Doctor men
Ditinjau oleh
SCIENTIA INUKIRANA

Kesadaran Berkurang - Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Update terakhir: OCT 16, 2019 Tinjau pada OCT 16, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 1.399.479 orang

Karakteristik utama dari kesadaran adalah kewaspadaan dan orientasi pada tempat dan waktu. Kewaspadaan berarti bahwa Anda dapat merespon dengan benar pada orang atau benda di sekeliling Anda. 

Orientasi terhadap tempat dan waktu berarti bahwa Anda tahu siapa diri Anda, dimana Anda berada, dimana Anda tinggal dan kapan saat ini. Ketika kesadaran berkurang, kemampuan untuk tetap terjaga, waspada dan orientasi terganggu. Gangguan kesadaran dapat menjadi darurat medis.

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Simvastatin berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi pada pasien – pasien dislipidemia. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Kesadaran dan Otak

Otak bertanggung jawab penuh untuk menjaga kesadaran. Otak Anda membutuhkan sejumlah tertentu oksigen dan glukosa untuk tetap berfungsi dengan baik. Beberapa substansi yang Anda konsumsi mempengaruhi kimiawi otak

Substansi ini dapat membantu menjaga atau mengurangi kesadaran. Misalnya kafein adalah stimulan, yang berarti kafein meningkatkan aktivitas saraf melalui peningkatan kerja asetilkolin di pre dan post sinap saraf. 

Kafein dapat ditemukan pada banyak makanan dan minuman yang Anda konsumsi setiap hari, misalnya kopi, soda dan coklat. Selain itu penghilang rasa sakit dan obat penenang membuat Anda mengantuk. 

Efek samping ini adalah bentuk dari terganggunya kesadaran. Penyakit yang merusak sel otak Anda juga menyebabkan terganggunya kesadaran. Koma merupakan level terparah dari gangguan kesadaran.

Gejala dari Kesadaran Berkurang 

Tanda dari berkurangnya kesadaran adalah cenderung mengantuk, tidak bisa berkomunikasi dengan baik (unresponsive), disorientasi, delirium.

Berikut adalah gejala yang dapat mencetuskan penurunan kesadaran :

  1. Kejang
  2. Keseimbangan kurang baik
  3. Jatuh
  4. Sulit berjalan
  5. Pingsan
  6. Pusing
  7. Detak jantung tidak menentu
  8. Detak jantung lebih cepat
  9. Tekanan darah rendah
  10. Berkeringat
  11. Demam
  12. Kelemahan pada wajah, lengan atau kaki.

Jenis Berkurangnya Kesadaran

  • Kebingungan  ditandai dengan kehilangan berpikir dengan jernih dan berakibat pada kurangnya kemampuan mengambil keputusan.
  • Disorientasi merupakan ketidakmampuan memahami bagaimana Anda mengaitkan dengan orang, waktu, objek dan waktu. Tahap pertama disorientasi biasanya kurang waspada pada sekitar Anda. Tahap selanjutnya adalah disorientasi terhadap waktu. Hal ini diikuti dengan disorientasi terhadap tempat, yang berarti Anda mungkin tidak tahu dimana Anda berada. Kehilangan ingatan jangka pendek mengikuti disorientasi tempat. Bentuk paling ekstrim dari disorientasi adalah ketika  Anda kehilangan ingatan tentang siapa diri Anda.
  • Mengigau  ketika Anda mengigau, pikiran Anda bingung dan tidak logis. Seseorang yang mengigau sering mengalami disorientasi. Respon emosional mereka berada antara takut hingga marah. Orang yang mengigau mudah tersinggung.
  • Lesu merupakan kondisi berkurangnya kesadaran yang menyerupai mengantuk. Jika Anda lesu, Anda mungkin tidak merespon rangsangan seperti suara alarm jam atau kehadiran api.
  • Pingsan  merupakan level lebih dalam dari berkurangnya kesadaran dimana sangat sulit bagi Anda merespon rangsangan kecuali rasa sakit.
  • Koma  merupakan level terdalam dari berkurangnya kesadaran. Jika Anda sedang koma, Anda tidak dapat merespon rangsangan bahkan rasa sakit.

Penyebab Kesadaran Berkurang 

Beberapa penyebab umum kehilangan kesadaran adalah:

  1. Obat-obatan
  2. Alkohol
  3. Penyalahgunaan substansi
  4. Pengobatan tertentu
  5. Epilepsi
  6. Kadar gula darah rendah
  7. Stroke
  8. Kekurangan oksigen di otak
  9. Infeksi (ensefalitis, sepsis)

Penyebab lain berkurangnya kesadaran yaitu:

  1. Pendarahan serebral
  2. Pikun, misalnya penyakit Alzheimer
  3. Trauma kepala
  4. Tumor otak
  5. Sakit jantung
  6. Stroke
  7. Liver failure
  8. Uremia, tahap akhir gagal ginjal
  9. Syok

Harapan ketika memeriksakan diri ke Dokter

Diagnosis dan penanganan berkurangnya kesadaran dimulai dengan riwayat kesehatan yang lengkap dan pemeriksaan fisik yang termasuk evaluasi neurologis detail. 

Dokter Anda ingin mengetahui tentang masalah medis yang Anda alami seperti diabetesepilepsi arah depresi. Mereka mungkin juga bertanya tentang obat yang Anda gunakan misalnya insulin atau antikonvulsan. 

Mereka mungkin juga bertanya apakah Anda pernah menyalahgunakan obat ilegal, obat dengan resep atau alkohol. Selain hal di atas, dokter juga akan melakukan tes sebagai berikut sesuai indikasinya:

  1. Tes darah lengkap
  2. Tes toksikologi
  3. Panel elektrolit
  4. Tes fungsi liver
  5. Elektroensefalogram
  6. Elektrokardiogram
  7. Sinar X dada
  8. CT Scan kepala
  9. MRI kepala

Penanganan untuk Kesadaran Berkurang 

Penanganan terhadap berkurangnya kesadaran bergantung pada penyebabnya. Anda mungkin membutuhkan perubahan pengobatan, menangani gejala yang menjadi penyebab utama dengan sederhana. 

Misalnya Anda membutuhkan penanganan darurat medis dan kemungkinan operasi untuk menangani pendarahan serebral. Selain itu tidak ada obat untuk menyembuhkan penyakit alzheimer. 

Pada kasus ini tim dokter akan bekerja sama dengan Anda untuk mendapatkan strategi menangani gejala dan menjaga kualitas hidup Anda selama mungkin.

Konsultasi dengan dokter segera ketika Anda mengalami berkurangnya kesadaran. Dokter akan memulaj perawatan segera mungkin.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Pertanyaan dan jawaban lain tentang kondisi ini

dok saya mau nanya gimana caranya haid biar bisa keluar banyak dok
Pertanyaan ini telah dijawab oleh seorang ahli medis

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit