Lindungi Mata Anda Saat Memasak di Dapur

Dipublish tanggal: Feb 14, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
Lindungi Mata Anda Saat Memasak di Dapur

Cidera mata dapat dialami oleh siapa saja dan terjadi di mana saja, namun tahukah Anda bahwa kebanyakan cidera mata terjadi di rumah, terutama akibat kegiatan di dapur? Trauma mata sangat rentan terjadi saat Anda sedang memasak karena Anda tidak menggunakan pelindung mata.

Cara Melindungi Mata Saat Memasak di Dapur

Untuk melindungi mata Anda saat bekerja di dapur, lakukan langkah-langkah ini: 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Mata via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 12

1. Bawalah kacamata pelindung dan letakkan di dekat Anda

Bentuk kacamata pelindung yang mirip dengan kacamata renang atau kacamata tukang las ini berguna saat Anda harus membersihkan bagian dalam oven yang penuh dengan senyawa kimia atau ketika menggunakan bahan pembersih keras. Kacamata pelindung juga melindungi mata Anda dari iritasi akibat bumbu pedas saat memasak.

2. Seringlah membasuh dan mencuci tangan

Anda seringkali langsung menyentuh mata setelah memegang atau menggunakan tangan untuk memotong-motong makanan. Tak jarang, makanan tersebut memiliki sifat panas dan pedas seperti cabe dan bawang, menyebabkan terjadinya rasa sakit dan mata merah. Kondisi ini akan menyakiti mata, terutama jika Anda menggunakan lensa kontak dan lupa mencuci tangan. Cuci juga alas potong yang Anda gunakan hingga bersih.

3. Kuasailah pertolongan pertama pada cidera mata

  • Segeralah cuci mata dengan air keran dingin atau dengan cairan yang digunakan untuk membersihkan lensa kontak. Kemudian, kedip-kedipkan mata Anda untuk menstimulasi keluarnya air mata.
  • Apabila Anda tanpa sengaja terpapar dengan bahan kimia di mata Anda, segera juga cuci mata dan bawa mata ke unit gawat darurat sambil terus menetesi mata Anda dengan obat tetes mata.
  • Jika cidera yang Anda alami disebabkan oleh benturan langsung pada mata, berikan kompres air dingin pada mata yang terbentur dan hubungi dokter mata. Jika mata Anda berdarah dan Anda merasakan adanya perubahan pada penglihatan dan timbulnya rasa sakit ketika Anda menggerakkan mata, segera periksakan diri ke rumah sakit terdekat.
  • Jika mata Anda kemasukan sesuatu, jangan menggosok mata Anda. Tarik kelopak mata atas ke bawah mendekati kelopak mata bawah, berkediplah beberapa kali agar bulu mata Anda yang ada di kelopak bawah membantu membersihkan benda yang masuk ke dalam mata. Jika tindakan ini tidak membantu, cuci mata dengan air. Jika benda tetap tidak mau keluar dari mata, mintalah bantuan dokter mata. 

Dengan menjaga keamanan mata selama beraktivitas di dapur, cedera dapat dihindari dan kegiatan memasak dapat berjalan dengan lancar. 

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
8 Kitchen Eye Safety Tips. American Academy of Ophthalmology. (https://www.aao.org/eye-health/tips-prevention/eight-kitchen-safety-tips)
How do safety glasses prevent eye injuries in the kitchen?. WebMD. (https://www.webmd.com/eye-health/qa/how-do-safety-glasses-prevent-eye-injuries-in-the-kitchen)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app