4 Gaya Renang yang Cepat Menurunkan Berat Badan

Dipublish tanggal: Jul 3, 2019 Update terakhir: Okt 27, 2020 Tinjau pada Okt 9, 2019 Waktu baca: 3 menit
4 Gaya Renang yang Cepat Menurunkan Berat Badan

Olahraga rutin merupakan salah satu cara paling ampuh untuk menurunkan berat badan dengan cepat dan efektif. Apa pun jenis olahraga yang Anda pilih, yang terpenting dilakukan secara konsisten supaya hasilnya juga maksimal. Bila Anda sedang mencari jenis olahraga yang menyenangkan tapi bisa bikin berat badan turun dengan cepat, pilihlah berenang. Nah, ada beberapa gaya renang yang bisa Anda coba untuk membantu menurunkan berat badan, seperti berikut ini.

Variasi gaya renang untuk menurunkan berat badan

1. Gaya dada (gaya katak)

Gaya dada, atau yang biasa disebut sebagai gaya katak, merupakan salah satu gaya renang yang paling banyak digunakan. Gerakan ini akan membuat otot tubuh bagian atas maupun bawah bergerak aktif sehingga tubuh bisa berpindah. 

Iklan dari HonestDocs
Meso Slimming Treatment di Reface Clinic

Meso Slimming merupakan teknik non-bedah kosmetik dimana mikroskopis kecil dari obat-obatan kelas medis, vitamin, mineral dan asam amino disuntikkan ke dalam lapisan kulit. Penyuntikan dilakukan pada bagian atas dan tengah untuk mengatasi berbagai jenis masalah penumpukan lemak. Suntikan akan diberikan ke dalam mesoderm, yaitu lapisan lemak dan jaringan di bawah kulit. Befungsi untuk menghilangkan lemak tubuh yang tidak diinginkan dan selulit.

Meso slimming treatment di reface clinic

Saat Anda menarik tangan ke depan dengan sekuat tenaga, maka otot bagian dada, bahu, serta otot bisep akan bergerak teratur. Sedangkan ketika kaki digerakkan, maka otot bagian paha serta betis akan ikut ketarik secara berurutan.

Tanpa disadari, gerakan otot bagian bawah dan atas secara seirama akan membantu membakar lemak serta kalori dalam tubuh, kemudian mengubahnya menjadi tenaga. Semakin sering melakukan gaya katak saat berenang, maka semakin banyak pula kalori tubuh Anda yang terbakar.

2. Gaya bebas

Gerakan memutar tangan kanan dan kiri secara bergantian yang paling kentara akan terlihat saat Anda berenang dengan gaya bebas. Dengan posisi tubuh lurus ke depan, Anda harus merotasi bahu dan tangan secara bergantian agar dapat bergerak ke depan. Hal ini akan membuat otot punggung bagian atas, bahu, latisimus dorsi, pectoralis, serta deltoid bergerak dengan lebih aktif.

Untuk menjaga keseimbangan tubuh ketika berada di dalam air, maka diperlukan otot inti tubuh (streamline). Streamline ini merupakan posisi di mana badan, tangan, dan kaki lurus sejajar seperti garis permukaan air.

Baca Selengkapnya: Panduan Berenang Gaya Bebas untuk Pemula

3. Gaya kupu-kupu

Selain kedua gaya berenang di atas, ada juga gaya renang lainnya yang tak kalah efektif untuk menurunkan berat badan, yaitu gaya kupu-kupu. Gaya renang ini melibatkan seluruh otot inti tubuh untuk bergerak dengan seirama agar menghasilkan gerakan renang yang sesuai.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Diet via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 38

Otot pectoralis, otot latissimus dorsi, paha depan, paha belakang serta otot bahu dan pinggul memegang kontribusi yang sangat penting untuk menghasilkan gerakan kupu-kupu yang indah. Otot latissimus dorsi adalah otot besar datar yang berada di bagian punggung bagian tengah, ada di sisi kanan maupun kiri tubuh.

Dengan banyaknya otot yang bekerja sama untuk menghasilkan gerakan tersebut, maka jantung dan paru-paru juga harus bekerja lebih ekstra untuk memasukkan oksigen ke dalam tubuh. Gerakan ini juga terbilang membutuhkan tenaga paling maksimal, sehingga dinilai paling ampuh untuk membakar kalori.   

4. Gaya punggung

Gaya punggung adalah gaya renang paling unik karena dilakukan dengan posisi terlentang dengan tubuh menghadap ke atas. Ketika bergerak, gerakan tangan berputar ke belakang sehingga otot bisep bekerja paling dominan. Hal tersebut membuat gaya punggung sangat efektif untuk menghilangkan kadar lemak yang berada di bagian tangan.

Namun, bukan berarti gaya punggung ini tidak bisa menghilangkan lemak di bagian bawah tubuh. Dengan gerakan menahan yang dilakukan, maka otot pantat dan paha akan bekerja dengan baik untuk membakar lemak yang berada di sekitarnya dan mengubahnya menjadi tenaga tambahan.

Kegiatan wajib sebelum dan setelah berenang

Selain melakukan gaya renang yang tepat, pastikan juga untuk selalu melakukan pemanasan dan pendinginan sebelum berenang. Dengan intensitas gerakan yang cepat disertai jarak tempuh yang tidak sedikit, maka risiko otot menjadi kram akan semakin meningkat. Karena itulah, pemanasan dan pendinginan dapat membantu menjaga kinerja otot tetap optimal.

Di samping itu, Anda juga harus menjaga pola makan sesudah berolahraga. Perbanyaklah makan sayur dan buah karena mengandung kaya vitamin serta mineral yang baik untuk menjaga ketahanan tubuh. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Diet via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 38

Jika masih terasa lapar, Anda bisa mengonsumsi oatmeal sebagai pilihan makanan yang sehat. Jangan sampai kalori yang telah terbakar dari kegiatan renang Anda akan sia-sia hanya karena sesuap makanan.

Untuk menghilangkan kalori sekitar 150 kkal, Anda cukup berenang dengan berbagai gaya renang di atas selama kurang lebih 10 menit saja. Namun jika Anda memiliki waktu luang berlebih, Anda bisa memperpanjang waktu berenang agar semakin banyak kalori yang terbakar dalam tubuh. 

Semakin cepat gerakan renang Anda, maka semakin banyak pula kalori yang akan terbakar. Hal ini dapat membantu menurunkan berat badan dengan lebih cepat dan sukses.

Baca Juga: BJ Habibie Suka Berenang, Ini Manfaat Renang untuk Kesehatan Jantung

8 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Roth I. (2018). Mayo Clinic minute: Should you wait 30 minutes to swim after eating? (https://newsnetwork.mayoclinic.org/discussion/mayo-clinic-minute-should-you-wait-30-minutes-to-swim-after-eating/)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app