Perawatan Tubuh

Kenali Berbagai Manfaat Baking Soda Bagi Kesehatan Tubuh

Dipublish tanggal: Mar 13, 2019 Update terakhir: Mar 13, 2020 Tinjau pada Mar 31, 2019 Waktu baca: 3 menit
Kenali Berbagai Manfaat Baking Soda Bagi Kesehatan Tubuh

Baking soda umumnya dikenal sebagai salah satu bahan pembuat kue. Tetapi, apakah Anda tahu bahwa baking soda juga sangat bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan? Baking soda berbeda dengan baking powder, kedua bahan tersebut memang umumnya digunakan untuk membuat kue namun baking soda ternyata punya keunggulan lebih dibandingkan saudaranya.

Berbeda dengan baking powder, bubuk baking soda akan terasa lebih kesat (seperti bubuk tepung kanji), sedangkan untuk rasa, baking soda memiliki rasa pahit dan getir. Setelah mengetahui cara membedakan baking soda dan baking powder, jadi Anda tidak salah saat memanfaatkan baking soda untuk hal-hal berikut.

Manfaat baking soda untuk kesehatan

1. Menghilangkan bau mulut

Untuk menghilangkan bau mulut, baking soda dapat digunakan sebagai obat kumur yang dapat membantu menghilangkan kuman dan bakteri penyebab bau mulut. Cara membuat obat kumur dari baking soda adalah dengan mencampur 1 sendok teh (sdt) baking soda dengan 100 ml air, kemudian diaduk rata.  

2. Bahan untuk memutihkan gigi

Campuran baking soda dengan buah stoberi sudah banyak digunakan untuk memutihkan gigi dan makin popular belakangan karena khasiatnya yang telah terbukti. Walaupun bahan yang terkandung pada baking soda dapat membantu proses pemutihan gigi, namun penggunaanya sendiri tidak disarankan lebih dari 2 kali seminggu. Perlu diingat bahwa penggunaan baking soda yang berlebih pada gigi dapat merusak enamel yang ada.  

3. Mengobati asam lambung

Baking soda atau yang juga dikenal dengan sodium bikarbonat ini dapat juga ditemukan terkandung dalam obat penetral asam lambung. Apabila Anda sering mengalami mual karena asam lambung yang tinggi, coba minum campuran baking soda dengan air hangat.  

4. Menghilangkan rasa gatal pada kulit

Rasa gatal pada kulit tentu sangat mengganggu, walaupun banyak produk dengan mudah Anda beli untuk mengobati rasa gatal ini. Tidak ada salahnya untuk Anda mencoba cara alami berikut.

Campur baking soda dan air sampai pekat dan kental, kemudian oleskan di bagian kulit yang gatal akibat gigitan serangga, pastikan Anda membilasnya setelah 2-5 menit.  

5. Menghilangkan bau badan

Seperti bau mulut, baking soda juga dapat membantu menghilangkan bau tak sedap pada tubuh Anda. Baking soda banyak digunakan sebagai deodorant alami, campurkan 1 sendok makan (sdm) baking soda dengan 1 sdm tepung maizena, kemudian tepuk perlahan menggunakan kain lembab ke kulit ketiak.  

Manfaat baking soda untuk kecantikan

1. Mengangkat sel kulit mati

Gunakan baking soda untuk membuat scrub alami, tekstur dari bubuk baking soda yang pekat sangat bermanfaat untuk mengelupas dan mengangkat sel- sel kulit. Disarankan untuk melakukan eksfoliasi setidaknya sekali dalam seminggu untuk mendorong regenerasi kulit baru.

Anda dapat menggunakan satu sendok makan baking soda kemudian dicampur susu biasa dan air, kemudian gosokkan ke kulit.  

2. Perawatan kuku dan kutikula

Gunakan baking soda untuk merawat kuku kaki dan tangan Anda, baking soda berfungsi untuk membantu membersihkan kutikula dan memberikan kilau pada kuku. Rendam kuku kaki atau tangan Anda pada air hangat lalu tuang baking soda pada kuku kemudian sikat dan bilas kembali dengan air.  

3.  Mencerahkan kaki kusam

Selain dapat membantu menghilangkan kelelahan dan bau tak sedap pada kaki, baking soda juga berfungsi untuk mencerahkan kaki kusam. Jika Anda memiliki masalah dengan kaki kusam, rendam kaki dengan campuran air hangat dan baking soda kemudian gosok baking soda pada kaki yang masih basah.

Setelah itu, bilas dan keringkan dengan handuk. Anda dapat mengakhirinya dengan mengoleskan pelembab kaki.  

4. Merawat rambut dan kulit kepala

Mengusir ketombe rambut, memberikan kilau pada rambut, membersihkan minyak berlebih pada kulit kepala adalah alasan mengapa baking soda dapat digunakan sebagai pengganti shampo. Anda dapat mencampur baking soda dengan cuka kelapa kemudian digosokkan pada rambut yang sudah dibasahi terlebih dahulu dengan air lalu bilas kembali sampai bersih.  

Manfaat baking soda saat ini banyak digunakan sebagai bahan alami untuk kesehatan dan kecantikan. Namun, hal ini tentu bukan tanpa efek samping. Konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter, dan segera hentikan penggunaan jika terjadi iritasi pada tubuh atau kulit Anda.

4 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
What Is Baking Soda? Uses, Benefits, Side Effects, Recipes, More. Everyday Health. (https://www.everydayhealth.com/diet-nutrition/diet/baking-soda-uses-benefits-side-effects-recipes-more/)
Baking soda and lemon: What are the health benefits?. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/324653)
Baking Soda: What It Does and Doesn’t Do for Your Health. WebMD. (https://www.webmd.com/a-to-z-guides/baking-soda-do-dont)

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Buka di app