Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Kebiasaan Sehat

Kebutaan, Salah Satu Bahaya Merokok yang Belum Banyak Diketahui

Update terakhir: NOV 16, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 1.375.902 orang

Kebutaan, Salah Satu Bahaya Merokok yang Belum Banyak Diketahui

Selama ini, sudah diketahui bahwa merokok menyebabkan gangguan kesehatan hingga penyakit kronis. Batuk, sesak napas, asma, inspa, jantung koroner, hingga kanker paru-paru adalah dampak merokok. Akan tetapi, ternyata dampak merokok juga mampu membuat Anda kehilangan kemampuan melihat. Kebutaan adalah bahaya merokok yang belum banyak diketahui.

Benarkah Ada Kaitannya antara Merokok dan Kebutaan?

Merokok adalah kebiasaan kecil yang berujung pada efek negatif yang tidak bisa diremehkan. Banyak gangguan kesehatan sampai penyakit kronis akibat kebiasaan merokok. Hampir seluruh organ tubuh mengalami gangguan, termasuk penglihatan.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Studi para peneliti di Inggris menghasilkan penemuan tentang keterkaitan merokok dan kebutaan. Perokok mempunyai risiko kebutaan sebanyak 2-4 kali lebih besar dibandingkan orang yang tidak merokok. Penyebabnya adalah degenerasi makula karena usia. Gejalanya adalah pandangan kabur dan ketajaman penglihatan berkurang. Kegiatan membaca, menulis, mengemudi, jadi terganggu.

Studi keterkaitan tersebut juga masuk dalam British Medical Journal. Respondennya adalah 400 pasien dewasa yang dirawat di Ophthalmology, ortopedi, dan bedah umum. Semua responden diminta menjawab survei tentang merokok dan kesehatan.

Hasilnya, hampir seluruh responden mengetahui berbagai dampak merokok. Akan tetapi, tidak semua tahu bahwa merokok menyebabkan kebutaan. Berdasarkan rinciannya, hanya 1 di antara 10 orang yang mengetahui bahwa kebiasaan merokok berujung pada kebutaan. Mayoritas hanya mengetahui bahwa merokok sangat berisiko bagi jantung dan paru-paru.

Bagaimana Kebutaan Dapat Menjadi Dampak Merokok

Setelah melakukan penelitian, spesialis bedah mata di Royal Bolton, dr. Simon P. Kelly, membenarkan risiko kebutaan karena merokok. Lebih dari seperempat kasus tentang degenerasi makula disebabkan kebiasaan pada masa kini dan lampau. Semakin banyak merokok, semakin besar risikonya untuk mengalami degenerasi makula. Hal tersebut berujung pada kebutaan.

Zat radikal bebas dalam rokok bisa memicu gangguan aliran darah. Salah satunya adalah di bagian retina mata yang di dalamnya ada sel makula. Karenanya, terjadi penurunan fungsi utama mata yang mengakibatkan kebutaan. Sayangnya, risiko kerusakan retina mata ini sulit dicegah oleh antioksidan dalam tubuh. Akhirnya, tetap terjadilah kebutaan.

Lalu, Adakah Hal yang Bisa Dilakukan untuk Mencegahnya?

Salah satu cara efektif untuk mencegah kebutaan akibat merokok adalah berhenti merokok. Dijelaskan lebih lanjut oleh dr. Simon P. Kelly, risiko degenerasi makula berbeda-beda. Risiko pada non perokok jauh lebih rendah, dibandingkan dengan mantan perokok sekalipun. Bagaimana jika dibandingkan dengan perokok? Tentu jauh lebih besar.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Meskipun demikian, kesehatan mata mantan perokok lebih terjamin. karenanya, berhentilah merokok sedini mungkin. Orang yang berhenti merokok satu tahun, mampu mengalami penurunan risiko degenerasi makula 6,7%. Angka persentase tersebut semakin besar seiring bertambahnya waktu sejak berhenti merokok. Caranya, hilangkan rasa ketergantungan untuk merokok.

Efek ketergantungan untuk terus merokok ini adalah faktor tersulit. Persoalan ini harus diatasi demi menghindari risiko kebutaan. Anda harus konsisten dalam mengurangi asupan rokok. Seiring berjalannya waktu, ketergantungan yang sebenarnya disebabkan oleh nikotin bisa dilepas. Anda bisa bebas dari ketergantungan pada rokok. Kesehatan tubuh kembali membaik.

Penurunan risiko kesehatan berupa degenerasi makula yang berujung kebutaan ini sangat baik. Anda harus mencobanya. Jangan sampai menyesal di kemudian hari. Selalu ingat bahwa merokok itu banyak dampak negatifnya, terutama untuk kesehatan tubuh.

Bagi perokok aktif, cara paling ampuh untuk melindungi kesehatan tubuh adalah berhenti merokok. Akan tetapi, bagi yang belum pernah merokok, jangan sampai mencobanya. Hindari kebiasaan merokok yang sesungguhnya banyak risikonya. Penyakit degenerasi makula yang berujung pada kebutaan dapat ditekan. Penyakit kronis seperti kanker dan jantung, bisa dihindari.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit