Makanan Untuk Otak

Dipublish tanggal: Feb 14, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 1 menit
Makanan Untuk Otak

Semakin usia kita menua, semakin tua pula tubuh dan semakin berkurang daya otak kita. Ada beberapa jenis makanan dan suplemen yang dipercaya dapat meningkatkan konsentrasi, daya ingat dan memperbaiki fungsi otak.

Makanan yang Baik bagi Fungsi Otak

Contoh makanan yang baik bagi fungsi otak adalah:

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Saraf & Otak via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 5

1. Kafein

Kafein dapat memberikan energi, meningkatkan kewaspadaan, membantu agar lebih fokus dan meningkatkan konsentrasi. Kafein terkandung dalam kopi, coklat, energy drinks dan obat-obatan. Kafein juga membantu seseorang tetap terjaga (mengurangi kantuk) walaupun hanya bersifat sementara. Konsumsi kafein berlebih akan membuat gelisah.

2. Gula (glukosa)

Gula dapat meningkatkan kewaspadaan. Gula menjadi ‘bahan bahan’ untuk menjalankan fungsi otak. Bukan gula yang sehari-hari Anda gunakan untuk menyeduh teh, tapi glukosa. Glukosa dihasilkan dari proses metabolisme gula dan karbohidrat yang Anda konsumsi. Itulah kenapa segelas minuman manis dapat membantu daya ingat, proses berpikir dan mental (juga bersifat sementara).

3. Sarapan

Sebuah studi mengatakan, seseorang yang selalu sarapan secukupnya (terutama bagi pelajar), dapat meningkatkan daya ingat. Sarapan yang baik adalah campuran buah segar, susu dan biji-bijian kaya serat (sereal). Sarapan dengan kalori tinggi justru akan menghambat konsentrasi dan membuat badan menjadi lesu. 

4. Protein

Konsumsi ikan yang kaya akan omega 3 sangat baik untuk meningkatkan daya kerja otak. Konsumsi omega 3 juga dapat menurunkan resiko terkena Alzheimer (dementia) dan stroke. Sebaiknya konsumsi ikan 2 kali (2 porsi) dalam seminggu.

5. Kacang-kacangan dan coklat

Kacang dan biji-bijian kaya akan vitamin E (antioksidan). Coklat pahit (dark cocholate) juga mengandung banyak antioksidan, yang mengandung stimulan alami seperti kafein. Sebaiknya konsumsi 1 ons coklat dan kacang-kacangan setiap harinya.

6. Alpukat dan gandum

Aliran darah menopang fungsi kerja organ diseluruh tubuh, terutama jantung dan otak. Dengan rajin mengkonsumsi gandum dan alpukat (secukupnya) dapat mengurangi resiko terkena penyakit kardiovaskular, mengurangi lemak jahat, mengurangi penumpukan plak dan melancarkan aliran darah. Biji-bijian (misalnya jagung – popcorn) dan gandum, juga mengandung banyak serat dan vitamin E. Alpukat yang mengandung lemak tak jenuh juga baik bagi aliran darah.

7. Blueberries

Dapat melindungi otak dari kerusakan akibat radikal bebas. 

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
10 Foods That Boost Concentration. Health.com. (https://www.health.com/food/10-foods-that-boost-concentration)
Foods linked to better brainpower . Harvard Health. (https://www.health.harvard.edu/mind-and-mood/foods-linked-to-better-brainpower)
Food for Concentration: 11 Foods That Boost Memory & Help You Focus. WebMD. (https://www.webmd.com/add-adhd/ss/slideshow-brain-foods-that-help-you-concentrate)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app