Kesehatan Anak

Venous Malformations: Penyebab, Gejala, dan Obat

Dipublish tanggal: Jul 2, 2019 Update terakhir: Feb 11, 2020 Waktu baca: 1 menit
Venous Malformations: Penyebab, Gejala, dan Obat

Apa itu malformasi vena? Seperti apa bentuknya?

Malformasi vena (VMS) adalah sekelompok vena yang tidak diperlukan dalam tubuh. Vena-vena ini dipenuhi dengan darah, tetapi tidak digunakan oleh tubuh.

Mereka sering muncul sebagai massa ungu saat lahir. VM tumbuh dengan lambat. Mereka cenderung membesar ketika berada di bagian tubuh yang berada di bawah jantung. VM sering tumbuh lebih besar selama masa remaja.

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Simvastatin berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi pada pasien – pasien dislipidemia. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Apa yang menyebabkan VM dan siapa yang mendapatkannya?

Perubahan genetik menyebabkan sebagian besar VM. Suatu kondisi langka yang disebut blue rubber bleb nevus syndrome menghasilkan VMS di seluruh tubuh. VM mempengaruhi laki-laki dan perempuan.

Bagaimana rumah sakit mendiagnosis VM?

Sangat penting seorang anak didiagnosis oleh dokter yang handal dengan berbagai jenis kelainan pembuluh darah. VMS dapat sulit dibedakan dengan hemangioma, tumor pembuluh darah atau malformasi arteriovenosa yang jarang terjadi.

Anak juga mungkin memerlukan tes pencitraan untuk melihat sejauh mana VM menyebar dan mengkonfirmasi diagnosis. Tes-tes ini dapat mencakup MRI, CT scan, studi ultrasonografi Doppler atau angiogram.

Bagaimana rumah sakit merawat VM?

Tergantung pada kondisi anak, perawatan VM dapat mencakup:

1. Obat-obatan

 Aliran darah yang lambat dapat menyebabkan gumpalan darah terbentuk pada malformasi. Obat-obatan dapat mengurangi rasa sakit dan keparahan, serta jumlah gumpalan darah.

2. Bedah

Memisahkan VM dari saraf di sekitarnya dan jaringan penting lainnya membutuhkan ketelitian dan keahlian.

3. Stocking 

Stocking kompresi yang ketat, sarung tangan atau lengan dapat dipakai untuk memperlambat pertumbuhan VM pada lengan atau kaki. Pakaian kompresi ini juga dapat menghilangkan rasa tidak nyaman.

4. Sclerotherapy

Dengan sclerotherapy, seorang dokter menyuntikkan cairan solusi ke dalam VM. Sclerotherapy dapat menghilangkan rasa sakit, mengurangi ukuran VM sebanyak 80 persen dan mengurangi warna keunguan.

5. Embolisasi lem

Rumah sakit menyuntikkan lem medis ke dalam VM. Ini membuat VM mengeras tanpa merusak jaringan di sekitarnya. Kemudian mengangkat VM dengan aman dengan satu prosedur, alih-alih perawatan yang membutuhkan beberapa prosedur.

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Mendonca, Derick & Mccafferty, Ian & Nishikawa, Hiroshi & Lester, Ruth. (2009). Venous malformations of the limbs: The Birmingham experience, comparisons and classification in children. Journal of plastic, reconstructive & aesthetic surgery : JPRAS. 63. 383-9. 10.1016/j.bjps.2008.11.055. ResearchGate. (https://www.researchgate.net/publication/23711530_Venous_malformations_of_the_limbs_The_Birmingham_experience_comparisons_and_classification_in_children)
Venous malformations - Great Ormond Street Hospital. Great Ormond Street Hospital. (https://www.gosh.nhs.uk/conditions-and-treatments/conditions-we-treat/venous-malformations)

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Buka di app