Manfaat Berjalan Tanpa Alas Kaki Bagus untuk Anak-anak

Berjalan tanpa alas kaki dapat membantu mengembangkan dan mempertahankan rentang gerakan yang tepat di sendi kaki dan pergelangan kaki, di samping kekuatan dan stabilitas yang memadai di dalam otot dan ligamen kaki dan tubuh.
Dipublish tanggal: Agu 8, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
Manfaat Berjalan Tanpa Alas Kaki Bagus untuk Anak-anak

Tahukah Anda berjalan tanpa alas kaki memiliki berbagai macam manfaat untuk tulang, khususnya dalam memperkuat tulang anak-anak? Untuk pembahasan lebih lanjut simak pembahasan artikel dibawah ini.

Pengembangan kaki dan tubuh yang baik dapat terjadi secara alami ketika anak dibiarkan berjalan tanpa alas kaki

Salah satu keuntungan paling penting dari berjalan tanpa alas kaki adalah pengembangan kaki dan tubuh yang baik yang merupakan fondasi fisik seseorang. Ingat, tubuh Anda membutuhkan pondasi yang kuat seperti halnya sebuah rumah.

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores pregnancy   breat feeding gold sku

Berjalan tanpa alas kaki dapat membantu mengembangkan dan mempertahankan rentang gerakan yang tepat di sendi kaki dan pergelangan kaki, di samping kekuatan dan stabilitas yang memadai di dalam otot dan ligamen kaki dan tubuh.

Sebaliknya, memaksa kaki anak-anak agar sesuai dengan bentuk sepatu kemungkinan besar akan menghasilkan perubahan permanen pada bentuk atau konstruksi kaki.

Kaki yang dibangun dengan pondasi yang buruk dapat mengubah gaya berjalan seseorang dan menyebabkan lutut, pinggul, atau panggul yang cacat. 

Terkadang, hal tersebut akan menjadi efek yang buruk juga pada lutut, pinggul, panggul dan bahkan dapat mempengaruhi rongga tulang belakang ketika anak tumbuh.

Berjalan tanpa alas kaki dapat membantu memperkuat kaki dan Tubuh

Berjalan tanpa alas kaki adalah cara terbaik untuk memperkuat dan mempertahankan fungsi penuh dari kaki dan tubuh anak. 

Misalnya, otot kaki dan kaki yang kuat dapat membantu mendukung punggung untuk mengurangi atau menghilangkan sakit punggung pada anak-anak dan orang dewasa yang lebih tua.

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores pregnancy   breat feeding gold sku

Karena bentuk dan kepadatan tulang dan otot di kaki merupakan akibat langsung dari beban yang diletakkan pada tubuh. 

Alas kaki yang buruk dapat mempengaruhi cara tulang dan otot di seluruh tubuh berkembang, dan, menyebabkan perkembangan otot-otot yang tidak tepat.

Dengan kata lain, alas kaki yang tidak tepat dapat melemahkan otot-otot kaki dan kaki sehingga menyebabkan hilangnya 

kekuatan pada kaki dan tubuh yang kemungkinan besar akan menyebabkan rasa sakit fisik dari waktu ke waktu karena begitu banyak fungsi kaki yang berubah ketika mengenakan sepatu.

Pada zaman dahulu, resep untuk mendapatkan kaki yang kuat adalah berjalan tanpa alas kaki. 

Inilah sebabnya mengapa sangat penting untuk memungkinkan anak-anak Anda memperkuat kaki dan tubuh mereka dengan memberi mereka waktu bermain tanpa alas kaki yang cukup.

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores pregnancy   breat feeding gold sku

Berjalan tanpa alas kaki dapat membantu mengembangkan otot motorik halus di kaki

Anak-anak akan menjadi lebih mahir menggunakan kaki mereka ketika mereka diizinkan berkeliaran tanpa alas kaki. Ketika anak-anak dibiarkan bebas, kaki mereka bisa menjadi instrumen dan alat yang sensitif.

Bisakah Anda bayangkan jika seseorang mengenakan sepatu di tangan kita? Bagaimana orang tersebut mengembangkan otot motorik halus di tangannya jika mereka terus-menerus diikat?

Kaki juga memiliki otot motorik halus yang perlu berkembang!

Anak-anak yang berjalan tanpa alas kaki dapat meningkatkan kontrol otot motorik halus, dan belajar bagaimana menggunakan kaki mereka sebagaimana seharusnya digunakan.

Berjalan tanpa alas kaki dapat membantu sistem sensori kaki dan tubuh berkembang dengan baik

Berjalan tanpa alas kaki dapat membantu anak-anak belajar menyeimbangkan dan mengembangkan semua sistem sensorik lainnya dalam tubuh termasuk proprioception. 

Ketika Anda mengenakan sepatu pada alas kaki anak Anda, hal tersebut dapat mengurangi jumlah dan kualitas informasi sensorik yang didapat anak tentang lingkungan dan tubuh mereka.

Merasakan bumi di bawah kaki mereka memungkinkan anak-anak untuk mengembangkan sistem sensor somatosensorik, proprioseptif, dan vestibular mereka dengan cara yang tidak mungkin dilakukan jika menggunakan sepatu.

Ketiga sistem tersebut di dalam tubuh diuntungkan dengan berjalan tanpa alas kaki dan semua sistem tersebut bekerja bersama untuk meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Berjalan tanpa alas kaki dapat menstimulasi titik reflexologi di bawah kaki

Ketika anak-anak diizinkan untuk berjalan tanpa sepatu, titik-titik refleksi pada bagian bawah kaki dapat merangsang setiap organ utama dalam tubuh. Hal tersebut bagus untuk perkembangan kesehatan tubuh anak.

Berjalan tanpa alas kaki dapat membantu anak menyatu dengan alam

Ketika anak berjalan tanpa alas kaki, kaki mereka akan bersentuhan dengan ion negatif. Ion-ion negatif tersebut telah diteliti memiliki efek penyembuhan antiinflamasi pada tubuh. 

Namun ketika anak memakai sepatu, hal tersebut dapat membatasi paparan tubuh anak terhadap sumber antioksidan dari alam.

11 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Walking Barefoot: Benefits, Potential Dangers, How to Do It Prope. Healthline. (https://www.healthline.com/health/walking-barefoot)
Comparison of Barefoot Walking and Shod Walking Between Children with and Without Flat Feet. JAPMA Online. (https://www.japmaonline.org/doi/abs/10.7547/0003-0538-105.3.218)
The effects of being habitually barefoot on foot mechanics and motor performance in children and adolescents aged 6–18 years: study protocol for a multicenter cross-sectional study (Barefoot LIFE project). National Center for Biotechnology Information. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5010736/)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app