manfaat main sepeda ini cocok untuk anak-anak yang mengalami kelebihan berat badan atau obesitas.

6. Membentuk otot

Saat mengayuh sepeda, otot tubuh yang paling bekerja adalah otot kaki. Namun jangan salah. Tak hanya otot kaki saja, gerakan bersepeda juga mampu membangun otot-otot tubuh secara keseluruhan. 

Bila Anda khawatir anak akan kecapekan, ajaklah si kecil untuk bersepeda dengan kecepatan yang rendah alias sambil bersantai. Sembari bersepeda, ajak anak bercerita soal lingkungan atau hal apa pun yang ia lihat. Tanpa disadari, ini bisa jadi momen belajar dengan cara yang menyenangkan, bukan?

Baca Juga: Olahraga Terbaik untuk Kesehatan Tulang bagi Anak-anak, Remaja, dan Dewasa

7. Mengatasi stres

Siapa bilang hanya orang dewasa saja yang bisa stres? Anak-anak pun juga bisa merasakannya, lho!

Saat anak mulai tidak mood atau tampak stres, ajaklah ia ke luar rumah sambil bersepeda. Manfaat main sepeda bisa membantu mengembalikan energi anak yang terkuras habis setelah seharian sekolah. Ajaklah ia bersepeda keliling taman agar pikirannya lebih rileks dan ceria lagi begitu sampai rumah.

4 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
BMJ. Association between active commuting and incident cardiovascular disease, cancer, and mortality: prospective cohort study. (https://www.bmj.com/content/357/bmj.j1456). 2017.
Parents. All About Bicycle Riding. (https://www.parents.com/fun/sports/exercise/bicycle-riding/).

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app