Makanan Kaya Protein untuk Nutrisi Harian Tubuh

Dipublish tanggal: Jun 24, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
Makanan Kaya Protein untuk Nutrisi Harian Tubuh

Tubuh manusia dirancang dengan kegunaan yang kompleks sehingga mampu melakukan berbagai aktivitas dengan baik tanpa kendala. Akan tetapi untuk melakukan aktivitas tersebut dibutuhkan beberapa nutrisi yang berasal dari alam baik berupa tumbuhan, hewan dan lingkungan hidup.

Salah satu zat tubuh yang harus anda miliki adalah protein. Protein dibutuhkan untuk proses regenerasi sel. Sehingga anda harus mengetahui banyak hal tentang protein, jenis-jenis protein yang dibutuhkan oleh tubuh, kemudian beberapa jenis makanan yang kaya akan protein.

Iklan dari HonestDocs
Beli Fungiderm CR 5G via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Fungiderm cr 5g 1

Hal tersebut perlu anda ketahui agar dapat lebih memperhatikan protein yang dibutuhkan oleh tubuh. Sehingga tubuh akan memiliki cukup protein dan terhindar dari berbagai jenis penyakit. Simak penjelasannya berikut ini.

Definisi Protein

Kebanyakan orang sering berpendapat bahwa hanya mengetahui jenis-jenis protein tanpa mengetahui definisi protein itu sendiri. Sehingga cenderung lebih mengabaikan asupan protein dalam tubuh atau bahkan mengonsumsi protein dengan jumlah yang berlebihan.

Protein merupakan sebuah zat golongan makro yang berasal dari unsur-unsur karbon (C), Hidrogen (H) dan kandungan Nitrogen (N). Ketiga unsur ini merupakan unsur yang paling utama, selain itu protein disusun dari fosfor dan belerang. Dengan demikian protein merupakan salah satu jenis nutrisi yang mudah diperoleh setiap hari.

Tugas Protein di dalam Tubuh

Protein memiliki berbagai fungsi dan tugas yang banyak di dalam tubuh, sehingga anda juga menyadari betapa pentingnya protein dalam kehidupan sehari-hari. Selain berguna sebagai pemulihan pada sel-sel yang ada di dalam tubuh, nyatanya protein juga berperan penting terhadap pertumbuhan dan waktu sakit seseorang. Sebagai salah satu imbas pergantian sel-sel di dalam tubuh.

Jenis Protein

Berdasarkan sumber makanan yang mengandung protein maka jenis protein itu sendiri, terbagi ke dalam dua bagian besar yakni berasal dari protein hewani dan protein nabati. Simak penjelasannya berikut ini:

Protein Hewani

Protein hewani merupakan salah satu jenis protein yang berasal dari hewan atau daging-daging yang anda konsumsi. Protein jenis ini sangat terkenal dan baik untuk dikonsumsi setiap hari, apalagi dengan segudang manfaatnya. Akan tetapi ancaman penyakit kolesterol adalah salah satu hal negatif yang terkandung di dalam protein hewani.

Iklan dari HonestDocs
Beli Fungiderm CR 5G via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Fungiderm cr 5g 1

Dengan demikian anda harus menjaga asupan makanan yang mengandung protein hewani, agar mendapatkan gizi yang seimbang. Bukan malah merugikan kesehatan tubuh sendiri.

Protein Nabati

Protein nabati merupakan jenis protein yang berasal dari tumbuhan atau nabati. Anda bisa dengan mudah menemukan berbagai jenis-jenis sumber makanan yang mengandung protein. 

Meskipun memiliki kadar protein yang lebih rendah dari protein hewani, namun cenderung memiliki lemak tidak jenuh jika dibandingkan dengan protein hewani.

Kandungan lemak jenuh paling besar dimiliki oleh protein hewani. Keunggulan dari protein nabati yang lainnya adalah mengandung banyak antioksidan dan isoflavon. Kedua zat ini sangat diperlukan tubuh sebagai pelengkap nutrisi harian.

Beberapa contoh makanan yang kaya akan kandungan protein adalah

  • Susu
  • Telur
  • Yogurt
  • Berbagai jenis daging, baik jenis unggas dan daging hewan yang mengonsumsi rumput (Ruminansia).
  • Berbagai jenis ikan dan makanan laut. Baik ikan basah yang segar maupun ikan kering.
  • Berbagai jenis serelia seperti umbi-umbian.
  • Terakhir adalah berbagai jenis kacang-kacangan.

Anda membutuhkan asupan protein harian dari jenis hewani sebesar 70-160 mg, sama dengan 100-400 mg protein nabati. Kemudian kebutuhan akan protein juga ditentukan berdasarkan kondisi tubuh, usia dan jenis kelamin.

5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
43 high-protein foods for weight loss. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/321522)
Healthy Protein Food Sources: Eggs, Milk, Cheese, Pork, and More. WebMD. (https://www.webmd.com/fitness-exercise/guide/good-protein-sources)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app