Langkah Tepat Menentukan Sampo Anti Ketombe

Cek kandungan sampo anti ketombe Anda, apakah produk tersebut mengandung silikon atau tidak? Silikon sendiri bersifat membuat kulit kepala kering sehingga dapat menjadikannya kasar bila digunakan terus menerus. Oleh sebab itu, hindari menggunakan sampo anti ketombe maupun kondisioner yang memiliki kandungan silikon.
Dipublish tanggal: Jul 23, 2019 Update terakhir: Nov 10, 2020 Waktu baca: 2 menit
Langkah Tepat Menentukan Sampo Anti Ketombe

Ketombe merupakan masalah rambut yang sangat mengganggu dan membut banyak orang merasa tidak percaya diri. Oleh karena itu diperlukan sejumlah cara untuk menghilangkan ketombe pada rambut. 

Cara menghilangkan ketombe salah satunya adalah dengan rutin keramas menggunakan  sampo anti ketombe. Perlu diperhatikan untuk memilih sampo anti ketombe yang cocok dengan kondisi dan jenis rambut berketombe Anda. 

Iklan dari HonestDocs
Beli NIZORAL SS 1% SHAMPO 80ML via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Nizoral ss 1 shampo 80ml 1

Saat ini ada banyak sampo untuk rambut berketombe di pasaran yang terkadang membuat Anda bingung memilihnya. Hampir semua produk memiliki kelebihan masing-masing dalam hal mengatasi anti ketombe.

Penyebab timbulnya ketombe

Ketika ingin memilih produk sampo untuk rambut berketombe, Anda perlu mencari tahu dulu apa yang menjadi penyebab ketombe

Setelah itu, Anda baru bisa memilih produk sampo anti ketombe yang cocok dan sesuai dengan penyebab tersebut. Penyebab ketombe diantaranya :

  • Kulit kepala kering
  • Kurang menjaga kebersihan rambut, seperti jarang keramas
  • Nutrisi yang kurang baik, sehingga kulit kepala jadi rentan terhadap infeksi jamur
  • Sensitif terhadap beberapa bahan yang terkandung dalam produk perawatan rambut
  • Terjadinya iritasi pada kulit kepala yang terlalu berminyak
  • Kondisi kulit yang kemudian membentuk lapisan-lapisan yang tebal berwarna keperakan yang merupakan akibat dari penumpukan sel kulit mati di kepala

Cara memilih sampo anti ketombe

Setelah mengetahui apa saja penyebab dari ketombe, sekarang cari tahu bagaimana cara memilih sampo anti ketombe yang baik berikut ini.

  • Pilih Sampo Anti Ketombe Berdasarkan Kandungan Bahan Dasarnya
  • Non Silikon dan Asam Amino
  • Sesuaikan dengan Kondisi Kulit Kepala
  • Sampo Anti Ketombe Organik

Tidak hanya kulit pada tubuh saja, kulit kepala juga akan mengalami pergantian sel kulit atau regenerasi. Proses pergantian sel pada kulit kepala tersebut akan terjadi secara bertahap. 

Bila terjadi cukup cepat maka proses ini akan menyebabkan munculnya ketombe. Sampo yang cocok untuk rambut berketombe mengandung bahan yang lembut, sehingga tidak merusak kulit kepala Anda.

Iklan dari HonestDocs
Beli NIZORAL SS 1% SHAMPO 80ML via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Nizoral ss 1 shampo 80ml 1

Cek kandungan sampo anti ketombe Anda, apakah produk tersebut mengandung silikon atau tidak? Silikon sendiri bersifat membuat kulit kepala kering sehingga dapat menjadikannya kasar bila digunakan terus menerus. 

Oleh sebab itu, hindari menggunakan sampo anti ketombe maupun kondisioner yang memiliki kandungan silikon.

Kandungan asam amino pada sampo anti ketombe paling ampuh itu terhitung aman bagi kulit dan tidak mengandung detergen tinggi yang mengiritasi kulit kepala. 

Sehingga tidak akan mengganggu proses regenerasi kulit dan mencegah timbulnya ketombe pada rambut.

Sebelum memilih sampo anti ketombe, Anda perlu tahu kondisi kulit kepala. Jika kondisi kulit kepala cenderung kering, sebaiknya pilih sampo anti ketombe yang mampu melembapkan sehingga bisa mengatasi kulit kepala yang kering. 

Sementara bila kondisi kulit kepala Anda berminyak, hindari menggunakan pembersih kulit kepala yang melembapkan. 

Iklan dari HonestDocs
Beli NIZORAL SS 1% SHAMPO 80ML via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Nizoral ss 1 shampo 80ml 1

Hal ini dikarenakan dapat membuat kulit kepala semakin berminyak dan membuatnya tertutup dengan sisik berwarna putih atau kuning.

Sampo anti ketombe berbahan organik bisa menjadi solusi bagi Anda yang tidak ingin menggunakan bahan kimia dalam perawatan rambut. Sampo organik mulai banyak disukai karena bahan-bahannya yang alami dan aman. 

Banyak diantaranya yang menggunakan minyak zaitun,tea tree, chamomile, dan berbagai bahan dasar lainnya.

Beberapa langkah di atas semoga dapat membantu Anda mencari sampo yang tepat untuk mengatasi ketombe mengesalkan agar rambut Anda kembali bersih, berkilau, dan penampilan Anda semakin menarik. Semoga berhasil!

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Dandruff: Causes and treatments. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/152844.php)
9 Home Remedies to Get Rid of Dandruff Naturally. Healthline. (https://www.healthline.com/nutrition/ways-to-treat-dandruff)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app