Kenali Batas Aman Merokok untuk Kesehatan

Berikutnya dapat meningkatkan risiko kanker esofagus hingga 4,3 lebih besar dan risiko kanker lambung hingga 2,4 kali lebih besar. Semua hal tersebut tentunya semakin memperjelas dan mempertegas bahwa kebiasaan merokok dengan intensitas sejarang apapun tetap memiliki risiko bahaya kesehatan yang tergolong tinggi.
Dipublish tanggal: Jun 19, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
Kenali Batas Aman Merokok untuk Kesehatan

Bahaya yang dimiliki rokok memang sudah bukan menjadi rahasia umum lagi bagi banyak orang. Tidak heran apabila kemudian banyak pihak yang menyarankan untuk menghentikan kebiasaan merokok ini. 

Namun bagi mereka yang memiliki kebiasaan merokok tentunya ingin tahu benarkah ada batas aman merokok yang aman untuk kesehatan. Berikut ini penjelasannya.

Iklan dari HonestDocs
Beli Onkologi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 19

Efek berbahaya dari kebiasaan merokok

Hal pertama yang semestinya Anda ketahui terlebih dulu tentunya adalah efek berbahaya yang tersimpan dari kebiasaan merokok. Efek berbahaya itu sendiri tentunya adalah terganggunya pernapasan tubuh Anda. 

Sudah bukan menjadi rahasia lagi bahwa kandungan nikotin yang dimiliki oleh rokok sangat berbahaya untuk pernapasan apalagi dalam jangka waktu yang lama.

Selain itu, efek kecanduan yang dimiliki oleh rokok juga membuat seseorang tidak akan bisa lepas dari benda yang satu ini. Efek kecanduan ini juga akan membuat emosi seseorang akan sangat mudah berubah-ubah. 

Hal ini pasti akan memberikan lebih banyak dampak negatif pastinya. Belum ditambah dengan adanya risiko kanker, keguguran hingga tentunya kematian.

Alasan yang membuat berhenti merokok sangat sulit

Tidak bisa dipungkiri bahwa menghentikan kebiasaan merokok memang bukanlah perkara yang mudah. Apalagi bagi Anda yang sudah bertahun-tahun memiliki kebiasaan merokok dan memulainya sejak remaja. 

Sudah bisa dipastikan bahwa kebiasaan merokok akan menjadi momok yang menakutkan apabila harus dihentikan. Pastinya ada yang bertanya, kenapa begitu?

Iklan dari HonestDocs
Beli Onkologi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 19

Alasannya sederhana saja karena rokok memiliki kandungan nikotin di dalamnya. Seperti yang diketahui bahwa kandungan nikotin dapat menyebabkan kecanduan bagi siapa saja yang menghisapnya. 

Semakin banyak nikotin yang masuk ke dalam tubuh maka sudah bisa dipastikan bahwa tingkat kecanduan tersebut semakin tinggi saja.

Untuk itulah, kemudian banyak cara dicoba oleh mereka yang perokok berat untuk bisa menghentikan kebiasaan merokok ini. Mulai dari melakukan diet, berolahraga rutin hingga melakukan terapi hipnotis. 

Namun pada kenyataannya, masih banyak orang yang gagal untuk benar-benar menghentikan kebiasaan merokok yang dimilikinya tersebut secara total.

Batas aman merokok untuk kesehatan

Disebabkan karena berhenti merokok secara total itu sulit dilakukan oleh sebagian orang maka membuat mereka ingin mengetahui hal ini. Hal tersebut tidak lain adalah batas aman bagi seseorang untuk merokok agar tetap aman untuk kesehatan. 

Namun sepertinya Anda yang perokok harus siap dengan satu fakta yang cukup pahit ini.

Iklan dari HonestDocs
Beli Onkologi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 19

Fakta tersebut adalah tidak peduli sesedikit apapun Anda merokok, ternyata tetap berbahaya untuk kesehatan tubuh Anda. Menurut penelitian, bahkan bagi mereka yang hanya merokok sesekali saja nyatanya risiko kematiannya tetap 1,6 kali lipat lebih banyak dibandingkan mereka yang tidak merokok. 

Hal ini tentunya menjadi peringatan tersendiri bagi Anda.

Untuk contoh yang lebih detail lagi apabila merokok hanya satu hingga tiga batang sehari ternyata tetap memiliki risiko kesehatan yang besar. Risiko kesehatan tersebut sendiri mulai dari meningkatnya risiko kanker paru-paru hingga 2,8 kali lebih besar. 

Apalagi apabila Anda tidak memiliki kehidupan yang sehat seperti berolahraga secara rutin.

Berikutnya dapat meningkatkan risiko kanker esofagus hingga 4,3 lebih besar dan risiko kanker lambung hingga 2,4 kali lebih besar. 

Semua hal tersebut tentunya semakin memperjelas dan mempertegas bahwa kebiasaan merokok dengan intensitas sejarang apapun tetap memiliki risiko bahaya kesehatan yang tergolong tinggi.

Dengan semua penjelasan di atas pastinya membuat Anda sebaiknya memang benar-benar menghentikan kebiasaan merokok. Meski memang tidak bisa dipungkiri bahwa menghentikan kebiasaan merokok ini memang bukanlah perkara yang mudah. 

Namun apabila Anda memang memiliki kemauan yang kuat maka bukan hal yang tidak mungkin untuk dilakukan.

4 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app