Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Kebiasaan Sehat

Manfaat Bangun Pagi Untuk Fisik, Mental dan Emosi Anda

Update terakhir: NOV 14, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 1.052.159 orang

Ada begitu banyak manfaat yang bisa didapat dengan bangun lebih awal di pagi hari, dari menunjukan kinerja yang lebih baik di sekolah hingga lebih konsisten dalam menjalani rencana diet. Berikut adalah Manfaat bangun pagi untuk kebaikan fisik, mental dan emosi.

Manfaat bangun pagi untuk kesehatan fisik

  • Membantu menjaga pola diet

Bangun pagi dapat membantu Anda untuk mempertahankan pola makan yang lebih sehat

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Orang-orang yang rajin bangun pagi cenderung untuk makan sarapan, sementara yang bangun siang lebih sering mengambil sesuatu yang kurang sehat untuk dijadikan makanan karena merasa sangat lapar saat terbangun atau mereka melewatkan makanan sama sekali.

  • Membuat kulit anda terlihat sehat

Setelah tidur nyenyak di malam hari, kulit kita akan tampak lebih cerah di pagi hari. Dan jika Anda bangun pagi, Anda dapat memanfaatkannya untuk memberikan perawatan ekstra pada kulit Anda.

Mirip dengan contoh sarapan di atas, orang yang bangun di siang hari cenderung kurang fokus pada kebiasaan pagi yang sehat seperti berolahraga. Berolahraga berfungsi untuk mendorong asupan oksigen ke seluruh tubuh termasuk kulit, sehingga kulit tampak lebih sehat setelah berolahraga. 

Orang yang bangun pagi juga dapat menggunakan waktu ekstra untuk melakukan perawatan kulit.

Orang yang bangun pagi juga cenderung memiliki kebiasaan tidur yang teratur (tidak seperti burung hantu malam yang memiliki jadwal tidur yang tidak menentu). Memiliki rutinitas tidur yang teratur, dapat membantu kulit Anda mendapatkan waktu yang tepat untuk melakukan peremajaan kulit.

  • Memberi anda lebih banyak waktu untuk berolahraga

Saat Anda bangun lebih awal, Anda memiliki waktu untuk berolahraga. Berolahraga di pagi hari lebih baik dibandingkan dengan berolahraga di sore hari. Selain kondisi tubuh yang masih prima pada pagi hari, berolahraga di pagi hari dapat memberikan Anda waktu lebih banyak bersama keluarga setelah Anda beraktivitas. 

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Selain itu, dengan berolahraga di pagi hari, Anda akan menemukan bahwa berolahraga di pagi hari dapat membuat Anda untuk lebih berenergi sepanjang hari.

Manfaat bangun pagi untuk kesehatan mental

  • Konsentrasi yang lebih baik

Memulai hari Anda lebih awal dapat membantu meningkatkan konsentrasi Anda. Selain bisa fokus pada tujuan dan daftar tugas tanpa terganggu oleh anggota keluarga atau rekan kerja, bangun lebih awal juga dapat membantu Anda menyesuaikan diri dengan baik pada hari itu. 

Sehingga Anda akan lebih siap untuk menghadapi hari-hari Anda.

  • Meningkatkan produktivitas anda

Kebanyakan orang sukses melaporkan bahwa mereka bangun jam 5 pagi, atau bahkan lebih awal. Riser awal cenderung lebih produktif karena berbagai alasan, termasuk:

  • Memiliki lebih banyak waktu untuk fokus pada tugas-tugas penting sementara seluruh dunia sedang tertidur.
  • Otak cenderung paling waspada di pagi hari. Jika Anda dapat fokus tanpa gangguan di awal hari, Anda dapat menyelesaikan sisa hari  Anda dengan baik..
  • Anda cenderung membuat keputusan yang lebih baik dan berpikir lebih jernih di pagi hari daripada di sore dan malam hari. 
  • Jika Anda dapat bangun dari tempat tidur lebih awal, Anda akan menemukan bahwa Anda memiliki lebih banyak energi sepanjang hari. 

Manfaat bangun pagi untuk kesehatan emosional

  • Meningkatkan kualitas tidur anda

Menjaga tubuh Anda pada rutinitas tidur akan membuatnya lebih mudah untuk tidur dan bangun secara alami pada waktu yang sama setiap malam. Hal ini sangat penting untuk jam internal tubuh Anda. 

Jika Anda tidur larut malam dan bangun terlambat di akhir pekan, misalnya, tubuh Anda akan lebih sulit untuk menyesuaikan diri.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat
  • Membuat anda menikmati waktu di pagi hari

Saat Anda bangun pagi, Anda akan mendapatkan kondisi yang tenang dan damai. Hiruk pikuk dunia yang terkadang membuat seseorang stres dan jenuh, untuk sementara waktu akan hilang pada pagi hari. Berada pada kondisi seperti itu sangat baik untuk kesehatan pikiran Anda. 

Selain itu Anda juga akan menemukan bahwa perjalanan harian Anda lebih mudah jika Anda pergi satu jam lebih awal karena semakin pagi Anda memulai rutinitas, maka semakin kecil Anda akan terjebak macet..

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit