Doctor men
Ditulis oleh
MELIANTY IPARDJO
Doctor men
Ditinjau oleh
SCIENTIA INUKIRANA
Kesehatan Fisik

Kenali Fungsi Utama Ginjal bagi Tubuhmu

Update terakhir: NOV 20, 2019 Tinjau pada NOV 20, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 1.095.497 orang

Ginjal adalah salah satu organ yang paling penting fungsinya dalam tubuh. Namun, seringkali keberadaannya luput dari perhatian kita. Ginjal yang kurang dapat berfungsi baik akan menyebabkan berbagai gangguan kesehatan

Jika ginjal mulai mengalami kerusakan, gejalanya seringkali tidak terlalu tampak. Karenanya penting untuk memeriksakan ginjal secara rutin. Kenali fungsi ginjalmu dan bagaimana cara menjaganya agar tetap sehat.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Sebagai organ yang fungsi utamanya menyaring kotoran , racun dan sisa metabolisme untuk dapat dikeluarkan dari dalam tubuh, maka fungsinya tetap harus kita jaga dengan baik. Inilah fungsi ginjal yang harus kamu ketahui.

Menyaring  darah

Di dalam makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh, tidak dapat dihindari kemungkinan turut masuknya zat-zat yang tidak diperlukan atau bahkan berbahaya bagi tubuh. Ginjal bertugas menyaring dan membersihkan darah dari zat-zat semacam itu. 

Jadi, darah yang diedarkan ke seluruh tubuh sudah bersih dan bebas dari zat yang seharusnya dikeluarkan bersama urin.

Membentuk urin

Zat lain yang hasil disaring dan masih diperlukan tubuh, diedarkan kembali melalui darah. Zat hasil daur ulang ginjal adalah glukosa dan asam amino. Jika glukosa adalah hasil pemecahan dari karbohidrat, maka asam amino adalah dari protein. 

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Jika masih diperlukan tubuh, dapat langsung dialirkan ke darah. Jika sudah tidak diperlukan, maka langsung dibuang bersama urin. Karenanya, ginjal yang baik akan menjaga zat yang masih berguna bagi tubuh untuk tidak dikeluarkan melalui urin.

Biasanya yang kita tahu, fungsi ginjal hanyalah berhubungan dengan urin. Memang benar, urin yang merupakan buangan dari proses metabolisme tubuh dibentuk oleh hasil kerja ginjal. Urin terdiri atas air, urea, dan amonia inilah yang harus dibuang karena tidak dibutuhkan oleh tubuh.

Urin yang dibuang berfungsi untuk menjaga kadar cairan dan elektrolit tetap normal didalam tubuh sehingga menyebabkan kinerja jantung dan pembuluh darah berjalan normal.

Mengatur keseimbagan pH tubuh (homeostasis)

Fungsi inilah yang tidak banyak diketahui, yaitu menjaga keseimbangan pH tubuh. Jika kadar asam atau basa tidak lagi seimbang, maka salah satu yang berlebihan akan dibuang melalui urin. Kinerja ginjal akan menstabilkan asam basa dengan menghasilkan urin yang bersifat basa bila kadar basa meningkat didalam darah dan sebaliknya.  Banyak penyakit yang dapat muncul jika keseimbangan pH tubuh terganggu.

Mengatur tekanan darah

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Hormon yang dihasilkan di ginjal, renin dan angiotensin, berfungsi mengatur peregangan pembuluh darah. Tingkat peregangan ini yang berpengaruh terhadap tekanan darah seseorang. Menjaga fungsi ginjal tetap baik dapat menstabilkan kerja pembuluh darah sehingga tekanan darah juga dapat tetap stabil.

Membantu pembentukan sel darah merah

Selain dua hormon di atas, hormon yang juga diproduksi di ginjal adalah eritropoietin. Hormon inilah yang bertugas merangsang sumsum tulang belakang untuk memproduksi sel darah merah.

Membantu menjaga kesehatan tulang

Ternyata ginjal dapat pula membantu menjaga kesehatan tulang. Ginjal turut memproduksi calcitriol. Zat ini diperlukan oleh tubuh untuk menjaga keseimbangan kalsium dan fosfat.

Mengatur keseimbangan kadar air

Tubuh kita memerlukan air dalam jumlah tertentu. Tidak baik jika kekurangan, namun jika kelebihan pun harus dibuang. Jumlah air terlalu tinggi dalam tubuh dapat mempengaruhi konsentrasi darah. Dalam hal ini ginjal berperan membantu membuang kelebihan air melalui urin.

Mengatur jumlah kalium dalam darah

Kelebihan atau kekurangan kalium dalam tubuh sama bahayanya. Karenanya ginjal bertugas menjaga jumlah kalium yang ideal sehingga tubuh dapat bekerja dengan optimal. 

Kelebihan kalium (hiperkalemia) dapat melemahkan kerja otot jantung, yang dapat berakibat pada kematian. Sebaliknya, kekurangan kalium juga dapat melemahkan kerja otot sehingga kita akan mengalami kelelahan.

Menstabilkan kadar gula darah

Dua hormon yang berperan dalam mengatur kadar gula darah dalam tubuh adalah insulin dan adrenalin. Jika insulin berperan menstabilkan kadar gula darah yang tinggi, sebaliknya adrenalin berperan untuk meningkatkan kadar gula darah yang jumlahnya terlalu rendah. 

Karena, sebagaimana kita tahu, kadar gula darah yang tinggi dan rendah sama bahayanya.

Itulah beberapa fungsi ginjal yang sebagian mungkin belum kita ketahui. Meski kecil ukurannya, namun sangat berperan dalam mengatur keseimbangan dan kerja organ lain di dalam tubuh. 

Ginjal yang sehat akan membantu menjaga kesehatan tubuh dan mendukung aktifitas harian, untuk itu sayangi ginjal kita dengan menjaganya agar tetap sehat.

 

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit